Comscore Tracker

7 Klub Top Eropa yang Pernah Meraih Treble Winners, Tanpa Real Madrid!

Ada klub favoritmu?

Benua Eropa menjadi pusat di mana klub-klub terbaik di dunia berada. Sebut saja Real Madrid, tentunya kita sudah sangat familier dengan klub berjuluk Los Blancos tersebut. El Real bisa dibilang sebagai salah satu klub tersukses di dunia. Memiliki koleksi gelar La Liga dan Liga Champions Eropa terbanyak menjadi membuktikan betapa hebatnya mereka.

Namun, tim sekelas Real Madrid tak pernah meraih treble winners alias meraih tiga trofi dalam satu musim kompetisi. Tiga trofi yang dimaksud meliputi gelar liga, gelar piala liga, dan gelar Liga Champions Eropa. Dalam sejarah, hanya ada 7 klub Eropa yang mampu menorehkan prestasi tersebut. Lalu, siapa sajakah mereka? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Celtic FC

7 Klub Top Eropa yang Pernah Meraih Treble Winners, Tanpa Real Madrid!pesmitidelcalcio.com

Celtic FC merupakan salah satu klub besar asal Scotlandia. Berdiri sejak 6 November 1887, Celtic menjadi salah satu klub tertua di Eropa. Tentunya, berbagai prestasi pernah diraih klub yang bermarkas di Celtic Park tersebut. Salah satu prestasi terbaiknya adalah treble winners

Celtic menjadi klub pertama di Eropa yang pernah meraih treble winners. Pencapaian tersebut terjadi pada musim 1966/1967 saat di bawah kepemimpinan Jock Stein. Kala itu, Celtic benar-benar menjadi klub yang ditakuti di Eropa setelah meraih gelar Liga Scotlandia, Piala Liga Scotlandia, dan Liga Champions Eropa dalam semusim.

2. Ajax Amsterdam

7 Klub Top Eropa yang Pernah Meraih Treble Winners, Tanpa Real Madrid!32red.com

Klub ke-dua yang mampu menorehkan treble winners adalah Ajax Amsterdam, klub asal Belanda. Tercatat mereka mampu mencapai prestasi tersebut pada musim 1971/1972. Kala itu, mereka diasuh oleh Stefan Kovacs. Mereka sukses meraih gelar Liga Eredivisie, Piala Liga Belanda, dan Liga Champions Eropa.

Ajax sendiri berdiri pada 18 Maret 1900. Mereka merupakan tim tersukses di negara kincir angin. Di musim lalu, Ajax hampir saja mengulang pencapaiannya meraih treble winners. Mereka berhasil menjuarai Liga Eredivisie dan Piala Liga Belanda. Namun, mereka kandas di babak semifinal Liga Champions Eropa. Harapan meraih treble winners pun seketika sirna.

3. PSV Eindhoven

7 Klub Top Eropa yang Pernah Meraih Treble Winners, Tanpa Real Madrid!fifa.com

PSV Eindhoven menjadi klub ke-tiga yang pernah mencicipi treble winners. PSV merupakan klub yang berasal dari negara yang sama dengan Ajax, yakni Belanda. Tercatat mereka meraih treble winners pada musim 1987/1988. Saat itu, PSV ditangani oleh pelatih tangan dingin, Guus Hiddink.

Pada musim tersebut mereka berhasil meraih gelar Liga Eredivisie, Piala Liga Belanda, dan Liga Champions Eropa. PSV merupakan tim seteru abadi Ajax Amsterdam. Klub yang bermarkas di Philips Stadion tersebut berdiri pada 31 Agustus 1913.

Baca Juga: Inilah 4 Klub yang Berpeluang Treble Winners pada Musim 2018/2019

4. Manchester United

7 Klub Top Eropa yang Pernah Meraih Treble Winners, Tanpa Real Madrid!talksport.com

Klub yang satu ini mungkin sudah tidak diragukan jika pernah meraih treble winners. Tercatat, Manchester United menjadi klub ke-empat yang berhasil menorehkan treble winners. Torehan tersebut terjadi pada musim 1998/1999 saat mereka masih ditukangi pelatih fenomenal, Sir Alex Ferguson. Torehan gelar Premier League, FA Cup, dan Liga Champions Eropa di musim tersebut, seolah menegaskan betapa mengerikannya United di kala itu.

