Klub Pengorbit, Ini 7 Pemain Asing yang Melejit Bersama Persela

Laris manis setelah bermain bersama Persela

Meski bukan merupakan klub yang besar, Persela Lamongan selalu menyita perhatian setiap musim. Selain kerap menjadi kuda hitam, tim biru langit ini pun selalu menjadi panggung unjuk gigi para pemain asing yang baru mentas di Liga Indonesia. Hampir semua pemain asing yang memulai kariernya di Persela akan laris manis pada musim selanjutnya. 

Berikut adalah beberapa pemain asing yang diorbitkan oleh Persela Lamongan.

1. Gustavo Fabian Lopez

Klub Pengorbit, Ini 7 Pemain Asing yang Melejit Bersama PerselaGustavo Lopez. Instagram/memorypersela

Gustavo bisa jadi akan menjadi pemain asing Persela yang akan diingat sepanjang sejarah klub tersebut. Maklum, ia menjadi salah satu pembelian tersukses Persela. Playmaker asal Argentina ini mulai menjajal peruntungan di Liga Indonesia pada tahun 2008 lalu saat usianya masih 22 tahun.

Pria yang sempat satu tim dengan Juan Roman Requelme di Argentina junior ini langsung menjadi idola kala itu. Permainan stylish-nya mampu mengangkat performa Persela. 

Sayang, karena ada peraturan baru tentang minimal kasta liga di klub terakhir yang dibela pemain asing, Gustavo harus kembali ke Argentina saat itu. Namun, ia kembali memperkuat Persela dua musim berikutnya tahun 2011. Ia berseragam Joko Tingkir dua musim dan membawa Persela sempat menduduki peringkat 4 klasemen akhir Liga Indonesia. Sebuah rekor yang tak pernah terpecahkan hingga saat ini.

Usai tak memperpanjang kontrak bersama Persela, ia pun jadi buruan beberapa tim raksasa. Namun, ia memilih Arema semusim sebelum dipinang klub Malaysia, Trengganu FA. Klub Indonesia terakhir yang ia bela adalah PS TIRA. 

2. Marcio Souza da Silva

Klub Pengorbit, Ini 7 Pemain Asing yang Melejit Bersama PerselaInstagram.com/marciosouza09

Pemain satu ini juga menjadi legenda bagi pencinta sepak bola Lamongan. Pria kelahiran Brasil 14 Januari 1980 ini adalah top scorer sepanjang masa bagi Persela dengan 41 gol selam tiga musim berkostum biru muda. Seperti Gustavo, Marcio juga mengawali kariernya di Indonesia bersama Persela pada 2006.

Selain terkenal dengan tendangan bebasnya, Marcio juga menjadi langganan kartu merah karena sifat tempramentalnya. Setelah kontraknya bersama Persela habis, Marcio pun menjadi rebutan beberapa tim besar. Pada 2008 ia memutuskan ke Semen Padang sebelum menjadi pemain Deltras musim selanjutnya.

Arema dan Persib Bandung adalah dua klub yang memakai jasanya setelah itu. Ia sempat mencicipi karier di Malaysia bersama Trengganu FA dan kembali ke Indonesia bersama Perseman Manokwari. Setelah itu, namanya seolah hilang tanpa kabar. Bahkan, pada 2016 lalu ia sempat ditangkap polisi Brasil karena pengaturan skor. 

3. Ivan Carlos

Klub Pengorbit, Ini 7 Pemain Asing yang Melejit Bersama PerselaInstagram.com/_ivan_carlos_8_

Persela memang tampaknya berjodoh dengan pemain asal Brasil. Satu nama lagi yang juga moncer bersama Persela adalah Ivan Carlos.

Pemain plontos ini datang ke Indonesia dan mengawali kariernya bersama Persela pada tahun 2018. Ia pun mencetak 16 gol dalam semusim. Potensinya tercium oleh Persija Jakarta yang mendapatkan tanda tangannya pada musim selanjutnya. Sayang, di Persija ia hanya mencetak 5 gol dan lebih banyak berkutat dengan cedera.  

Baca Juga: Persela Ingin Tutup Liga 1 2019 dengan Finis di Peringkat 10 Besar

4. Fabiano Rosa Beltrame

Klub Pengorbit, Ini 7 Pemain Asing yang Melejit Bersama PerselaInstagram.com/fabianobeltrame15

Nama Fabiano sedang menjadi sorotan pada beberapa hari terakhir. Sebab, ia baru saja mendapatkan status kewarganegaraan dari pemerintah Indonesia. Lewat sebuah pengambilan sumpah pekan lalu, Fabiano resmi menjadi WNI. Wajar jika pria berusia 37 tahun ini akhirnya menjadi WNI. Semua syarat seperti minimal 5 tahun tinggal dan bekerja di Indonesia telah ia lampaui.

Tak hanya 5 tahun, Fabiano telah berkarir di Indonesia selama 15 tahun. Ia memulai kariernya di Tanah Air saat membela Persela pada 2005. Sempat bermain di Persmin Minahasa, ia kembali ke Persela pada 2009.

Selanjutnya, beberapa klub besar seperti Arema, Persija, Madura United hingga Persib pun menjadi klubnya. 

5. Loris Arnaud

Klub Pengorbit, Ini 7 Pemain Asing yang Melejit Bersama PerselaInstagram.com/officialpersikabo

Kedatangannya di Indonesia sempat membuat heboh. Maklum, Loris adalah jebolan raksasa liga Perancis, Paris Saint-Germain. Tak salah Persela merekrutnya pada 2018.

Pada musim pertamanya, ia mampu mencetak 15 gol. Loris pun dipinang oleh TIRA-KABO di musim 2019. Sayang, ia hanya mencetak 7 gol dan harus mengakhiri musim lebih cepat karena cedera.

6. Musim ini Persela orbitkan tiga pemain sekaligus

Klub Pengorbit, Ini 7 Pemain Asing yang Melejit Bersama PerselaInstagram.com/perselafc

Mengorbitkan pemain asing nampaknya sudah menjadi tradisi bagi Persela. Meski terseok-seok di zona degradasi, musim ini mereka pun mengorbitkan pemain top kembali. Tak tanggung-tanggung ada tiga pemain Persela yang diprediksi akan meramaikan bursa transfer musim depan. Mereka adalah Alex Goncalves, Rafael Gomes de Oliveira, serta Kei Hirose yang juga baru memulai karier di Indonesia bersama Persela.

Nama Alex mencuat lantaran mampu mencetak 17 gol selama semusim. Ia pun kini diisukan sedang melakukan pendekatan dengan Madura United. Adapun Kei sudah sejak awal bermain diprediksi akan jadi rebutan di akhir musim karena kontribusi luar biasanya di lini tengah. Kei pun hampir pasti menjadi milik klub Malaysia, Kedah FA. 

Sementara Rafael adalah winger cerdas yang mempu menjadi pelayan Alex di lini depan. Belum ada klub yang diisukan dekat dengan sang pemain. Namun, jika melihat permainannya, rasanya Rafael tak akan sudah mendapatkan kontrak tim besar.

Meski kerap memunculkan nama baru di kancah sepak bola nasional, namun tren ini juga merugikan Persela jika terus berlanjut. Persela hanya akan menjadi tim "penyeleksi" di tiap musimnya tanpa bisa menikmati jasa sang pemain di musim selanjutnya.

Baca Juga: Tulis Tangan Nama Idola, Bocah Ini Akhirnya Bertemu Pemain Persela

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya