5 Pemain Non-Jerman yang Sukses Berkarier Bersama Bayern Munchen

Hanya ada satu pemain yang masih membela Munchen, lho!

Bayern Munchen merupakan salah satu klub terbaik di dunia berasal dari Jerman. Mereka merupakan tim tersukses di kompetisi Bundesliga dengan raihan 29 trofi. Tak hanya itu, mereka juga pernah merasakan gelar Liga Champions Eropa sebanyak lima kali. Kesuksesan tersebut tak lepas dari kerja keras para pemain Die Roten yang memiliki kualitas mumpuni.

Menjadi klub asal Jerman membuat skuat Munchen didominasi pemain berdarah Jerman. Namun, bukan berarti tak ada pemain asing yang merumput bersama Munchen. Dalam sejarah, tercatat ada banyak pemain non-Jerman yang pernah membela Bayern Munchen. Bahkan, di antara mereka ada yang mencapai puncak kesuksesannya di Munchen. Berikut adalah lima pemain non-Jerman tersukses yang pernah berkarier bersama Bayern Munchen.

1. Bixente Lizarazu

5 Pemain Non-Jerman yang Sukses Berkarier Bersama Bayern Munchen90min.com

Bixente Lizarazu merupakan pemain berposisi bek sayap kiri berdarah Prancis. Ia bergabung di skuat Bayern Munchen pada musim 1997/1998 setelah ditebus 4,50 juta euro dari Athletic Bilbao. Meski sempat hengkang ke Marseille pada musim 2004/2005, tetapi Bixente kembali berseragam Munchen pada musim yang sama setelah membela Marseille hanya setengah musim. Setelah delapan setengah musim di Allianz Arena, akhirnya Bixente memutuskan pensiun tepatnya pada Juli 2006.

Selama mengabdi bersama Bayern Munchen, Bixente total telah bermain dalam 273 laga di semua kompetisi dengan catatan 8 gol dan 20 assist. Catatan tersebut cukup apik bagi seorang pemain berposisi bek. Bixente juga sukses membawa Munchen meraih satu gelar Liga Champions, 6 gelar Bundesliga, 5 gelar DFB Pokal, satu gelar Intercontinental Cup, dan 4 gelar German League Cup.

2. Giovane Elber

5 Pemain Non-Jerman yang Sukses Berkarier Bersama Bayern Munchentransfermarkt.com

Giovane Elber adalah seorang pesepak bola berdarah Brasil berposisi striker. Sempat membela AC Milan di awal kariernya, Elber hijrah ke Bayern Munchen pada musim 1997/1998 usai hengkang dari VFB Stuttgart dengan banderol 6,50 juta euro. Ia menjelma menjadi striker mematikan di kala itu. Elber tercatat membela Munchen selama enam musim sebelum akhirnya pindah ke Lyon di musim 2003/2004. 

Bersama Munchen Elber tampil dalam 266 laga di semua kompetisi dengan torehan 140 gol dan 57 assist. Berkat performa apiknya, Elber turut mengantarkan Munchen meraih satu gelar Liga Champions, 4 gelar Bundesliga, 4 gelar DFB Pokal, satu gelar Intercontinental Cup, dan 4 gelar German League Cup. Elber juga pernah menyabet gelar top skor Bundesliga pada musim 2002/2003 setelah mencetak 21 gol. Elber gantung sepatu pada September 2006 dan menjadikan Cruzeiro sebagai klub terakhirnya.

Baca Juga: Bayern Munchen Resmi Perpanjang Kontrak Alphonso Davies

3. Arjen Robben

5 Pemain Non-Jerman yang Sukses Berkarier Bersama Bayern Munchengivemesport.com

Pemain selanjutnya adalah Arjen Robben, pesepak bola berdarah Belanda. Nama yang satu ini mungkin sudah tak asing di kalangan pencinta sepak bola di seluruh dunia. Ia merupakan seorang winger yang memiliki kecepatan berlari dan kemampuan menggocek bola yang memukau. Robben bergabung bersama Munchen pada musim 2009/2010 setelah membayar 25 juta euro kepada Real Madrid.

Selama berseragam Bayern Munchen, Robben telah merumput dalam 309 laga dengan sukses mencetak 144 gol dan 101 assist. Ia sukses mempersembahkan satu gelar Liga Champions, 8 gelar Bundesliga, 5 gelar DFB Pokal, satu gelar Piala Dunia Antarklub, satu gelar UEFA Super Cup, dan 5 gelar German Super Cup. Robben juga pernah dinobatkan sebagai player of the year kompetisi Bundesliga musim 2009/2010. Akhirnya, Robben memutuskan pensiun pada Juli 2019 di Bayern Munchen.

4. Frank Ribery

5 Pemain Non-Jerman yang Sukses Berkarier Bersama Bayern Munchenen.as.com

Frank Ribery juga tak kalah familier dengan Arjen Robben. Ia merupakan pesepak bola berdarah Prancis yang bermain sebagai winger. Ribery menjelma sebagai penyerang sayap yang memiliki determinasi ke pertahanan lawan dengan kecepatannya. Bahkan Ribery punya julukan The Ferrari dari penggemarnya. Ia menjadi bagian di skuat Bayern Munchen pada musim 2007/2008 setelah diboyong dari Marseille dengan mahar 30 juta euro.

Selama 12 musim berseragam Die Roten, Ribery total telah tampil sebanyak 425 laga dengan mengemas 124 gol dan 182 assist. Ia berperan penting untuk Munchen dalam meraih satu gelar Liga Champions, 9 gelar Bundesliga, 6 gelar DFB Pokal, satu gelar Piala Dunia Antarklub, satu gelar German League Cup, satu gelar UEFA Super Cup, dan 5 gelar German Super Cup. Ribery juga pernah mendapatkan penghargaan individu UEFA Best Player tahun 2013. Ribery akhirnya meninggalkan Munchen setelah kontraknya habis di musim lalu. Saat ini ia membela klub Serie A Italia, Fiorentina.

5. Robert Lewandowski

5 Pemain Non-Jerman yang Sukses Berkarier Bersama Bayern Munchenbundesliga.com

Pemain non-Jerman terakhir yang sukses berkarier bersama Bayern Munchen adalah Robert Lewandowski. Ia merupakan striker tajam berdarah Polandia. Lewandowski bergabung bersama Munchen pada musim 2014/2015 usai dibajak dari tim rival, Borussia Dortmund secara gratis. Ia menjadi satu-satunya pemain yang masih aktif membela Bayern Munchen di daftar ini. Ia juga pernah menjelma menjadi trio striker mematikan bersama Robben dan Ribery. 

Hingga saat ini, Lewandowski sudah bermain sebanyak 279 laga di semua ajang bersama Munchen. Ia sukses mencatatkan 234 gol dan 52 assist. Lewandowski berhasil membawa Munchen juara Bundesliga sebanyak 5x, DFB Pokal 2x, German Super Cup 3x. Tak hanya sukses memberi gelar untuk klub, ia juga sukses meraih gelar top skor Bundesliga sebanyak 3 kali. Di musim ini, Lewandowski juga berpeluang meraih gelar tersebut karena saat ini ia masih memuncaki daftar pencetak gol terbanyak Bundesliga. Kontraknya di Bayern Muenchen baru akan berakhir pada tahun 2023.

Itulah 5 pemain non-Jerman yang sukses berkarier bersama Bayern Munchen. Kira-kira adakah pemain lain yang akan menyusul mereka?

Baca Juga: Bayern Munchen Permanenkan Hansi Flick Hingga 2023

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya