Comscore Tracker

10 Penyumbang Gol Terbanyak Manchester United Sampai Saat Ini

Kamu penggemar bola? Harus tahu, nih!

Sejarah panjang kesuksesan The Red Devil alias Manchester United di kancah sepak bola dunia tidak dapat dilepaskan dari peran tangan handal para pelatih meracik berbagai strategi jitu.

Tak lupa, kiprah para pemain yang berbakat turun berperan penting menciptakan gol-gol fantastis melalui kedua kaki mereka yang turut andil dalam kesuksesan Manchester United hari ini dan tentunya akan dikenang sepanjang masa.

Dilansir dari Statisca, siapa sajakah para pemain penyumbang gol terbanyak Manchester United?

1. Paul Scholes: 155 gol

10 Penyumbang Gol Terbanyak Manchester United Sampai Saat Inithesefootballtimes.co

Generasi 90an tentu tidak asing dengan sosok ini, sempat memutuskan pensiun di tahun 2011 dan menjadi staf pelatih Manchester United, Scholes memutuskan untuk kembali merumput di tahun 2012 selama 1 musim karena krisis cedera yang menimpa Manchester United.

Salah satu pemain dengan durasi merumput terlama bersama Manchester United dalam daftar ini (18 tahun) telah berhasil menorehkan namanya sebagai salah satu pencetak gol terbanyak Manchester United dengan mengumpulkan 155 gol dari total 718 laga profesional yang dia ikuti.

2. Mark Hughes: 163 gol

10 Penyumbang Gol Terbanyak Manchester United Sampai Saat Inisetanmerah.net

Di awal kariernya bersama Manchester United, Hughes hanya merumput selama 3 tahun (1983-1986) dan memutuskan untuk berpindah ke Barcelona dengan nilai transfer sebesar 2 juta poundsterling (36 milyar rupiah lebih).

Namun sayangnya di Barcelona, Hughes justru hanya bertahan 1 musim saja dan dipinjamkan ke Bayern Munich selama 1 musim. Di bawah kepelatihan Sir Alex Ferguson akhirnya berhasil membawa kembali Hughes ke Manchester United pada tahun 1988 hingga pensiun di tahun 1995 dengan nilai transfer sebesar 1,8 juta poundsterling (Rp32,4 miliar lebih).

Total, Hughes telah merumput selama 10 tahun dan memberikan 163 gol dari 467 penampilannya bersama The Red Devil.

3. Ryan Giggs: 168 gol

10 Penyumbang Gol Terbanyak Manchester United Sampai Saat Inieveningexpress.co.uk

Menghabiskan seluruh karier profesionalnya bersama Manchester United sebagai gelandang sejak tahun 1991 sampai dengan tahun 2014 (23 tahun), Giggs saat ini diketahui menjadi manajer tim nasional Wales dan menjadi salah satu pemilik Salford City yang berlaga di kasta kedua sepak bola Inggris.

Dengan total penampilan sebanyak 672 laga profesional dan berhasil mencetak 114 gol ke gawang lawan Manchester United, Giggs juga turut mencatatkan namanya sebagai pemberi assist terbanyak dalam sejarah Premier League dengan total 162 assist.

4. Joe Spence: 168 gol

10 Penyumbang Gol Terbanyak Manchester United Sampai Saat Inipinterest.com

Dalam debut pertamanya sebagai pemain sepak bola profesional bersama Manchester United, Joe langsung mencetak 4 gol yang menjadi penentu kemenangan United 5-1 saat melawan Lancashire Section. Dengan total 168 gol dari 510 penampilannya bersama United, Joe diketahui ternyata belum pernah mengangkat trofi bersama timnya maupun mendapatkan penghargaan kehormatan pribadi atas jasanya karena Manchester United yang masih dalam masa transisi pasca Perang Dunia I.

Selain itu, Joe juga diketahui hanya pernah dua kali membela tim nasional Inggris di tahun 1926 dan mencetak 1 gol saja. Perginya Joe dari dunia ini semakin menjadi kisah sedih karena wafat di malam tahun baru, yaitu pada 31 Desember 1966 silam.

Sedangkan putranya yang juga bernama Joe Spence diketahui mengikuti jejak sang ayah dengan menjadi pemain sepak bola dengan posisi bek tengah dan menghabiskan sebagian besar karier sepak bolanya bersama York City selama 4 tahun (1950-1954).

5. George Best: 179 gol

10 Penyumbang Gol Terbanyak Manchester United Sampai Saat Inithesun.co.uk

Manchester United sendiri ternyata cukup bermakna bagi Best karena dia menghabiskan musim terbanyak dalam karier sepak bolanya bersama The Red Devil (1963-1964). Bermain dalam 361 laga profesional, Best telah mencatatkan namanya dalam sejarah pencetak gol terbanyak The Red Devil dengan menyumbangkan 137 gol.

Best sendiri diperhitungkan sebagai salah satu pemain terbaik Irlandia Barat oleh Federasi Asosiasi Sepak Bola Irlandia, namun sayangnya Best ternyata belum pernah mendapatkan kesempatan bermain di Piala Dunia. Memiliki paras yang tampan dan terkenal, Best juga dikenal dengan julukan 'El Beatle' di tahun 1966 serta menjadi salah satu pemain sepak bola pertama yang mendapatkan sorotan dari dunia selebritis.

Tetapi akibat gaya hidup yang suka mengonsumsi alkohol, Best terpaksa harus meninggal di usia yang masih terbilang muda (59 tahun) pada tahun 2005 lalu akibat komplikasi dari obat-obatan yang harus dia konsumsi setelah melakukan transplatasi hati di tahun 2002.

Baca Juga: 5 Pemain Ini Tampil Ciamik Setelah Hijrah dari Manchester United

6. Dennis Viollet: 179 gol

10 Penyumbang Gol Terbanyak Manchester United Sampai Saat Iniindependent.co.uk

Meskipun berada di posisi kelima, namun Viollet layak berbangga hati karena dengan 179 gol dari total 293 laga yang dimainkannya bersama United memperoleh persentase tertinggi dengan mencetak sebanyak 0.61 gol per laganya. Penampilan terbaiknya berada di musim 1959-1960 di mana Viollet menyumbangkan 32 gol dari total 36 penampilannya bersama Manchester United.

Sayangnya, Viollet dilepaskan oleh pelatih Matt Busby saat itu ke Stoke City pada tahun 1962. Keputusan ini tentu mengejutkan banyak pihak saat itu mengingat jasa besar Viollet bagi United. Viollet sendiri diketahui meninggal pada 6 Maret 1999 silam di rumahnya, Florida setelah berjuang melawan penyakit tumor otak ganas.

7. Jack Rowley: 211 gol

10 Penyumbang Gol Terbanyak Manchester United Sampai Saat Inipinterest.com

18 tahun bersama Manchester United, Rowley yang bermain di posisi penyerang mendapatkan julukan 'Gunner' atas keahliannya melesatkan bola dengan kaki kirinya layaknya senjata yang menembak tepat sasaran. Dengan 211 gol dari total 424 penampilannya bersama United, Rowley juga sempat membela tim nasional Inggris pada periode 1948-1952 dan menyumbangkan 6 gol dari 6 penampilannya bersama The Tree Lions!

Setelah benar-benar pensiun dari dunia sepak bola, baik sebagai pemain maupun pelatih, Rowley diketahui mendirikan sebuah kantor agen surat kabar di distrik Sham kota Olham dan wafat di usia 79 tahun pada 28 Juni 1998 lalu.

8. Denis Law: 237 gol

10 Penyumbang Gol Terbanyak Manchester United Sampai Saat Initelegraph.co.uk

Mantan pemain Manchester United yang akan berusia genap 80 tahun pada 24 Februari mendatang ini dikenal sebagai penyerang Manchester United yang telah mempersembahkan 237 gol dari total 404 penampilan laga profesional. Dengan catatan gol ini menjadikan Law menempati peringkat kedua sebagai pemain Manchester United yang mencetak gol terbanyak dalam setiap penampilannya, yaitu sebesar 0.59 per laga setelah Dennis Viollet.

Setelah pensiun dari dunia sepakbola, Law memilih untuk menjadi komentator di radio maupun TV dengan topik yang tentunya seputar sepak bola. Atas jasa besarnya selama bermain di Manchester United, monumen bernama "United Trinity" atau juga disebut "Holy Trinity" didirikan yang merupakan patung sosok Law bersama George Best dan Sir Bobby Charlton karena berhasil membawa Manchester United menjadi tim sepak bola Inggris pertama yang memenangkan European Cup di tahun 1968 silam.

9. Sir Bobby Charlton: 237 gol

10 Penyumbang Gol Terbanyak Manchester United Sampai Saat Initalksport.com

Sir Bobby Charlton menjadi pemegang rekor sebagai pencetak gol Manchester United terbanyak sampai tahun 2007 yang akhirnya berhasil dipecahkan oleh Wayne Rooney. Salah satu laga terbaiknya adalah saat melawan Charlton Atletic dimana Sir Bobby berhasil mencetak 2 gol yang berdampak kemenangan 4-2 bagi Manchester United dengan kondisi pergelangan kakinya yang masih terkilir.

Selain itu, Sir Bobby ternyata juga turut menjadi korban dalam kecelakaan pesawat di Munich pada Februari 1958 silam yang mengangkut para pemain Manchester United kembali ke Inggris dan menewaskan 8 rekan setimnya. Beruntung, dalam kecelakaan pesawat ini Sir Bobby hanya mengalami cedera ringan dan bisa segera bergabung dalam tim setelah 1 bulan serta membawa Manchester United mencapai final FA Cup pada saat itu.

Di tahun 1968, Sir Bobby juga berperan besar saat menjadi kapten Manchester United dalam final European Cup dan berhasil memimpin timnya menjadi klub Inggris pertama yang memenangkan European Cup. Atas jasa besarnya bagi Manchester United dan timnas Inggris, saat ini Sir Bobby sudah memiliki 4 gelar kehormatan dari kerajaan Inggris.

Di antaranya adalah Officer of the Most Excellent Order of the British Empire pada tahun 1969, Commander of the Most Excellent Order of the British Empire pada tahun 1974, Knight Bachelor pada tahun 1994, dan Order of the Rising Sun 4th class pada tahun 2012.

10. Wayne Rooney: 253 gol

10 Penyumbang Gol Terbanyak Manchester United Sampai Saat Ininewsweek.com

Pemain yang tidak hanya sukses menempati peringkat pertama sebagai penyumbang gol terbanyak bagi Manchester United tetapi juga bagi tim nasional Inggris (120 gol) mengungguli seniornya di Manchester United, Sir Bobby Charlton yang menempati peringkat kedua dengan total 106 gol. Debutnya bersama The Reds saat melawan Fenerbahçe pada 2004 lalu turut menjadi memori indah bagi Rooney yang berhasil mencetak hatrick (3 gol) ke gawang lawan dan menjadikannya pemain termuda (18 tahun 335 hari) yang mencetak gol dalam Champions League!

Tidak hanya itu, Rooney juga dikenal akan tendangan bicycle pada 12 Februari 2011 silam yang berbuah gol saat derby melawan Manchester City. Gol ini pun dinobatkan sebagai gol terbaik Liga Premier Inggris pada tahun 2012 berdasarkan survey yang dilakukan oleh The Guardian. Bahkan pelatih Manchester United saat itu, Sir Alex Ferguson turut menyatakan bahwa gol tersebut merupakan gol terbaik yang pernah dia saksikan selama berada di Old Trafford!

Saat ini, Rooney yang telah hengkang dari Manchester United tetap melanjutkan karirnya sebagai pemain sepak bola bersama D.C United hingga Desember tahun ini karena mulai Januari 2020 mendatang hingga 18 bulan ke depan Rooney akan menjadi player-coach di Derby County yang saat ini berada di tingkat kedua liga Inggris.

Kira-kira bagaimana ya, gaya Rooney saat menjadi asisten pelatih Derby County? Dan strategi apa yang akan digunakan Rooney untuk membawa Derby County melesat ke tingkat pertama liga Inggris?

Itulah daftar pemain sepak bola Manchester United dengan gol terbanyak. Adakah pemain bola idolamu?

Baca Juga: 4 Kandidat Manajer Manchester United Jika Solskjaer Dipecat

Debora Hana Maria Rachelina Photo Verified Writer Debora Hana Maria Rachelina

Make your life more beautiful with always thankful to God for everything that you have ^^ My instagram @authorbora98

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya