Comscore Tracker

Injak Kaki Evan Dimas, Ini Profil Pemain Vietnam Doan Van Hau

Dia ternyata main di Liga Belanda

Laga final cabang sepak bola SEA Games, Selasa malam (10/12) masih menyisakan cerita. Selain kesedihan lantaran Indonesia kembali gagal meraih emas, ada satu hal yang akan selalu diingat oleh warganet Tanah Air. 

Hal tersebut adalah aksi pemain belakang Vietnam Doan Van Hau. Ia terlihat dengan sengaja menginjak kaki gelandang Timnas U-22, Evan Dimas. Walhasil, Evan harus mengalami cedera engkel dan ditandu keluar lapangan. Ketiadaan Evan pun membuat serangan Timnas tak berkembang. Hasilnya, tim asuhan Indra Sjafrie itu kalah 0-3 dan harus puas dengan medali perak. 

Kecewa dengan aksi tak terpuji Van Hau, warganet Indonesia pun menyerbu Instagram pemain bernomor punggung lima tersebut. Mereka melampiaskan kemarahan dengan berbagai umpatan dan sumpah serapah di kolom komentar. Hal itu terus terjadi hingga Rabu pagi (11/12) meski belakang Evan mengaku sudah menerima permintaan maaf sang pemain. 

Lantas siapakah sebenarnya Van Hau? Simak faktanya.

1. Van Hau masih berusia 20 tahun

Injak Kaki Evan Dimas, Ini Profil Pemain Vietnam Doan Van HauBek Vietnam, Doan Van Hau. Instagram.com/doanvanhau_1904

Dikutip dari Transfermarkt Van Hau ternyata masih berusia 20 tahun. Pemain kelahiran 19 April 1999 ini memiliki tinggi 185 sentimeter dan berposisi sebagai bek kiri. Meski bermain di lini belakang, ia semalam mencetak dua gol kemenangan Vietnam.

2. Bermain di liga utama Belanda

Injak Kaki Evan Dimas, Ini Profil Pemain Vietnam Doan Van HauVan Hau saat bermain bersama Heerenven. Instagram.com/doanvanhau_1904

Van Hau ternyata bukan sembarang pemain. Ia kini tercatat sebagai salah satu pemain SC Heerenven, salah satu peserta liga utama Belanda atau Eredivisie. September lalu ia dipinjamkan oleh klubnya, Hanoi FC pada Heerenven hingga Juni 2020. Adapun nilai transfer pemain yang pernah bermain di Hanoi T&T ini adalah €150 ribu atau sekitar Rp2,33 miliar.

Baca Juga: Lakukan Tekel Horor ke Evan Dimas, IG Doan Van Hau Panen Hujatan 

3. Raih Double Winner bersama Hanoi FC

Injak Kaki Evan Dimas, Ini Profil Pemain Vietnam Doan Van HauDoan Van Hau. Instagram.com/doanvanhau_1904

Sebelum dipinjamkan ke Heerenven, penampilan Van Hau juga cukup menjanjikan. Bersama Hanoi FC, ia meriah dua gelar sekaligus tahun 2018 lalu. Dua gelar itu adalah  V League 1 dan Piala Super Vietnam.

4. Sudah tampil bersama Vietnam di Piala Dunia U-20

Injak Kaki Evan Dimas, Ini Profil Pemain Vietnam Doan Van HauDoan Van Hau. Instagram.com/doanvanhau_1904

Van Hau tampaknya menjadi pilihan utama pelatih. Terbukti, di level junior ia sudah tampil di level Piala Dunia U-20 tahun 2017 lalu. Selain itu, ia juga sudah bermain di AFC U-19 saat usianya masih 16 tahun pada 2016. Pada SEA Games 2017 lalu, ia sebenarnya juga sudah dimainkan dan mencetak dua gol. Sayang, saat itu Vietnam tersisih di penyisihan grup.

5. Jadi nominasi pemain muda terbaik AFC tahun 2019

Injak Kaki Evan Dimas, Ini Profil Pemain Vietnam Doan Van HauBek Vietnam, Doan Van Hau. Instagram.com/doanvanhau_1904

Tahun 2019 tampaknya akan menjadi tahun yang spesial bagi Van Hau. Selain mendapat kesempatan bermain di Belanda, ia juga dinominasikan sebagai pemain muda terbaik AFC tahun 2019. 

Van Hau masuk dalam nominasi bersama Hiroki Abe dari Jepang, yang baru-baru ini dipinang Barcelona. Nama lain adalah pemain Korea Selatan, Lee Kang-In yang lulus ke tim La Liga tim utama Valencia.

Dikutip dari Fox Sport, Van Hau dianggap berperan penting selama kualifikasi Piala Dunia. Vietnam bahkan mampu mengalahkan Uni Emirat Arab (UEA) Vietnam kini memimpun sementara di Grup G dengan 3 kemenangan dan 1 imbang. Penghargaan ini sendiri akan diumumkan di Hong Kong meski waktu pengumumannya belum pasti.

Baca Juga: Koleksi 7 Gol, Osvaldo Haay Pimpin Daftar Top Skor SEA Games 2019

Kuncoro Photo Community Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You