Manchester United sendiri merupakan klub yang berdiri pada 1 Januari 1963. Klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut merupakan tim tersukses di negeri tiga singa. Namun, pencapaian di level Eropa, The Reds Devils masih kalah dengan Liverpool. Lalu, United juga tak mampu bersaing di level domestik setelah berakhirnya era Sir Alex Ferguson.

5. Barcelona

7 Klub Top Eropa yang Pernah Meraih Treble Winners, Tanpa Real Madrid!eurosport.co.uk

Barcelona menjadi tim ke-lima yang mampu meraih treble winners. Bahkan, mereka berhasil meraih treble winners sebanyak dua kali. Treble winners pertama terjadi pada musim 2008/2009 saat mereka masih ditangani Pep Guardiola. Sedangkan yang ke-dua terjadi pada musim 2014/2015 saat mereka di bawah arahan Luis Enrique.

Raihan gelar La Liga Spanyol, Copa Del Rey, dan Liga Champions Eropa dalam semusim sebanyak dua kali tersebut, menunjukkan bahwa mereka pernah menjadi penguasa sejati di Eropa. Meski demikian, raihan trofi Barca di kancah Eropa masih kalah dengan El Real. Meskipun, sang rival belum pernah meraih treble winners. Klub yang bermarkas di Camp Nou tersebut berdiri pada 29 November 1899.

6. Inter Milan

7 Klub Top Eropa yang Pernah Meraih Treble Winners, Tanpa Real Madrid!forzaitalianfootball.com

Selanjutnya ada klub raksasa asal Italia, yakni Inter Milan. Inter pernah mengejutkan dunia dengan meraih treble winners. Momen itu terjadi di musim 2009/2010. Pada saat itu mereka diasuh oleh pelatih kontroversial, Jose Mourinho. Inter menjadi tim ke-enam yang pernah meraih treble winners. Di musim tersebut, Inter sukses mengangkat trofi Serie A Italia, Copa Italia, dan Liga Champions Eropa.

Tak ada yang menyangka jika Inter mampu mencapai prestasi tersebut. Namun, dalam sepak bola semua kemungkinan bisa terjadi. Sayangnya, musim tersebut menjadi musim terakhir kejayaan Inter. Pasalnya, dalam sedekade terakhir mereka tak mampu berbicara banyak baik di level domestik maupun kancah internasional. Inter sendiri berdiri pada 9 Maret 1908 dan bermarkas di Giuseppe Meazza.

7. Bayern Munchen

7 Klub Top Eropa yang Pernah Meraih Treble Winners, Tanpa Real Madrid!skysports.com

Klub terakhir yang pernah merasakan treble winners adalah Bayern Munchen. Klub raksasa asal Jerman tersebut pernah meraihnya di musim 2012/2013. Saat itu, Munchen ditangani oleh pelatih top, Jupp Heynckes. Di musim itu, Die Roten benar-benar menunjukkan performa yang sangat impresif. Tak ayal jika mereka mampu meraih gelar Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champions Eropa dalam semusim.

Bayern Munchen merupakan klub Jerman tersukses. The Bayern berdiri pada 27 Februari 1900. Mereka benar-benar menjadi penguasa di Jerman dalam sedekade terakhir. Beberapa hari yang lalu, Munchen telah memastikan gelar Bundesliga ke-30 sekaligus ke-8 secara beruntun. Hanya Borussia Dortmund di musim 2011/2012 yang mampu mengganggu dominasi klub yang bermarkas di Allianz Arena tersebut.

Tentunya 7 klub di atas mampu menorehkan pencapaian gemilang berkat kekompakan, kerja sama, dan kerja keras tim yang solid. Akankah ada klub lain yang mampu menorehkan treble winners? Patut kita nantikan!

Baca Juga: Hebat! 5 Manajer Ini Pernah Meraih Treble Winner

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya