Comscore Tracker

"Dipaksa" Pindah Posisi oleh Indra Sjafri, 5 Pemain Ini Makin Moncer

Pelatih yang terkenal suka bereksperimen

Pelatih Tim Nasional U-22, Indra Sjafrie bisa dibilang sebagai salah satu juru taktik tersukses di Indonesia. Namanya mulai melambung saat membawa timnas menjuarai Piala AFF 2013. Tangan dinginnya kembali membuahkan hasil setelah meloloskan Evan Dimas dan kawan-kawan ke Piala Asia U-19 2014. Terbaru, ia juga berhasil menjadi kampiun pada gelaran AFF U-22 tahun lalu. 

Selain blusukan ke pelosok daerah untuk mencari pemain muda potensial, Indra juga dikenal sebagai pelatih yang suka bereksperimen. Ia kerap meminta pemainnya untuk mencoba posisi baru secara permanen.

Pergeseran posisi dalam sepak bola memang hal yang biasa terjadi. Namun, jika tak dilakukan dengan perhitungan yang cermat, langkah ini bisa jadi bumerang.

Berikut adalah 5 pemain yang "dipaksa" berubah posisi namun sukses menjalankan perannya oleh coach Indra Sjafri.

1. Muhammad Rafli

Dipaksa Pindah Posisi oleh Indra Sjafri, 5 Pemain Ini Makin MoncerStriker Timnas U-22, M Rafli. Dokumentasi PSSI

Ketajaman Rafli mulai menyita perhatian saat mengikuti Merlion Cup di Singapura beberapa waktu lalu. Ia menjadi top scorer dengan tiga gol di ajang tersebut. Hal ini cukup mengejutkan lantaran striker merupakan posisi barunya di Timnas. Di klubnya, Arema, Rafli sebenarnya bermain pada posisi gelandang. 

Indra mengatakan bahwa perubahan posisi yang dilakukan terhadap Rafli sudah mempertimbangkan berbagai hal. Selain potensi, Indra mengaku ingin mengembalikan posisi Rafli yang sempat berperan sebagai striker saat masih bermain di level junior.

2. Asnawi Mangkualam Bahar

Dipaksa Pindah Posisi oleh Indra Sjafri, 5 Pemain Ini Makin MoncerInstagram.com/asnawi_bhr

Siapa sangka bahwa penampilan apik Asnawi di lini belakang juga tak lepas dari hasil eksperimen Indra. Pemain PSM Makassar tersebut dulunya ternyata seorang gelandang. Menurut Indra, perpindahan Asnawi didahului dengan psikotes dan pantauan atas potensi sang pemain. 

Kini, Asnawi pun menjadi pilihan utama di SEA Games. Meski bertugas menjaga lini pertahanan, Asnawi juga kerap naik membantu penyerangan.

3. Rachmat Irianto

Dipaksa Pindah Posisi oleh Indra Sjafri, 5 Pemain Ini Makin MoncerInstagram.com/rachmatirianto

Pemain lain yang penampilannya justru moncer saat berpindah posisi adalah Rachmat Irianto. Oleh Indra, Rachmat yang di klubnya, Persebaya merupakan bek tengah ini diminta menjadi gelandang.

Hasilnya, putra dari Bejo Sugiantoro itu tampil cemerlang dan menambah pilihan di lini tengah. Sebelum mengubah posisi Rachmat, Indra mengaku sudah berkomunikasi dengan Persebaya selam tiga bulan. Setelah melihat kualitas Rachmat di posisinya yang baru, Indra yakin Rachmat akan jadi legenda seperti sang ayah.

Baca Juga: Spesialis Pembantai, Ini Deretan Kemenangan Besar Indra Sjafri

4. Osvaldo Haay

Dipaksa Pindah Posisi oleh Indra Sjafri, 5 Pemain Ini Makin MoncerInstagram.com/valdo_haay

Otak-atik posisi pemain timnas yang terbaru dilakukan oleh Indra Sjafri pada gelaran SEA Games 2019. Indra "menyulap" Osvaldo Haay yang merupakan seorang gelandang menjadi seorang striker. Strategi ini sempat dipertanyakan lantaran saat itu Osvaldo hanya menggantikan M. Rafli yang harus keluar lantaran cedera.

Namun, pria asal Papua itu menjawab keraguan publik sekaligus kepercayaan Indra. Osvaldo kini menjadi top skorer di SEA Games 2019 dengan 7 gol. Jumlah itu bahkan menjadi yang terbanyak jika dibandingkan dengan beberapa striker Indonesia lain di ajang yang sama. 

5. Fadil Sausu

Dipaksa Pindah Posisi oleh Indra Sjafri, 5 Pemain Ini Makin MoncerInstagram.com/fadil14sausu

Saat masih menangani Bali United pada 2015 lalu, Indra juga sempat mengubah posisi Fadil Sausu. Fadil yang merupakan full back kiri "dipaksa" bermain menjadi gelandang. Hasilnya tak sia-sia, ia mampu menjalankan peran tersebut dengan baik. 

Bahkan, hingga saat ini ia pun menjadi pilihan utama di posisi tersebut dan membawa Bali United menjuarai Liga 1 2019.

Baca Juga: Timnas U-22 ke Final Secara Dramatis, Indra: Jalan Tuhan Menuju Emas

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya