6 Transfer yang Pernah Terjadi Antara Dortmund dan Manchester United

Dari Jovan Kirovski hingga Jadon Sancho

Manchester United mencoba mempersolid skuad dengan berburu pemain baru di bursa transfer musim panas 2021/2022. Setelah sebelumnya merekrut Tom Heaton, kini giliran Jadon Sancho yang diperkenalkan kepada publik. Penyerang muda jempolan tersebut dipinang dari Borussia Dortmund dengan benderol €85 juta atau Rp1,4 triliun.

Hadirnya Sancho tentu membuat lini depan United semakin menakutkan. Ia akan menjadi tandem penyerang muda lainnya, seperti Marcus Rashford dan Mason Greenwood. Di sisi lain, Sancho menambah daftar pemain yang pernah hijrah dari Borussia Dortmund ke Manchester United atau sebaliknya. Termasuk Sancho, berikut 6 aktivitas transfer yang pernah terjadi antara Dortmund dan United.

1. Jovan Kirovski (1996/1997)

6 Transfer yang Pernah Terjadi Antara Dortmund dan Manchester UnitedJovan Kirovski (transfermarkt.us)

Jovan Kirovski merupakan pemain asal Amerika Serikat yang memulai karier bersama San Diego Nomads. Ia lalu hijrah ke Manchester United pada musim 1991/1992. Sayangnya, permasalahan izin kerja membuat pemain yang berposisi winger ini gagal tampil di skuad utama The Red Devils. Dortmund kemudian merekrutnya dari United pada musim 1996/1997.

Kirovski dikontrak Dortmund selama empat musim dengan satu musim di antaranya dipinjamkan ke klub lain. Namun, ia bermain untuk Dortmund hanya dalam 29 laga di semua ajang dengan torehan 2 gol dan 1 assist. Meski begitu, ia berhasil meraih 1 gelar Liga Champions, 1 gelar Intercontinental Cup, dan 1 gelar German Super Cup. Kirovski telah pensiun pada Januari 2012.

2. Shinji Kagawa (2012/2013)

6 Transfer yang Pernah Terjadi Antara Dortmund dan Manchester UnitedShinji Kagawa (skysports.com)

Sejak kepindahan Jovan Kirovski, Dortmund dan Manchester United cukup lama tak terlibat transfer pemain. Barulah pada musim 2012/2013 United merekrut Shinji Kagawa. Dortmund mendapat kucuran dana sebesar €16 juta atau Rp272 miliar.

Pemain Jepang yang berperan sebagai gelandang serang ini sebelumnya membela Dortmund selama dua musim. Dalam kurun waktu tersebut, Kagawa tampil dalam 71 laga di semua ajang dengan mencetak 29 gol dan 16 assist. Ia juga berhasil membawa Dortmund meraih 2 gelar Bundesliga dan 2 gelar DFB Pokal.

Sementara bersama Manchester United, Kagawa juga mengabdi selama dua musim. Ia dipercaya tampil dalam 57 laga di semua kompetisi dengan mengoleksi 6 gol dan 10 assist. Ia juga sukses mencicipi 1 gelar Premier League dan 1 gelar English Super Cup.

Baca Juga: Ruben Neves Merapat ke Manchester United

3. Shinji Kagawa (2014/2015)

6 Transfer yang Pernah Terjadi Antara Dortmund dan Manchester UnitedShinji Kagawa (eurosport.com)

Tak hanya sekali, Shinji Kagawa kembali terlibat kesepakatan transfer antara Dortmund dan Manchester United pada musim 2014/2015. Waktu itu, ia dipulangkan Dortmund dari United dengan banderol sebesar €8 juta atau Rp136 miliar.

Di periode keduanya, Kagawa dikontrak Dortmund selama lima musim dengan satu musim di antaranya dipinjamkan ke klub lain. Ia bermain dalam 145 laga di semua ajang dengan mengemas 31 gol dan 39 assist. Pemain berusia 32 tahun ini lalu hijrah ke Real Zaragoza dan sekarang tengah berkarier di Yunani bersama PAOK Thessaloniki.

4. Adnan Januzaj (2015/2016)

6 Transfer yang Pernah Terjadi Antara Dortmund dan Manchester UnitedAdnan Januzaj (skysports.com)

Adnan Januzaj merupakan pemain lulusan akademi Manchester United. Ia mulai berada di skuad utama United sejak musim 2013/2014. Berselang dua musim, ia mulai dijadikan pemain pinjaman ke beberapa tim.

Borussia Dortmund menjadi salah satu tempat bagi Januzaj untuk mencari pengalaman, tepatnya pada musim 2015/2016. Namun, kiprahnya di Signal Iduna Park hanya bertahan selama setengah musim. Sebagai seorang winger kanan, Januzaj bermain dalam 12 laga di semua ajang dengan torehan 3 assist

Sempat kembali membela Manchester United selama setengah musim, Januzaj lalu dipinjamkan ke Sunderland. Akhirnya, ia hijrah ke Real Sociedad pada musim 2017/2018. Secara total, pemain Belgia ini dipercaya tampil oleh United dalam 63 laga di semua kompetisi dengan mengoleksi 5 gol dan 6 assist.

5. Henrikh Mkhitaryan (2016/2017)

6 Transfer yang Pernah Terjadi Antara Dortmund dan Manchester UnitedHenrikh Mkhitaryan (skysports.com)

Berikutnya ada sosok Henrikh Mkhitaryan, seorang gelandang serang berkebangsaan Armenia. Ia dipinang United dari Dortmund pada musim 2016/2017. United harus mengeluarkan dana sebesar €42 juta atau Rp715 miliar.

Mkhitaryan sendiri telah berseragam Dortmund sejak musim 2013/2014. Ia diandalkan dalam 140 laga di semua kompetisi dengan mencetak 41 gol dan 49 assist. Ia juga mampu membantu Dortmund meraih 2 gelar German Super Cup.

Di Old Trafford, Mkhitaryan berkiprah selama satu setengah musim. Ia melakoni 63 laga di semua ajang dengan mengantongi 13 gol dan 11 assist. Ia juga sukses menggondol 1 gelar English League Cup, 1 gelar English Super Cup, dan 1 gelar Europa League. Gelandang berusia 32 tahun ini sekarang berkarier bersama AS Roma.

6. Jadon Sancho (2021/2022)

6 Transfer yang Pernah Terjadi Antara Dortmund dan Manchester UnitedJadon Sancho (skysports.com)

Jadon Sancho menjadi nama terbaru yang terlibat kesepakatan transfer antara Dortmund dan Manchester United. Ia akhirnya berpisah dengan Dortmund dan merapat ke skuad The Red Devils. Tak tanggung-tanggung, Sancho ditebus dengan harga €85 juta atau Rp1,4 triliun.

Performa Sancho selama empat musim bersama Dortmund memang mengesankan. Sebagai seorang winger, ia bermain dalam 137 laga di semua gelaran dengan mengantongi 50 gol dan 64 assist. Ia juga berhasil membawa Dortmund meraih 1 gelar DFB Pokal dan 1 gelar German Super Cup.

Kini, penyerang yang masih berusia 21 tahun tersebut akan memulai tantangan baru bersama Manchester United. Ia sudah menyepakati kontrak hingga Juni 2026 atau selama lima musim. Dengan kemampuan yang dimilikinya, Sancho diharapkan bisa tampil meledak.

 

Itulah 6 aktivitas transfer yang pernah terjadi antara Borussia Dortmund dan Manchester United. Setelah Jadon Sancho, kira-kira, siapa pemain selanjutnya yang bakal menyusul?

Baca Juga: 10 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas Borussia Dortmund, Ada Sancho!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya