Gantung Sepatu, 5 Bintang Serie A Ini Pilih Jadi Petinggi Klub

Mereka bermain bola dari "balik meja"

Pensiun dari dunia sepak bola bukan berarti harus meninggalkan semua hal yang berhubungan dengan si kulit bundar. Beberapa pemain profesional yang sudah gantung sepatu pun tetap menjalani kesibukannya dari pinggir lapangan bola. Tak hanya sebagai pelatih, beberapa dari mereka bahkan kini menjadi petinggi klub.

Inilah 5 mantan bintang Serie A Italia yang memilih bermain bola dari balik meja.

1. Pavel Nedved

Gantung Sepatu, 5 Bintang Serie A Ini Pilih Jadi Petinggi KlubInstagram.com/nedved__official

Penggemar sepak bola Italia, terutama Juventus pasti tak asing dengan gelandang satu ini. Pria 48 tahun yang identik dengan rambut pirang gondrong tersebut adalah penyerang andalan "Si Nyonya Tua". Hingga pensiun pada tahun 2009 lalu, Nedved mampu mencetak 51 gol bagi Juventus.

Setelah memutuskan untuk gantung sepatu, Nedved sebenarnya sempat bergabung dengan tim amatir asal Ceko bernama Skalna. Namun, hal itu tak berlangsung lama. Setahun setelahnya ia ditawari menjadi direktur di Juventus. Dilansir dari Goal.com, posisi itu ditempatinya hingga 2015 sebelum ia akhirnya ditunjuk menjadi Wakil Presiden klub hingga saat ini.

2. Fransesco Totti

Gantung Sepatu, 5 Bintang Serie A Ini Pilih Jadi Petinggi KlubInstagram.com/francescototti

"Pangeran Roma". Itulah julukan yang diberikan oleh Romanisti kepada mantan kapten mereka, Fransesco Totti. Julukan itu rasanya tak berlebihan karena Totti merupakan satu dari sedikit pemain bola yang memilih untuk menjadi "One Man One Club". Selama berkarir di sepak bola profesional sejak tahun 1992, ia tak pernah sekalipun berpaling dari AS Roma. 

Ia kemudian menutup kisah manisnya saat akhirnya gantung sepatu di stadion Olympico, kandang AS Roma pada 2017 lalu. Secara total, ia mencatat 250 gol untuk sang Serigala di berbagai ajang. Setelah pensiun, seperti dikutip dari BBC, Totti sebenarnya sempat masuk dalam jajaran direksi AS Roma hingga tahun 2019. Sayangnya, ia kemudian memilih mundur karena ada ketidakcocokan dengan pemilik klub. Totti sendiri kini sedang menekuni profesi sebagai agen pemain.

3. Javier Zanetti

Gantung Sepatu, 5 Bintang Serie A Ini Pilih Jadi Petinggi KlubInstagram.com/javierzanetti

Jika Roma punya Totti, Inter Milan juga memiliki pemain kesayangan yaitu Javier Zanetti. Pemain asal Argentina ini semasa hidupnya merupakan contoh bagi pemain lainnya, baik di dalam maupun luar lapangan. Setelah 19 tahun berseragam Inter Milan, Zanetti pun memutuskan untuk gantung sepatu pada tahun 2014.  Ia pun langsung ditawari posisi sebagai direktur oleh Presiden Klub, Erick Thohir. Karirnya terus melejit dan kini pun menjabat sebagai Wakil Presiden Inter Milan.

Baca Juga: 6 Legenda Belanda yang Sukses Merumput di Premier League, Mengesankan!

4. Paolo Maldini

Gantung Sepatu, 5 Bintang Serie A Ini Pilih Jadi Petinggi KlubInstagram.com/paolomaldini

Mantan bintang Serie A lain yang kini menjabat sebagai petinggi klub adalah mantan bek AC Milan Paolo Maldini. Maldini yang juga bergelar "One Man One Club" ini akhirnya masuk ke dalam jajaran direksi usai menyatakan gantung sepatu 2009 lalu. Ia sempat menjadi Direktur Pengembangan AC Milan sebelum akhirnya kini menjadi Direktur Teknik.

5. Ronaldo Nazario

Gantung Sepatu, 5 Bintang Serie A Ini Pilih Jadi Petinggi KlubInstagram.com/realvalladolid

Selain Zanetti bintang Inter Milan lain yang kini menjabat sebagai petinggi klub adalah mantan striker mereka, Luis Nazario Ronaldo. Pemain Brazil itu sejak 2018 lalu telah resmi menjabat sebagai Presiden Klub asal Spanyol, Real Valladolid. Dikutip dari Eruor Sport, penyerang yang sempat terkenal dengan potongan rambut kuncung saat Piala Dunia 2002 itu mengambil alih saham mayoritas dari Presiden Valladolid yang lama dengan nilai 30 juta Euro.

Keputusan ini sebenanrnya bukan hal yang baru bagi Ronaldo. Sebelumnya, ia juga sempat menjadi pemilik 20 persen saham klub asal Amerika, Fort Lauderdale Strikes.

Sepak bola memang bukan lagi sekadar profesi. Beberapa mantan bintang Serie A ini membuktikan bahwa sepak bola adalah jalan hidup bagi mereka.

Baca Juga: Foto Legenda-legenda PSMS Harus Menghiasi Dinding Stadion Teladan

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya