5 Pemain Ini Berkarier Lebih dari Satu Dekade di Klubnya 

Legend!

Pekan lalu, pendukung Persib harus merelakan salah satu legenda hidupnya, Hariono untuk angkat koper. Hariono yang sudah 11 musim membela Persib terpaksa pindah klub lantaran tak masuk dalam skema pelatih Robert Rene Albert musim depan. Perpisahannya pada laga terakhir pun berlangsung emosional.

"Saya sebenarnya ingin pensiun bersama Persib. Tapi pelatih tak menginginkan saya, jadi saya yang harus mengalah," kata Hariono usai laga terakhir pekan lalu. 

Tak hanya Hariono, berikut adalah pemain yang membela klub Liga 1 lebih dari 10 tahun.

1. Bambang Pamungkas

5 Pemain Ini Berkarier Lebih dari Satu Dekade di Klubnya Bambang Pamungkas dalam laga perpisahannya. Instagram.com/Bepe20

Pada pekan sebelumnya, striker Persija, Bambang Pamungkas alias Bepe juga menggelar laga perpisahan. Bedanya, jika Hariono belum memutuskan untuk pensiun, Bepe sudah mantap gantung sepatu. Pria 39 tahun ini selama kariernya juga identik dengan tim ibu kota tersebut. Meski berpindah-pindah klub, Bepe telah menghabiskan lebih dari 15 musim bersama Persija.

2. Ismed Sofyan

5 Pemain Ini Berkarier Lebih dari Satu Dekade di Klubnya Instagram.com/ismedsofyan14

Pemain yang satu ini adalah kawan dekat Bambang Pamungkas. Ia memulai karier profesionalnya bersama PSBL Langsa. Ia kemudian berpindah ke Persiraja Banda Aceh dan Persijatim. Pemain 40 tahun ini memulai karier panjangnya bersama Persija pada tahun 2002. Hingga musim 2019, Ismed masih menjadi bagian dari Persija dan belum mengisyaratkan untuk pensiun. Jika musim depan masih berseragam Persija, Ismed mungkin akan menjadi pemain terloyal karena sudah bermain 18 musim bersama Macan Kemayoran.

Baca Juga: Klasemen Sepak Bola SEA Games Grup B: Indonesia Geser Thailand!

3. Boaz Solossa

5 Pemain Ini Berkarier Lebih dari Satu Dekade di Klubnya Instagram.com/boazsolossa

Jika Persija punya Bepe dan Ismed, Persipura juga memiliki legenda hidup bernama Boaz Solossa. Ia memulai karier profesionalnya bersama Persipura pada tahun 2004. Hingga musim 2019 lalu, atau 15 tahun setelahnya, pemain 33 tahun ini masih menjadi pilihan utama Mutiara Hitam. Tak seperti Ismed atau Bepe yang beberapa kali pindah klub, Boaz adalah one man one club alias tak pernah bermain di klub lain. Bahkan, Boaz adalah pemain yang lahir dari akademi Persipura sendiri.

4. Eduard Ivakdalam

5 Pemain Ini Berkarier Lebih dari Satu Dekade di Klubnya Tabloid Bola via Instagram.com/timnaslegend

Sebelum era Boaz, Persipura juga punya pemain yang sangat loyal kepada tim, yaitu Eduard Ivakdalam. Mantan bek Persipura yang saat ini berusia 46 tahun ini pernah membela Persipura selama 16 tahun dari 1994-2010. Setelah tak lagi dengan Persipura, ia pun pindah ke tim Papua lainnya yaitu Persidafon Dafonsoro sebelum menutup karier bersama Persiwa Wamena.

5. Choirul Huda

Di Indonesia ini mungkin belum ada pemain seloyal Choirul Huda. Huda sudah bermain bersama Persela selama 18 tahun dari 1999 sampai 2007. Dari segi durasi, mungkin ada pemain yang sudah menyamai bahkan mungkin berpotensi melampauinya. Namun, yang sulit tertandingi adalah kesetiaan seorang Choirul Huda dibawa sampai mati.

Ia mengembuskan napas terakhirnya saat membela Persela pada tahun 2017 lalu. Lengkap dengan jersey kebanggaan, Huda wafat di depan ribuan pendukungnya di stadion Surajaya. Nomor punggung 1 yang menjadi milik sang kapten pun kini dipensiunkan untuk menghormati jasa-jasanya.

Bagi sebagian orang, sepak bola mungkin hanya permainan atau hiburan. Tapi bagi para pemain, olahraga ini bukan sekadar pekerjaan. Sepak bola adalah tempat mengabdi, bahkan hingga akhir hayat.

Baca Juga: Dua Tahun Wafat, Kapten Persela: Choirul Huda Tak Tergantikan

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya