5 Top Score Sepanjang Sejarah Sevilla, Kanoute hingga Ben Yedder! 

Hanya dua pemain yang masih aktif berkarier

Selain Real Madrid dan Barcelona, Sevilla juga merupakan salah satu tim solid asal Spanyol. Mereka kerap tampil apik dan mampu bersaing di papan atas LaLiga. Di kancah Eropa, Sevilla menyandang status tim tersukses di ajang Europa League dengan torehan enam gelar.

Dalam sejarah, Sevilla dihuni deretan pemain top dari musim ke musim. Khusus posisi lini serang, terdapat banyak striker jempolan yang pernah berkarier di sana. Lalu, siapa sajakah pemain yang menjadi top score sepanjang sejarah Sevilla? Berikut ulasan lengkapnya! 

1. Frederic Kanoute (131 gol) 

5 Top Score Sepanjang Sejarah Sevilla, Kanoute hingga Ben Yedder! skysports.com

Frederic Kanoute merupakan top score sepanjang sejarah Sevilla. Striker asal Mali tersebut berhasil menyarangkan 131 gol dalam 284 laga di semua kompetisi. Kanoute sendiri didatangkan Sevilla dari Tottenham Hotspur pada musim 2005/2006. Ia mengabdi untuk Sevilla selama tujuh musim. 

Kanoute juga berhasil membawa Sevilla meraih berbagai gelar, meliputi 2 gelar Copa Del Rey, 2 gelar Piala Super Spanyol, 2 gelar Europa League, dan 1 gelar UEFA Super Cup. Ia kemudian hengkang ke Beijing Sinobo Guoan pada musim 2012/2013 dan memutuskan pensiun pada Desember 2013.

2. Luis Fabiano (104 gol) 

5 Top Score Sepanjang Sejarah Sevilla, Kanoute hingga Ben Yedder! skysports.com

Luis Fabiano merupakan striker berdarah Brasil. Ia pernah memperkuat Sevilla sejak musim 2005/2006 hingga pertengahan musim 2010/2011 setelah direkrut dari FC Porto. Tercatat, ia sukses menciptakan 104 gol dalam 225 laga di semua ajang.

Tak cukup sampai di situ, Fabiano juga sukses mengantar Sevilla meraih 2 gelar Copa Del Rey, 1 gelar Piala Super Spanyol, 2 gelar Europa League, dan 1 gelar UEFA Super Cup. Selepas dari Sevilla, ia sempat membela Sao Paulo, Tianjin Tianhai, dan Vasco da Gama, sebelum akhirnya pensiun pada September 2019.

3. Alvaro Negredo (85 gol) 

5 Top Score Sepanjang Sejarah Sevilla, Kanoute hingga Ben Yedder! marca.com

Selanjutnya ada sosok Alvaro Negredo, striker keturunan Spanyol. Ia juga merupakan salah satu striker top yang pernah dimiliki Sevilla. Negredo mampu melesakkan 85 gol dalam 180 laga di semua ajang. Ia bergabung dengan Sevilla pada musim 2009/2010 setelah diboyong dari Real Madrid.

Selama empat musim mengabdi untuk Sevilla, Negredo hanya mampu mencicipi 1 gelar Copa Del Rey. Striker berusia 35 tahun tersebut lalu hengkang ke Manchester City pada musim 2013/2014 dan kini tengah membela Cadiz.

Baca Juga: 10 Pemain Sevilla dengan Bayaran Tertinggi Musim 2020/2021

4. Davor Suker (81 gol) 

5 Top Score Sepanjang Sejarah Sevilla, Kanoute hingga Ben Yedder! twitter.com/SevillaInIngles

Davor Suker merupakan striker asal Kroasia yang pernah membela Sevilla di era 90an. Sevilla mendatangkannya dari Dinamo Zagreb pada musim 1991/1992. Selama lima musim bersama Sevilla, Suker tercatat menciptakan 81 gol dalam 162 laga di semua kompetisi.

Sayangnya, performa apik Suker tak diiringi keberhasilannya dalam merengkuh gelar. Tak ada satu pun trofi yang mampu dipersembahkannya untuk Sevilla. Ia kemudian hengkang ke Real Madrid pada musim 1996/1997 dan meraih kesuksesan di sana. Suker akhirnya gantung sepatu pada Juli 2003.

5. Wissam Ben Yedder (70 gol) 

5 Top Score Sepanjang Sejarah Sevilla, Kanoute hingga Ben Yedder! skysports.com

Pencetak gol terbanyak kelima sepanjang sejarah Sevilla adalah Wissam Ben Yedder. Ia berhasil mencetak 70 gol dalam 138 laga di semua kompetisi. Striker asal Prancis tersebut bergabung dengan Sevilla pada musim 2016/2017 setelah dipinang dari Toulouse.

Namun, sama halnya dengan Davor Suker, Ben Yedder juga gagal meraih gelar. Ia lalu berpisah dengan Sevilla pada musim 2019/2020 dan bergabung dengan AS Monaco. Performa striker berusia 30 tahun tersebut saat ini kian impresif di Ligue 1 Prancis. 

Dari kelima pemain di atas tak ada satupun yang kini aktif membela Sevilla. Kira-kira, adakah pemain lain yang akan melampaui catatan dari Frederic Kanoute? 

Baca Juga: 7 Klub Spanyol yang Berasal dari Andalusia, Sevilla Paling Menonjol!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya