Comscore Tracker

5 Fakta Unik St Albans City, Klub Inggris yang Disponsori Band Rock

Nama grup band itu menjadi sponsor utama di jersey mereka

Kebayang gak, ada jersey klub sepak bola Indonesia terus tulisan di dadanya "Kangen Band" atau "Setia Band"? Aneh kan? Tapi itulah yang terjadi di Inggris. Sebuah grup band bernama Enter Shikari menjadi sponsor utama klub St Albans City FC sejak Agustus 2020 lalu.

Klub divisi 6 yang bermarkas di Hertfordshire ini pun memajang nama Enter Shikari pada jersey mereka untuk musim 2020/2021. Wah kok bisa ya? Begini ceritanya.

1. St Albans City dan Enter Shikari berasal dari daerah yang sama

5 Fakta Unik St Albans City, Klub Inggris yang Disponsori Band RockTwitter.com/ENTERSHIKARI

Bukan tanpa alasan Enter Shikari menjadi sponsor utama. Baik Enter Shikari maupun St Albans City berasal dari kota yang sama, yaitu Hertfordshire. Terlebih para pemain band tersebut juga menggemari sepak bola. 

"Saat tumbuh dewasa saya sangat menyukai dua hal, sepak bola dan musik," kata pemain bass dan vokalis Chris Batten seperti ditulis oleh BBC. Menurutnya, kerjasama ini akan memudahkan band tersebut dalam memperlebar jaringan komunitasnya. "Kami pun sangat bangga dengan kerja sama ini."

2. Pihak klub mengaku sangat senang dengan kerja sama ini

5 Fakta Unik St Albans City, Klub Inggris yang Disponsori Band RockTwitter.com/ENTERSHIKARI

Sebaliknya, pemilik klub, Lawrence Levy juga mengapresiasi band tersebut. Menurut dia, kerja sama ini akan sangat menguntungkan klubnya. "Kami tahu bahwa Enter Shikari akan meningkatkan semangat kami untuk lebih sehat dan bergaya hidup kaum seperti anak muda," ujarnya. 

Ia menambahkan, musik dan sepak bola memiliki sejak lama memiliki kepribadian yang sama. Apalagi empat anggota band tersebut juga lahir dan besar di tempat yang sama dengan St Albans. "Kami memiliki platform yang bagus untuk bekerja sama untuk membawa efek positif bagi para pemuda di distrik kami," ujar Levy seperti dikutip dari Stalbansreview.

3. Jersey mereka banyak diburu oleh fans St Albans maupun Enter Shikari

5 Fakta Unik St Albans City, Klub Inggris yang Disponsori Band RockTwitter.com/ENTERSHIKARI

Kerja sama anti mainstream ini pun mulai menuai hasil. Jersey unik mereka yang dibanderol 45 poundsterling atau sekitar Rp854 ribu itu banyak diburu para fans dari kedua belah pihak. Bahkan, dalam Twitternya, Enter Shikari menyebut sampai harus restock alias menyetok ulang karena habis. 

Selain sponsor baru, jersey tersebut juga menggunakan lambang baru klub. Logo baru mereka bergambar perisai Romawi yang dihiasi dengan gambar Biara St Albans.

Baca Juga: 5 Pemain yang Mengakhiri Karier di Klub Masa Kecilnya, Legenda Klub!

4. St Albans City berpeluang naik kasta musim ini

5 Fakta Unik St Albans City, Klub Inggris yang Disponsori Band RockTwitter.com/The National League

Kedua pihak sendiri saat ini masih berjuang di bidang masing-masing. Musim lalu, St Albans City finis ke-19 di National League South. Meski tak pernah terdengar di kancah tertinggi sepak bola Inggris, klub ini sebenarnya sudah berdiri sejak 1908. Sayang, mereka hanya berkutat di divisi amatir.

Meski begitu, musim ini mereka berpeluang naik kasta. St Albans berada di posisi 3 wilayah selatan. Dari 11 kali bertanding, mereka mengantongi 27 poin. Angka ini hanya terpaut dua poin dari pemuncak klasemen. Apalagi, St Albans City memiliki dua pertandingan lebih banyak.

5. Enter Shikari merupakan band yang berdiri tahun 1999 dengan berbagai penghargaan

5 Fakta Unik St Albans City, Klub Inggris yang Disponsori Band Rockwhtimes.co.uk

Berbeda dengan St Albans City, Enter Shikari adalah band lokal dengan berbagai penghargaan. Mereka juga baru saja merilis albumnya berjudul Nothing Is True & Everything Is Possible. Bahkan sebenarnya mereka sudah merencanakan tur promosi di Inggris dan Eropa pada akhir tahun 2020 lalu. Sayang, pandemik COVID-19 membuat grup band rock yang berdiri tahun 1999 itu pun harus merombak rencana mereka. 

Musik dan sepak bola adalah dua kombinasi yang luar biasa. Sama-sama banyak menyedot perhatian publik, jika diatur dengan baik, akan sama-sama menguntungkan. Mungkin gak ya di Indonesia bisa kaya gini, Persija dengan d'Massive, atau Persib dengan Kahitna, misalnya.

Baca Juga: 6 Klub Ini Ternyata Pernah Menjuarai Divisi Utama Liga Inggris

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya