Loyal Pada Tim, 5 Pemain Sepakbola Ini Dijuluki ‘One Club Man’

Belasan tahun hanya bertahan di satu klub, setia banget ya.

One Club Man adalah julukan kepada pemain sepak bola yang setia bermain di satu klub saja dari mulai debut sampai pensiun. Pemain hebat dan terkenal dengan julukan one club man terhitung jarang. Karena rata-rata para pemain hebat kerap pindah klub untuk mencari pengalaman dan mengembangkan gaya permainannya.

Padahal tidak sedikit klub yang berminat untuk meminang pemain tersebut dengan nilai transfer yang fantastis. Nah, siapakah para pemain tersebut? Berikut lima di antaranya.

1. Paolo Maldini di klub AC Milan, 1985-2009 (902 penampilan).

Loyal Pada Tim, 5 Pemain Sepakbola Ini Dijuluki ‘One Club Man’dreamteamfc.com

Maldini pertama kali debut di AC Milan pada usia 16 tahun. Setahun kemudian dia berhasil masuk ke tim utama. Ia telah membela AC Milan sekitar 25 tahun dan menyuguhkan teknik permainan tingkat tinggi. Selama kariernya di Milan dia berhasil menyabet banyak gela seperti 7 gelar Serie A, 1 Coppa Italia, 5 gelar Supercoppa Italiana dan 5  gelar Liga Champions.

Prestasi individualnya juga membanggakan. Dia berhasil menjadi pemenang Runner-Up kedua Ballon d’Or dua kali, UEFA Team of the Year dua kali dan UEFA Club Defender of the Year di tahun 2007, saat berusia 39 tahun.

2. Ryan Giggs di klub Manchester United, 1990-2014 (963 penampilan).

Loyal Pada Tim, 5 Pemain Sepakbola Ini Dijuluki ‘One Club Man’mirror.co.uk

Ryan Gigs merupakan pemain legendaris Manchester United. Sejak belia sudah memiliki karier yang cemerlang. Pada awal debutnya di sepak bola, dia berhasil menyabet penghargaan bergengsi dua tahun berturut-turut. Yakni PFA Young Player of the Year awards tahun 1992 dan 1993.

Selama di United pun dia berhasil menggondol banyak piala juara seperti 13 gelar Premier League, 4 FA Cups, 3 piala liga dan 2 liga champions. Belum lagi gelar-gelar lain untuk posisi runner-up.

3. Charlos Puyol di klub Barcelona, 1995-2014 (593 penampilan).

Loyal Pada Tim, 5 Pemain Sepakbola Ini Dijuluki ‘One Club Man’mirror.co.uk

Charles Puyol melakukan perpisahan kepada tim abadinya Barcelona pada 5 mei 2014 setelah  19 tahun berada di Barcelona dengan 15 tahun berada di tim utama dan 10 tahun di antaranya sebagai kapten tim. Selama bersama Barca, Puyol telah meraih 3 tropi pemenang Liga Champions, 6 tropi pemenang Liga Spanyol, 7 trofi Super Copa, 2 trofi spanish cup dan 2 trofi piala dunia antar klub.

4. Francesco Totti di klub AS Roma, 1992 – 2017 (786 penampilan).

Loyal Pada Tim, 5 Pemain Sepakbola Ini Dijuluki ‘One Club Man’eurosport.com

Francesco Totti merupakan legenda AS Roma yang kharismatik. AS Roma seolah-olah sudah menjadi identittasnya. Dia dijuluki pemain terbaik AS Roma yang pernah ada. Dia menjadi pencetak gol terbanyak dan menjadi kapten terlama. Totti dikenal sebagai pemain yang memiliki insting yang luar biasa, akurat dalam melakukan passing dan kemampuan mencetak gol yang tepat.

Selama di Roma dia berhasil mendapatkan banyak gelar seperti sekali juara serie A, 8 gelar runner up Serie A, 2 Coppa Italia dan 2 gelar Supercoppa Italiana. Selain itu dia juga memiliki sederetan gelar individual yang luar biasa.

5. Rogério Ceni di klub Sao Paolo FC, 1992-2015 (1.238 pertandingan).

Loyal Pada Tim, 5 Pemain Sepakbola Ini Dijuluki ‘One Club Man’mercadodofutebol.net.br

Rogerio Ceni merupakan pemain pemegang rekor dunia sebagai pesepak bola dengan julukan One Club Man karena telah memainkan 1.238 pertandingan selama dua dekade di Klub Brazil Sao Paulo FC. Dia memegang posisi sebagai penjaga gawang dan menjadi kapten klub tersebut selama 23 tahun.

Selama bersama Sao Polo FC, Ceni berhasil menyabet 17 gelar. Selain sebagai penjaga gawang, Ceni juga menjadi eksekutor tendangan penalti dan tendangan bebas hingga berhasil mencetak 100 goal ke gawang lawan.

Nurma S Photo Verified Writer Nurma S

Senang Menulis dan Membaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya