Bikin Malu, Ini 5 Penjaga Gawang Liverpool yang Pernah Blunder Fatal

Kiper memang masih menjadi momok buat Liverpool

Meski selalu memiliki penyerang-penyerang mematikan, Liverpool adalah salah satu klub yang memiliki semacam trauma dengan penjaga gawang. Betapa tidak, hampir semua penjaga gawang mereka pernah melakukan blunder di pertandingan penting. 

Yang terbaru tentunya adalah Alisson Becker. Saat The Reds butuh tambahan poin untuk kembali ke jalur juara, Becker malah membuat kesalahan yang sangat memalukan. Blunder yang ia lakukan itu pun kian menutup kesempatan mereka mendapatkan gelar Premier League musim ini. 

Berikut adalah 5 kiper Liverpool yang pernah membuat blunder parah.

1. Pepe Reina

https://www.youtube.com/embed/c_qvxx_rUJI

Pepe Reina adalah salah satu kiper terbaik yang dimiliki oleh Liverpool. Menjaga gawang The Reds selama 9 tahun lamanya, kiper asal Spanyol ini mampu menggondol berbagai trofi. Meski begitu, ia juga tak jarang melakukan blunder. Salah satu blunder yang ia lakukan adalah saat menjamu Arsenal 15 Agustus 2010 lalu di ajang Premier League. 

Saat pertandingan tinggal menyisakan beberapa menit, Reina yang mencoba mengantisipasi bola justru menyorongkannya masuk ke dalam gawang. Akibat kesalahan itu, pertandingan berakhir imbang 1-1. 

Pada tahun yang sama, Reina juga menciptakan blunder parah saat mereka bertemu dengan Steau Bucharest di Liga Eropa. Bola yang semestinya bisa dengan mudah ditangkap malah masuk kolong dan membuat skor berubah 1-1. 

2. Loris Karius

https://www.youtube.com/embed/kr-CRaCkX1s

Apa yang dilakukan Reina memang fatal. Namun, kesalahan tersebut belum sebanding dengan blunder milik kiper Loris Karius. Betapa tidak, dalam laga final Liga Champions tahun 2018, ia "memborong" dua blunder sekaligus. Walhasil, The Reds kalah dengan skor 1-3 dari Real Madrid. 

Kesalahan pertama Karius adalah saat ia tak memperhatikan posisi Benzema. Bermaksud mengoper kepada pemain belakang, Karius malah memberikan bola secara gratis kepada striker Real Madrid tersebut. Benzema pun dengan mudah menceploskan bola ke gawang lawan. 

Seakan tak belajar dari kesalahan pertama, Karius mengulang blunder. Kesalahan kedua terjadi saat ia gagal mengantisipasi tendangan Gareth Bale dan malah membuat bola masuk ke gawang.

3. Adrian San Miguel

https://www.youtube.com/embed/SyqLtjcZ14Q

Setahun berselang, kesalahan hampir serupa dibuat oleh kiper Liverpool Adrian San Miguel. Blunder itu ia buat saat Liverpool bersua dengan Atletico Madrid di babak 16 besar Liga Champions. Bermaksud memberikan umpan kepada kawannya, bola dari Adrian malah sampai kepada pemain Atletico Madrid. Pertandingan sendiri berakhir 3-2 untuk Ateltico Madrid. 

Baca Juga: 4 Kenangan Manis Liverpool Saat Menghadapi Klub Jerman

4. Simon Mignolet

https://www.youtube.com/embed/nCpAksObPeA

Kiper Liverpool selanjutnya yang pernah bikin blunder fatal adalah Simon Mignolet. Beruntung, blunder tersebut dilakukan dalam pertandingan uji coba melawan Sporting Lisbon pada tahun 2019 lalu. Bola sepakan keras Bruno Fernandes yang coba ia tangkap malah berbelok mengenai bagian tubuhnya dan masuk ke gawang. Pada pertandingan ini pun kedua tim harus bermain imbang 2-2. 

5. Alisson Becker (vs Man City)

https://www.youtube.com/embed/j_6iRCcfYu8

Yang terakhir tentu saja kesalahan fatal yang dilakukan oleh Alisson Becker. Kiper asal Brasil tersebut membuat tiga kali blunder dalam sepekan. Dua blunder memalukan ia lakukan saat Liverpool menjamu Manchester City, Senin (8/2/2021) lalu. Menyamai rekor Karius, ia juga membuat dua kali blunder dalam satu pertandingan. Blunder pertamanya pada menit ke-73 memudahkan Ikay Gundogan mencetak golnya yang kedua. Sementara pada menit ke-76 giliaran Raheem Sterling yang mampu memanfaatkan kesalahan Becker. Pertandingan malam itu pun berakhir 4-1 untuk kemenangan Manchester City. 

6. Alisson Becker (vs Leicester City)

https://www.youtube.com/embed/geqfl5yQyYE

Belum reda makian para fans, Alisson kembali mengulanginya saat bertandang ke Leicester City, lima hari setelahnya. Bermaksud menghalau umpah jauh pemain Leicester, ia pun keluar dari kota penalti. Sayang, tendangannya tak mengenai bola. Dari arah yang sama muncullah Jamie Vardy yang dengan mudah menceploskan bola dan membuat kedudukan Leicester yang awalnya tetinggal berbalik unggul 2-1.

Apes bagi Liverpool, gol itu membuat mental mereka down dan kembali kebobolan di pengujung laga. Pertandingan pun berakhir dengan skor 3-1 untuk Leicester City.

Bagaimanapun, sehebat apapun seorang kiper, blunder adalah sesuatu yang bisa saja terjadi jika mereka hilang konsentrasi. Selain memutus rantai juara 30 tahun sekali, Liverpool rasanya punya PR besar, yaitu mencari kiper yang anti blunder.

Baca Juga: 5 Kiper Terbaik di LaLiga Musim 2020/2021, Salah Satunya Kiper Sevilla

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya