Comscore Tracker

5 Klub Ligue 1 Prancis yang Pernah Tampil di Final UCL, PSG Terbaru!

Sayangnya, PSG tak bisa berbuat banyak

Kompetisi UEFA Champions League (UCL) musim 2019/2020 telah rampung dihelat. Bayern Munchen keluar sebagai jawara usai mengalahkan PSG di partai puncak dengan skor 0-1, pada Senin, 24 Agustus 2020 dini hari, di Estádio do Sport Lisboa e Benfica. Meski kalah, namun final kali ini terasa sangat spesial bagi PSG karena merupakan final pertama kalinya dalam sejarah UCL.

Meski dihuni pemain mahal berlabel bintang, nyatanya PSG masih cukup kesulitan bersaing di pentas Eropa. Mereka harus menunggu selama 50 tahun sejak klub berdiri untuk bisa mencapai laga final perdana di UCL. Termasuk PSG, ada 5 klub Ligue 1 Prancis yang juga pernah tampil di partai puncak UCL. Klub mana sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Stade Reims 

5 Klub Ligue 1 Prancis yang Pernah Tampil di Final UCL, PSG Terbaru!francebleu.fr

Stade Reims mungkin tak cukup familier di telinga football lovers saat ini. Namun, perlu kita ketahui mereka merupakan klub pertama Ligue 1 Prancis yang berhasil tampil di final UCL. Tak hanya sekali, tercatat mereka pernah tampil dalam laga final UCL sebanyak dua kali.

Uniknya, lawan yang dihadapi Reims di dua partai penentuan UCL tersebut selalu sama, yakni Real Madrid. Final pertama terjadi di musim 1955/1956 dan final kedua terjadi di musim 1958/1959. Sayangnya, dari kedua laga final tersebut, Reims harus takluk dari Real Madrid dengan skor 4-3 dan 2-0.

2. Saint-Etienne

5 Klub Ligue 1 Prancis yang Pernah Tampil di Final UCL, PSG Terbaru!sport.francetvinfo.fr

Saint-Etienne menjadi klub ke-dua Ligue 1 Prancis yang sukses menembus partai puncak UCL. Meski namanya tak setenar PSG saat ini, tetapi merekalah klub tersukses dalam sejarah Ligue 1 Prancis dengan koleksi 10 gelar. Tercatat, Saint-Etienne pernah satu kali tampil di final UCL.

Laga final tersebut terjadi di musim 1975/1976. Kala itu, Bayern Munchen menjadi lawan Saint-Etienne. Imbang secara permainan, namun keberuntungan berpihak kepada Munchen usai gol semata wayang dari Franz Roth mampu mengubur mimpi Saint-Etienne untuk bisa merengkuh trofi UCL.

Baca Juga: Legendaris! 5 Pemain Ini Juarai Premier League, UCL dan Piala Dunia 

3. Olympique Marseille

5 Klub Ligue 1 Prancis yang Pernah Tampil di Final UCL, PSG Terbaru!thesefootballtimes.co

Klub Ligue 1 ke-tiga yang berhasil tampil di final UCL adalah Olympique Marseille. Klub yang satu ini tentunya lebih populer daripada dua tim Ligue 1 Prancis sebelumnya. Marseille juga menjadi salah satu klub tersukses di ajang domestik. Di pentas UCL sendiri, mereka pernah dua kali berlaga di partai puncak.

Final pertama terjadi di musim 1990/1991 berhadapan dengan Red Star Belgrade. Imbang tanpa gol di waktu normal, Marseille harus takluk melalui drama adu penalti (5-3). Kesempatan kedua datang di musim 1992/1993. Kala itu, Marseille harus berjumpa AC Milan. Berkat gol semata wayang dari Basile Boli, akhirnya Marseille mampu menggondol trofi UCL.

4. AS Monaco

5 Klub Ligue 1 Prancis yang Pernah Tampil di Final UCL, PSG Terbaru!thesefootballtimes.co

AS Monaco merupakan klub sepak bola asal Monako. Namun, mereka berkompetisi di Ligue 1 Prancis karena Monako tidak terdaftar sebagai anggota UEFA. Meski demikian, status bukan menjadi masalah untuk bisa berprestasi. AS Monaco menjelma menjadi tim besar dan sukses.

Di ajang UCL, mereka pernah satu kali tampil di partai final dan menjadi klub Ligue 1 Prancis ke-empat yang mampu menorehkan capaian tersebut. Final tersebut terjadi di musim 2004/2005. AS Monaco harus bersua FC Porto untuk merebut titel juara. Sayangnya, mereka gagal usai kalah dengan skor 0-3.

5. Paris Saint-Germain (PSG)

5 Klub Ligue 1 Prancis yang Pernah Tampil di Final UCL, PSG Terbaru!worldfootball.net

Klub Ligue 1 Prancis ke-lima sekaligus terbaru yang mampu tampil di partai final UCL adalah PSG. Capaian tersebut baru bisa tercapai setelah menunggu selama 50 tahun sejak PSG berdiri. Les Parisiens memang layak tampil di final UCL musim 2019/2020. Pasalnya mereka saat ini dihuni pemain berlabel bintang sekelas Neymar dan Mbappe. Mereka juga begitu mendominasi dalam sedekade terakhir di pentas domestik.

Namun, lawan PSG di partai final kali ini sangatlah berat. Bayern Munchen yang tengah dalam performa impresif menjadi lawan tangguh yang tak mudah dikalahkan. Imbang tanpa gol di babak pertama, kebuntuan pecah di babak kedua saat sundulan Kingsley Coman di menit 59 mampu menjebol gawang Keylor Navas. Hingga akhir laga, tak ada lagi gol tercipta. Alhasil, PSG harus merelakan trofi UCL musim 2019/2020 jatuh di tangan Bayern Munchen.

Itulah 5 klub Ligue 1 Prancis yang pernah tampil di final UCL. Akankah ada klub Ligue 1 Prancis lainnya yang berhasil menembus partai final UCL?

Baca Juga: 6 Pemain Termahal yang Didatangkan Klub Premier League dari Ligue 1

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya