Comscore Tracker

Ada yang Sudah Kebobolan 50 Gol, 7 Kiper di EPL Ini Babak Belur

Bahkan semalam ada yang kebobolan 9 gol!

English Premier League (EPL) merupakan salah satu liga terbaik di dunia. Selain kualitas permainan, jumlah gol tercipta juga menjadi daya tarik sendiri. Pada musim 2019/2020 lalu misalnya, ada 1034 gol yang tercipta dari 380 pertandingan. Di tengah euphoria gol dari para pencetaknya, tentu ada yang menjadi korban. Mereka adalah para kiper yang harus puluhan kali memungut bola dari gawangnya.

Kerasnya EPL musim ini pun dirasakan oleh beberapa tim papan bawah Liga Inggris. Dari 21 pertandingan yang sudah dilakoni, mereka sudah kebobolan lebih dari 30 gol. Dikutip dari statistik resmi EPL per Rabu (3/2/2021), berikut adalah para kiper yang menjadi bulan-bulanan di liga Inggris.

1. Karl Darlow

Ada yang Sudah Kebobolan 50 Gol, 7 Kiper di EPL Ini Babak BelurInstagram.com/karldarlow

Kiper pertama yang sudah kebobolan lebih dari 30 gol adalah Karl Darlow. Penjaga gawang Newcastle United ini sudah kebobolan 36 gol dari 22 pertandingan yang ia jalan. Entah apa yang ada di pikiran pelatih Steve Bruce, meski kerap menjadi lumbung gol, Darlow yang memiliki paspor Inggris ini belum pernah sekalipun diganti. Jika tak segera ada perbaikan, bukan tak mungkin Newcastle yang baru empat musim di EPL akan kembali terlempar ke kasta kedua.

2. Aaron Ramsdale 

Ada yang Sudah Kebobolan 50 Gol, 7 Kiper di EPL Ini Babak BelurInstagram.com/aaronramsdale

Salah satu klub yang tahun ini berpeluang besar turun ke kasta kedua adalah Sheffield United. Dari 22 pertandingan, mereka hanya mengemas 11 poin dan berada di dasar klasemen.

Soal kebobolan, mereka juga menjadi salah satu yang terburuk. Penjaga gawang Sheffield United, Aaron Ramsdale telah memungut bola dari gawangnya sebanyak 35 kali. Padahal, kiper asal Inggris ini selalu menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang. 

3. Vicente Guaita

Ada yang Sudah Kebobolan 50 Gol, 7 Kiper di EPL Ini Babak BelurInstagram.com/vguaita_13

Sama dengan Ramsdale, Vicente Guaita juga selalu menjadi pilihan utama Crystal Palace. Dari 22 pertandingan yang sudah mereka jalani, tak sekalipun Guaita duduk di bangku cadangan.

Sayangnya, kepercayaan itu tak dibalas dengan baik olehnya. Kiper berpaspor Spanyol ini tercatat sudah kebobolan 37 kali. Meski begitu, Guaita sudah melakukan clean sheet selama 4 kali dalam musim ini. Sementara Crytal Palace saat ini berada di posisi 13. 

Baca Juga: 5 Kiper Inggris Dengan Banderol Tertinggi, Tidak Ada Joe Hart!

4. Illan Meslier

Ada yang Sudah Kebobolan 50 Gol, 7 Kiper di EPL Ini Babak BelurInstagram.com/illan.meslier

Kiper lain yang juga kebobolan lebih dari 30 gol adalah Illan Meslier. Kiper tim promosi Leeds United ini tercatat sudah kemasukan 36 gol dari 20 pertandingan yang ia mainkan. Bedanya, Meslier punya catatan positif dengan 6 kali clean shet. Meski banyak kebobolan, Leeds saat ini masih berada di papan tengah. 

5. Alex McCarthy

Ada yang Sudah Kebobolan 50 Gol, 7 Kiper di EPL Ini Babak BelurInstagram.com/manchesterunited

McCarthy menjadi kiper terbaru di Liga Inggris yang sudah kebobolan lebih dari 30 gol. Hal ini terjadi setelah pada pertandingan Rabu (3/2/2021) ia harus sembilan kali memungut bola kala Southampton dihajar MU 0-9. Ia pun kini tercatat sudah kebobolan 34 gol dalam semusim.

Pertandingan ini juga menyamai rekor musim 1994/1995. Saat itu, MU menghajar Ipswish Town dengan skor 9-0 dan hingga kini belum ada yang mampu menandingi rekor tersebut.

6. Rui Patricio

Ada yang Sudah Kebobolan 50 Gol, 7 Kiper di EPL Ini Babak BelurInstagram.com/rpatricio1

Kiper lain yang juga baru saja menembus angka kebobolan lebih dari 30 gol adalah Rui Patricio. Penjaga gawang Wolves asal Portugal ini tercatat sudah memungut bola sebanyak 31 kali dari gawangnya. Satu gol terakhir adalah saat mereka menaklukan Arsenal 2-1 pada Selasa malam. Patricio juga disorot karena dari 7 penalti yang ia hadapi, hanya satu yang terselamatkan. 

7. Sam Johnstone

Ada yang Sudah Kebobolan 50 Gol, 7 Kiper di EPL Ini Babak BelurInstagram.com/samjohnstone32

Kandidat kuat kiper dengan penampilan terburuk musim ini sepertinya dipegang oleh kiper West Bromwich Albion, Sam Johsntone. Betapa tidak, dari 21 kali penampilan, ia sudah kebobolan 50 gol. Selain itu, dari 4 kali penalti yang ia hadapi, tak sekalipun Johnstone mampu menggagalkannya.

Penampilan kiper asal Inggris ini juga berpengaruh besar terhadap West Bromwich Albion. WBA kini menjadi klub EPL dengan jumlah kebobolan terbanyak, yaitu 52 gol. Sementara di klasemen, mereka berada di posisi 14, hanya terpaut 4 poin dari sang juru kunci Sheffield United. 

Banyaknya jumlah gol yang bersarang di gawang tim sepak bola memang buka sepenuhnya salah dari kiper. Koordinasi lini belakang juga menjadi faktor penting. Terlebih, Liga Inggris merupakan tempat berkumpulnya penyerang-penyerang terbaik dunia. Jadi, bisa dibilang menjadi kiper di liga Inggris adalah salah satu profesi terberat di dunia.

Baca Juga: 5 Kiper Brasil dengan Banderol Tertinggi, Siapa Saja Mereka?

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya