Comscore Tracker

5 Top Skor Sepanjang Sejarah FC Porto, Deretan Penyerang Jempolan! 

Ada satu pemain yang masih membela FC Porto

FC Porto merupakan salah satu tim besar dan sukses asal Portugal. Di pentas domestik, kiprah mereka begitu konsisten di setiap musimnya. Hal itu juga membuat Porto kerap mewakili negaranya untuk berlaga di Liga Champions.

Di musim ini, klub berjuluk The Dragon tersebut mampu bersaing di papan atas Liga Portugal dengan menyandang status juara bertahan. Sementara itu, di pentas Liga Champions, Porto telah memastikan diri lolos ke babak 8 besar. 

Dalam sejarah, FC Porto dikenal sebagai klub yang kerap menghasilkan pemain bintang baik dari akademi mereka sendiri maupun kebijakan transfer yang tepat. Lalu, tahukah kalian siapa saja pemain yang menjadi top skor FC Porto? Berikut ulasannya! 

1. Jackson Martinez - 92 gol

5 Top Skor Sepanjang Sejarah FC Porto, Deretan Penyerang Jempolan! skysports.com

Jackson Martinez adalah top skor sepanjang masa FC Porto. Striker asal Kolombia tersebut berhasil mencetak 92 gol dalam 136 laga di semua kompetisi. Martinez sendiri bergabung dengan FC Porto pada musim 2012/2013 setelah direkrut dari klub Meksiko, Chiapas FC. 

Dalam kurun waktu tiga musim, ia sukses meraih 1 gelar Liga Portugal dan 2 gelar Portuguese Super Cup. Sementara untuk prestasi individu, Martinez pernah menjadi top skor Liga Portugal musim 2014/2015. Sempat membela beberapa klub lainnya, ia kemudian pensiun pada Desember 2020.

2. Hulk - 77 gol

5 Top Skor Sepanjang Sejarah FC Porto, Deretan Penyerang Jempolan! skysports.com

Selanjutnya ada sosok Givanildo Vieira de Souza atau yang akrab disapa Hulk. Winger kanan asal Brasil tersebut mampu melesakkan 77 gol dalam 169 laga di semua ajang. Ia bergabung dengan FC Porto pada musim 2008/2009 setelah diboyong dari klub Jepang, Tokyo Verdy. 

Selama empat musim mengabdi untuk FC Porto, Hulk berhasil mencicipi 4 gelar Liga Portugal, 3 gelar Portuguese Cup, 4 gelar Portuguese Super Cup dan 1 gelar Europa League. Pemain berusia 34 tahun tersebut lalu hengkang ke Zenit St. Petersburg pada musim 2012/2013 dan kini tengah membela Atletico Mineiro. 

3. Radamel Falcao - 72 gol

5 Top Skor Sepanjang Sejarah FC Porto, Deretan Penyerang Jempolan! skysports.com

Radamel Falcao merupakan striker ternama asal Kolombia. Ia pernah memperkuat FC Porto sejak musim 2009/2010 hingga musim 2010/2011 setelah direkrut dari River Plate. Disinilah titik awal Falcao menemukan performa apiknya hingga menjelma menjadi striker menakutkan. 

Tercatat, ia sukses menciptakan 72 gol dalam 87 laga di semua ajang. Falcao juga sukses mengantar Porto meraih 2 gelar Liga Portugal, 2 gelar Portuguese Cup, 3 gelar Portuguese Super Cup, dan 1 gelar Europa League. Striker berusia 35 tahun tersebut saat ini berseragam Galatasaray. 

Baca Juga: 5 Pemain Top asal Portugal yang Pernah Berseragam Chelsea dan FC Porto

4. Moussa Marega - 71 gol

5 Top Skor Sepanjang Sejarah FC Porto, Deretan Penyerang Jempolan! instagram.com/fcporto

Top skor FC Porto keempat adalah Moussa Marega. Ia menjadi salah satu second striker yang masih aktif membela klub yang bermarkas di Estadio do Dragao tersebut. Pemain asal Mali tersebut berhasil mencetak 71 gol dalam 182 laga di semua ajang. 

Marega sendiri merapat ke skuad FC Porto pada pertengahan musim 2015/2016 setelah hengkang dari Maritimo. Selain mencetak banyak gol, ia juga berhasil menorehkan 2 gelar Liga Portugal, 1 gelar Portuguese Cup, dan 1 gelar Portuguese Super Cup.  Marega yang kini berusia 29 tahun memiliki kontrak hingga Juni 2021.

5. Tiquinho Soares - 65 gol

5 Top Skor Sepanjang Sejarah FC Porto, Deretan Penyerang Jempolan! twitter.com/TransferNewsCen

Tiquinho Soares melengkapi lima besar top skor sepanjang sejarah FC Porto. Ia berhasil mencetak 65 gol dalam 140 laga di semua kompetisi. Soares bergabung dengan Porto pada pertengahan musim 2016/2017 setelah dipinang dari Vitória Guimarães SC. 

Performa cemerlang Soares juga diiringi kesuksesan klub dalam merengkuh 2 gelar Liga Portugal, 1 gelar Portuguese Cup, dan 1 gelar Portuguese Super Cup. Striker asal Brasil berusia 30 tahun tersebut lalu hengkang ke klub Tiongkok, Tianjin Teda, pada musim 2020/2021.

Dari kelima top skor sepanjang sejarah FC Porto, hanya Moussa Marega yang masih berpeluang untuk menambah pundi-pundi golnya. 

Baca Juga: 5 Pemain Top Brasil yang Ternyata Pernah Berseragam FC Porto

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya