Comscore Tracker

Aubameyang Moncer, Ini 5 Pemain Termahal Asal Gabon di Klub Eropa

Ada yang pernah tahu negara Gabon?

Benua Afrika selalu menyumbangkan talenta terbaiknya di liga-liga top eropa. Tak hanya dari negara besar seperti Kamerun atau Nigeria, pemain-pemain asal negara kecil di Afrika juga kerap menyedot perhatian dengan skill mereka.

Salah satu nama pemain Afrika yang sedang menjadi perbincangan publik pekan ini adalah penyerang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang. Maklum, pemain asal Gabon itu baru saja mencetak hattrick untuk Arsenal, Minggu, (14/2/2021). Tanpa Aubameyang, sebagian orang mungkin tak akan pernah tahu ada negara bernama Gabon. 

Ternyata, Gabon tak hanya memiliki Aubameyang. Beberapa pemain lainnya juga sukses menembus klub eropa dan masuk dalam tim inti. Inilah 5 pemain Gabon termahal yang menjadi andalan klub-klub eropa.

1. Aubameyang

Aubameyang Moncer, Ini 5 Pemain Termahal Asal Gabon di Klub EropaInstagram.com/auba

Meski berpaspor Gabon, Aubameyang lahir di Prancis pada 1989. Ia pun meniti karier juniornya bersama beberapa klub Prancis. Raksasa Italia, AC Milan pun tertarik mendatangkannya pada tahun 2007 dan masuk tim senior setahun setelahnya. Sayang, ia tak mendapatkan banyak menit bermain di sana. Aubameyang kemudian dipinjamkan ke beberapa klub, salah satunya Saint Etienne. Di sanalah ia mulai menemukan bentuk permainan terbaiknya.

Pada tahun 2013, giliran tim raksasa Jerman, Borussia Dortmund mendapatkan tandatangannya. Penampilan apiknya di Dortmund membuat Arsenal kepincut dan mengontraknya sejak tahun 2018. Total, ia sudah mencetak 62 gol untuk The Gunners. Aubameyang pun menjadi legenda hidup sekaligus pemain termahal dengan nilai pasar 40 juta euro atau sekitar Rp676 miliar pada situs Transfermarkt.

2. Denis Bouanga

Aubameyang Moncer, Ini 5 Pemain Termahal Asal Gabon di Klub EropaInstagram.com/bouanga_20

Pemain termahal kedua di skuad Timnas Gabon adalah Denis Bouanga. Sayap kanan klub Prancis, Saint-Etienne ini memiliki nilai pasar 10 juta Euro atau Rp169 miliar. Wajar jika pria berusia 26 tahun ini memiliki banderol mahal.

Meski berkewarganegaraan Gabon, ia lalu lalang di klub Ligue 1 Prancis seperti Nimes Olypmique hingga FC Lorient. Maklum, selain Gabon, ia juga memiliki paspor Prancis. 

3. Guelor Kanga

Aubameyang Moncer, Ini 5 Pemain Termahal Asal Gabon di Klub EropaInstagram.com/techsportserbiatv

Di urutan ketiga, ada nama gelandang serang Guelor Kanga. Pemain berusia 30 tahun itu kini bermain untuk raksasa Serbia, Red Star Belgrade. Adapun nilai pasar pemain yang sudah membela beberapa klub eropa timur ini adalah 3,5 juta Euro atau Rp59,19 miliar. Wajar jika nilainya terus naik, Kanga pernah menjadi juara di tiga negara berbeda, yaitu Rusia, Ceko, dan Serbia.

Baca Juga: 10 Pemain Tersubur Arsenal di Premier League, Aubameyang Termasuk!

4. Didier Ndong

Aubameyang Moncer, Ini 5 Pemain Termahal Asal Gabon di Klub EropaInstagram.com/didier_ndong22

Dengan harga yang sama yaitu 3,5 juta Euro atau Rp59,19 miliar, Gabon juga memiliki bek tengah tanggung bernama Didier Ndong. Ndong yang saat ini bermain bersama klub Ligue 1, Dijon sudah mencatatkan 24 kali pertandingan. 

Pria 26 tahun ini sebenarnya juga pernah merantau ke Inggris layaknya Aubameyang. Ia tercatat pernah bermaian untuk Sunderland dan Watford. Sayang namanya tak bersinar seperti Aubameyang. 

5. Bruno Ecuele Manga

Aubameyang Moncer, Ini 5 Pemain Termahal Asal Gabon di Klub EropaInstagram.com/brunoecuelemanga

Pemain Gabon termahal kelima sekaligus yang menembus angka pasa 1 juta Euro adalah Bruno Ecuele Manga. Situs Transfermarkt mencatat nilai pasarnya sebesar 2,20 juta Euro atau Rp372 miliar. Mangan saat ini menjadi andalan lini belakang Dijon dengan 25 penampilan. Sementara di Timnas Gabon, pria berusia 32 tahun ini sudah mencatatkan 22 pertandingan resmi. 

Manga sendiri lebih banyak menghabiskan kariernya di Prancis. Pada tahun 2019 lalu ia sempat mencoba peruntungan di Inggris dengan bergabung bersama Cardiff di divisi Championship.

Jika Gabon yang memiliki penduduk 2,1 juta saja bisa menyumbangkan pemain di klub-klub eropa, harusnya Indonesia dengan penduduk 270 juta pun bisa. Semoga suatu hari nanti ada nama pemain Indonesia yang malang melintang di benua biru ya.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Performanya Menurun pada Musim Ini, Ada Aubameyang!

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya