Comscore Tracker

5 Transfer yang Pernah Terjadi Antara PSG dan Real Madrid

Dari Nicolas Anelka hingga Segio Ramos!

Paris Saint-Germain menjadi salah satu tim yang aktif berburu pemain di bursa transfer musim panas 2021/2022. Setelah sebelumnya merekrut Georginio Wijnaldum dan Achraf Hakimi, kini giliran Sergio Ramos yang merapat ke Parc des Princes. Bek tengah jempolan tersebut dipinang dari Real Madrid dengan status bebas transfer.

Hadirnya Ramos tentu membuat lini belakang PSG semakin tangguh. Ia akan menjadi tandem Marquinhos ataupun Presnel Kimpembe. Di sisi lain, Ramos menambah daftar pemain yang pernah hijrah dari Real Madrid ke PSG atau sebaliknya. Termasuk Ramos, berikut 5 aktivitas transfer yang pernah terjadi antara PSG dan Real Madrid.

1. Nicolas Anelka (2000/2001)

5 Transfer yang Pernah Terjadi Antara PSG dan Real MadridNicolas Anelka saat membela Paris Saint-Germain (twitter.com/Squawka)

Nicolas Anelka merupakan pemain jebolan akademi PSG yang promosi ke tim senior pada pertengahan musim 1995/1996. Ia lalu hijrah ke Arsenal pada pertengahan musim berikutnya. Barulah pada musim 1999/2000, Real Madrid memboyongnya. Anelka menghabiskan waktu selama satu musim di Santiago Bernabeu. Ia tampil dalam 33 laga di semua ajang dengan menciptakan 7 gol dan 6 assist.

PSG lalu merekrut Anelka pada musim 2000/2001 dari Real Madrid. Kala itu, Les Parisiens harus membayar dana sebesar €34,5 juta atau Rp593 miliar. Di periode keduanya, Anelka menjadi striker PSG selama semusim dengan merumput dalam 69 laga di semua kompetisi dan mencetak 19 gol serta 2 assist. Jika di Real Madrid sukses meraih gelar Liga Champions, Anelka gagal meraih trofi bersama PSG.

2. Jese Rodriguez (2016/2017)

5 Transfer yang Pernah Terjadi Antara PSG dan Real MadridJese Rodriguez saat bersama Real Madrid (skysports.com)

Sejak kepindahan Nicolas Anelka, PSG dan Real Madrid cukup lama tak menjalin hubungan transfer pemain. Barulah pada musim 2016/2017, PSG merekrut Jese Rodriguez. Pemain yang berposisi winger kiri tersebut merupakan jebolan akademi Real Madrid yang tampil di tim utama El Real sejak musim 2013/2014.

Secara keseluruhan, Jese diandalkan Real Madrid dalam 94 laga di semua kompetisi dengan menorehkan 18 gol dan 15 assist. Ia juga mencicipi 2 gelar Liga Champions, 1 gelar LaLiga, 1 gelar Copa Del Rey, 2 gelar Piala Dunia Antarklub, dan 1 gelar UEFA Super Cup.

Dalam mendatangkan Jese, PSG harus mengeluarkan biaya sebesar €25 juta atau Rp430 miliar. Namun, kariernya di Parc des Princes tak berjalan mulus. Ia lebih sering dipinjamkan ke tim lain. Jese hanya merumput dalam 18 laga di semua kompetisi dengan catatan 2 gol. PSG akhirnya memutus kontraknya dan sang pemain hijrah ke UD Las Palmas.

Baca Juga: 5 Bek Terbaik dalam Sejarah LaLiga, Gerard Pique hingga Sergio Ramos

3. Keylor Navas (2019/2020)

5 Transfer yang Pernah Terjadi Antara PSG dan Real MadridKeylor Navas saat berseragam Real Madrid (skysports.com)

Pada musim 2019/2020, PSG merekrut Keylor Navas dari Real Madrid setelah posisinya tergeser oleh Thibaut Courtois. Kiper berdarah Kosta Rika tersebut ditebus €15 juta atau Rp258 miliar. Navas sendiri telah mengabdi untuk Real Madrid sejak musim 2014/2015. 

Ia diandalkan El Real dalam 162 laga di semua ajang dengan mencetak 52 clean sheet. Berbagai gelar juga sukses diraih oleh Navas, meliputi 3 gelar Liga Champions, 1 gelar LaLiga, 1 gelar Piala Super Spanyol, 4 gelar Piala Dunia Antarklub, dan 3 gelar UEFA Super Cup.

Bersama PSG, Navas benar-benar begitu diandalkan. Sejauh ini, ia sudah melakoni 80 laga di semua kompetisi dengan menorehkan 39 clean sheet. Kiper berusia 34 tahun tersebut juga sudah mencicipi 1 gelar Liga Prancis, 2 gelar French Cup, 1 gelar French League Cup, dan 1 gelar French Super Cup. Kontraknya di Parc des Princes masih ada hingga Juni 2024.

4. Alphonse Areola (2019/2020)

5 Transfer yang Pernah Terjadi Antara PSG dan Real MadridAlphonse Areola di Paris Saint-Germain (skysports.com)

Alphonse Areola merupakan kiper lulusan akademi PSG. Ia mulai berada di skuad utama Les Parisiens pada musim 2010/2011. Berselang tiga musim, ia mulai dijadikan pemain pinjaman ke beberapa tim. PSG baru kembali mengandalkan Areola sejak musim 2016/2017. 

Secara total, kiper asal Prancis tersebut sudah bermain dalam 107 laga di semua kompetisi dengan menciptakan 53 clean sheet. Pada musim 2019/2020, barulah ia bergabung dengan Real Madrid dengan status pemain pinjaman untuk menutup kepergian Keylor Navas. Kala itu, Real Madrid juga memiliki Thibaut Courtois.

Areola tak mendapat banyak menit bermain karena kalah saing dengan Courtois. Tercatat, ia hanya tampil dalam 9 laga di semua ajang dengan mencetak 3 clean sheet. Kiper berusia 28 tahun tersebut kemudian dipinjamkan ke Fulham di musim berikutnya dan kembali ke PSG pada musim 2021/2022.

5. Sergio Ramos (2021/2022)

5 Transfer yang Pernah Terjadi Antara PSG dan Real MadridSergio Ramos di Real Madrid (beinsports.com)

Sergio Ramos akhirnya berpisah dengan Real Madrid setelah 16 musim berkarier di Santiago Bernabeu. Perannya begitu vital dalam menjaga pertahanan Los Blancos. Ia bermain dalam laga di semua gelaran dengan mengantongi gol dan assist.

Ramos juga berhasil membawa Real Madrid merengkuh banyak gelar. Gelar yang dimaksud meliputi 4 gelar Liga Champions, 5 gelar LaLiga, 2 gelar Copa Del Rey, 4 gelar Piala Super Spanyol, 4 gelar Piala Dunia Antarklub, dan 3 gelar UEFA Super Cup. 

Kini, bek berusia 35 tahun tersebut akan memulai tantangan baru bersama PSG. Ia sudah menyepakati kontrak hingga Juni 2023 atau selama dua musim. Dengan pengalaman yang dimiliki, Ramos tentu berpeluang besar untuk meraih kesuksesan bersama Les Parisiens. 

Itulah 5 aktivitas transfer yang pernah terjadi antara PSG dan Real Madrid. Setelah Sergio Ramos, kira-kira siapa pemain selanjutnya yang bakal menyusul?

Baca Juga: 2 Tawaran Besar Premier League Ditolak Sergio Ramos Demi PSG

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya