5 Transfer Pemain Jepang dengan Nilai Termahal Sepanjang Sejarah

Ada nama baru, nih!

Jepang memang dikenal sebagai negara Asia dengan kekuatan sepak bola mumpuni. Banyak pemain hebat terlahir di negara yang berada di wilayah Asia Timur ini. Tak hanya berkarier di Asia, tetapi juga terdapat sederet pemain Jepang yang sukses memikat tim-tim elite Eropa. 

Terbaru ada sosok Takehiro Tomiyasu yang resmi menjadi pemain Arsenal. Pemain yang berposisi bek tengah tersebut dipinang The Gunners dari Bologna dengan benderol 18,60 juta euro. Nominal sebesar itu membuat nama Tomiyasu masuk dalam jajaran pemain Jepang dengan nilai transfer termahal.

Tak usah berlama-lama lagi, berikut 5 transfer pemain Jepang dengan nilai termahal sepanjang sejarah. 

1. Shoya Nakajima (35 juta euro)

5 Transfer Pemain Jepang dengan Nilai Termahal Sepanjang Sejarahpotret Shoya Nakajima (japantimes.co.jp)

Transfer pemain Jepang termahal dipegang oleh Shoya Nakajima. Ia menorehkan nominal transfer 35 juta euro atau Rp590 miliar saat dibeli Al-Duhail dari Portimonense. Kesepakatan pemain berposisi gelandang sayap tersebut terjadi pada Januari 2019. 

Meski dibeli dengan banderol cukup mahal, Nakajima berseragam Al-Duhail hanya dalam waktu setengah musim. Ia bermain dalam 13 laga di semua kompetisi dengan mengoleksi 2 gol. Nakajima lalu dilepas ke FC Porto pada musim 2019/2020 dan kini tengah dipinjamkan ke klub lamanya, Portimonense.

2. Hidetoshi Nakata (28,40 juta euro)

5 Transfer Pemain Jepang dengan Nilai Termahal Sepanjang Sejarahpotret Hidetoshi Nakata (twitter.com/Copa90)

Sebelum kesepakatan Shoya Nakajima terjadi, pemain Jepang dengan nilai transfer termahal adalah Hidetoshi Nakata. Ia menorehkan nilai transfer sebesar 28,40 juta euro atau Rp479 miliar saat diboyong Parma dari AS Roma pada musim 2001/2002.  

Nakata dikontrak Parma selama tiga musim dengan setengah musim diantaranya menjadi pemain pinjaman di klub lain. Berperan sebagai seorang gelandang serang, ia merumput bersama Parma dalam 92 laga di semua ajang dengan mencetak 9 gol dan 1 assist. Ia juga sukses meraih 1 gelar Coppa Italia.

Baca Juga: Dijuluki 'Beckham dari Asia', Begini Kehidupan Hidetoshi Nakata

3. Hidetoshi Nakata (21,69 juta euro)

5 Transfer Pemain Jepang dengan Nilai Termahal Sepanjang Sejarahpotret Hidetoshi Nakata (twitter.com/Copa90)

Hidetoshi Nakata kembali menghiasi daftar transfer pemain Jepang dengan nilai termahal. Ia dibanderol sebesar 21,69 juta euro atau Rp366 miliar saat direkrut AS Roma dari Perugia. Momen tersebut terjadi pada Januari 2000.

Nakata mengabdi untuk AS Roma selama satu setengah musim. Ia tampil dalam 40 laga di semua gelaran dengan membukukan 6 gol dan 2 assist. Pemain yang telah pensiun pada Juli 2006 ini berhasil merengkuh 1 gelar Serie A bersama AS Roma. 

4. Takehiro Tomiyasu (18,60 juta euro)

5 Transfer Pemain Jepang dengan Nilai Termahal Sepanjang Sejarahpotret Takehiro Tomiyasu (instagram.com/premierleague)

Pemain Jepang yang baru saja dibeli Arsenal di bursa transfer musim panas 2021/2022, yakni Takehiro Tomiyasu, menempati urutan keempat. Banderol sebesar 18,60 juta euro atau Rp313 miliar yang digelontorkan The Gunners kepada Bologna ternyata masih kalah mahal dari tiga transfer sebelumnya.

Tomiyasu merupakan pemain berusia 22 tahun yang berperan sebagai bek tengah. Ia sudah menjadi bek andalan Bologna selama dua musim. Kehadirannya di Emirates Stadium diharapkan bisa mengatasi masalah yang ada di lini belakang Arsenal. Tomiyasu menandatangani kontrak hingga Juni 2025.

5. Shinji Kagawa (16 juta euro)

5 Transfer Pemain Jepang dengan Nilai Termahal Sepanjang Sejarahpotret Shinji Kagawa (skysports.com)

Melengkapi lima besar, ada transfer Shinji Kagawa dari Borussia Dortmund ke Manchester United pada musim 2012/2013. Waktu itu, United harus membayar dana sebesar 16 juta euro atau Rp270 miliar. 

Kagawa aktif bermain di Old Trafford selama dua musim. Ia dipercaya tampil sebagai gelandang serang dalam 57 laga di semua kompetisi dengan mengoleksi 6 gol dan 10 assist. Ia juga sukses meraih 1 gelar Premier League dan 1 gelar English Super Cup.

Setelah berpisah dengan Manchester United, Kagawa bertualang bersama Borussia Dortmund, Besiktas, Real Zaragoza, dan klubnya sekarang, PAOK Thessaloniki.

 

Jepang tentu akan terus melahirkan bibit-bibit hebat di masa depan mengingat begitu pesatnya kemajuan sepak bola di Negeri Sakura. Kira-kira, adakah transfer pemain Jepang lainnya yang memiliki nilai lebih mahal dari Shoya Nakajima?

Baca Juga: 5 Hidden Gems di Jepang yang Jarang Dilirik Turis, Kamu Wajib ke Sini!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya