Moncer, 5 Jebolan Bundesliga Ini Raih Berbagai Penghargaan di Inggris

Bundesliga emang pabriknya pemain dan pelatih di Inggris 

Diakui atau tidak, Liga Inggris merupakan salah satu kompetisi paling bergengsi di dunia saat ini. Pemain-pemain jempolan berkumpul jadi satu di negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Tapi jangan salah. Di balik kecemerlangan klub-klub liga Inggris, ada Liga Jerman alias Bundesliga yang menjadi penyuplai utama. Hal itu setidaknya terlihat dari musim ini. Hampir semua gelar terbaik di sana diraih oleh pemain dan pelatih jebolan Bundesliga. 

Ini dia, 5 pemain dan pelatih jebolan Bundesliga yang mendapat penghargaan paling bergengsi di Premier League.

1. Golden Boot alias pencetak gol terbanyak diraih oleh Son Heung-min yang sebelumnya bermain untuk Bayer Leverkusen

Moncer, 5 Jebolan Bundesliga Ini Raih Berbagai Penghargaan di InggrisSon Heung-min (facebook.com/HeungMinSonOfficial)

Nama pertama yang menjadi sorotan adalah penyerang Tottenham Hotspurs asal Korea Selatan, Son Heung-min. Pemain yang berusia 29 tahun ini berhasil mencetak rekor sebagai pemain Asia pertama yang menjadi top scorer di Liga Inggris. Bersanding dengan Mo Salah, Son mampu mencetak 23 gol dan 9 assist dari 35 pertandingan. 

Son sendiri merupakan alumnus Bundesliga. Ia didatangkan Spurs dari Bayer Leverkusen pada tahun 2015 dengan mahar sebesar 30 juta Euro atau sekitar Rp464,05 miliar. Tren penampilannya pun semakin menanjak tiap tahunnya.

Sebelum meraih gelar pencetak terbanyak di Liga Inggris, Son juga pernah diganjar pencetak gol terbaik versi FIFA alias Puskas Award pada tahun 2020.

2. Player of the Season diraih Kevin De Bruyne yang merupakan jebolan VfL Wolfsburg

Moncer, 5 Jebolan Bundesliga Ini Raih Berbagai Penghargaan di InggrisKevin de Bruyne (instagram.com/kevindebruyne)

Selanjutnya ada nama penyerang Manchester City, Kevin de Bruyne. Selain membawa City menjuarai Premier League, pemain asal Belgia ini juga ditahbiskan sebagai pemain terbaik alias Player of the Season. Penampilan Bruyne memang tak main-main. Ia mampu mencetak 15 gol dari 30 pertandingan yang ia lakoni. 

Bruyne didatangkan bersama dengan Son pada musim yang sama, yaitu 2015/2016. Ia dipinang dari klub Bundesliga, VfL Wolfsburg. Pantas City kepincut. Selama di Wolfsburg, ia mampu mencetak 20 gol. 

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Manchester City yang Diboyong dari Klub Bundesliga

3. Penentu juara City, Ikay Gundogan sebelumnya adalah pemain Borussia Dortmund

Moncer, 5 Jebolan Bundesliga Ini Raih Berbagai Penghargaan di InggrisIkay Gundogan. (instagram.com/ilkayguendogan)

Apa jadinya jika Ikay Gundogan tak mencetak gol ke gawang Aston Villa pada pertandingan terakhir? Jawabannya, City tentu saja tak akan menjadi juara musim ini. Maklum, sebab di pertandingan lainnya Liverpool sudah unggul 3-1 atas Wolverhampton Wonderers.

Gol keduanya di menit 81 membuat City unggul 3-2 dan memastikan mereka marih gelar juara. Ia pun didapuk sebagai Man of The Match pada pertandingan terakhir tersebut.

Tentu saja, Gundogan adalah jebolan Bundesliga. Pria berkebangsaan Jerman ini memang sejak kecil sudah bermain untuk beberapa klub Jerman. Klub terakhirnya sebelum pindah ke Manchester City adalah Borussia Dortmund.

4. Pep Guardiola, mantan pelatih Munich yang akhirnya sukses bersama City 

Moncer, 5 Jebolan Bundesliga Ini Raih Berbagai Penghargaan di InggrisPep Guardiola (instagram.com/mrpepguardiola)

Masih dari Manchester City. Selanjutnya ada nama pelatih mereka Pep Guardiola yang diganjar sebagai pelatih terbaik alias Coach of The Season. Wajar saja, ini adalah gelar juara keempatnya bersama Manchester City sejak melatih tahun 2016. Praktis selama melatih City, ia hanya kehilangan satu gelar, tepatnya di musim 2019/2020. 

Sebelum di City, Pep adalah juru taktik tersukses di Bundesliga. Ia mampu menghadirikan tiga trofi pada Bayern Munich secara beruntun sejak musim 2013/2014. 

5. Jurgen Klopp sukses di Inggris setelah berhasil bersama Dortmund

Moncer, 5 Jebolan Bundesliga Ini Raih Berbagai Penghargaan di InggrisJurgen Klopp (instagram.com/juergenklopp_)

Terakhir, ada nama Jurgen Klopp. Manager berusia 54 tahun ini memang tak memenangi gelar Premier League. Tapi jangan salah. Bersama Liverpool, Klopp mampu menyandingkan gelar FA Cup dan Piala Liga alias Carabao Cup musim ini. Ia bahkan hampir saja meraih gelar Liga Champions keduanya bersama The Reds andai tak ditaklukkan Real Madrid di final.

Klopp sendiri didatangkan Liverpool dari klub Bundesliga, Borussia Dortmund pada musim 2015. Di Dortmund, Klopp mengantongi berbagai gelar klub dan personal. Yang paling menonjol tentu saja saat mereka mampu dua kali juara secara beruntun alias back to back pada musim 2010/2011 dan 2011/2012. Bahkan, pada tahun 2012 ia mampu mengawinkan gelar juara liga dan Piala Liga alias DFB-Pokal.

Itu tadi 5 pemain dan pelatih jebolan Bundesliga yang bersinar di Inggris musim ini. Siapa lagi ya?

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak ke Gawang Klub Liga Inggris di Liga Champions

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya