Hobi Bikin Rusuh, 5 Kericuhan yang Melibatkan Jordi Alba

Bahkan ia pernah mengancam potong kepala jurnalis

Bek kanan Barcelona, Jordi Alba tengah menjadi sorotan. Ia baru saja berseteru dengan pemain Sevilla, Jules Kounde.

Kericuhan itu terjadi pada Selasa (21/12/2021) saat Barcelona ditahan imbang Sevilla. Kejadian bermula saat Kounde berebut bola di tepi lapangan dengan Alba. Perebutan itu diwarnai aksi dorongan dari Alba. Tak terima, Kounde pun langsung mengambil bola yang telah keluar dan melemparkannya kepada Alba. Pemain Timnas Spanyol itu jatuh sambil memegangi wajahnya. Walhasil, Kounde pun mendapat kartu merah dari wasit. 

Bukan kali ini saja Alba menjadi lakon dari keributan di lapangan hijau, berikut adalah 5 kericuhan yang melibatkan Jordi Alba. 

1. Berseteru dengan Mbappe, Alba bahkan diancam dibunuh

Hobi Bikin Rusuh, 5 Kericuhan yang Melibatkan Jordi AlbaKylian Mbappe (mirror.co.uk)

Salah satu kericuhan yang paling menyedot perhatian publik adalah saat ia berseteru dengan bintang Paris Saint Germain (PSG), Kylian Mbappe. Peristiwa itu bermula saat  Barcelona bertemu PSG pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Camp Nou, Selasa (16/2/2021).

Peristiwa terjadi saat Mbappe hendak melakukan sepak pojok. Namun, ia merasa terganggu dengan kawalan Sergino Dest. 

"Jangan sentuh saya," ujar Mbappe. Bermaksud membela Dest, Alba melontarkan ucapannya. "Dia sudah meminta maaf. Sini lihat KTP anda. Anda telah bersikap arogan," ucapnya.

Mbappe pun marah. Stasiun televisi Spanyol Deportes Cuatro, menyebut Mbappe melontarkan ancaman kepada Alba dalam bahasa Spanyol. "Di jalanan, saya akan membunuhmu," kata Mbappe.

2. Mengancam akan memenggal kepala seorang jurnalis saat Piala Dunia 2014

Hobi Bikin Rusuh, 5 Kericuhan yang Melibatkan Jordi AlbaJordi Alba (instagram.com/jordialbaoficial)

Ulah kontroversial lainnya yang dilakukan oleh Alba adalah saat memperkuat Spanyol pada Piala Dunia 2014. Usai mengalahkan Australia 3-0, ia berjalan menuju ke area wartawan. Saat itu, tanpa ada sebab apapun ia melontarkan sebuah ancaman kepada jurnalis bernama Javier Gómez Matallanas.

"Lain kali saya akan memenggal kepalamu."

Matallanas pun terkejut dengan ujaran tersebut. Belum terjawab keterkejutan tersebut, Alba kembali melontarkan ancamannya. "Ya, ya, lain kali, saya memperingatkan Anda."

Alba kembali menyerang Matallanas saat mereka hendak naik pesawat pulang. Sementara Matallanas sendiri mengaku belum menulis apa pun tentang dia.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Menggantikan Jordi Alba di Barcelona, Siapa Saja?

3. Alba dengan iseng mencolek wajah Joao Felix dan membuatnya marah

Alba kembali jadi lakon dalam keributan di dalam lapangan. Kali ini terjadi saat laga Barcelona vs Atletico Madrid Januari tahun 2020 lalu. Keributan bermula saat pemain Atletico Joao Felix dicolek oleh Jordi Alba di bagian wajahnya. Karena kesal, Felix pun menepis tangan Alba. Setelah Alba, Felix kembali ribut dengan Lionel Messi.

4. Alba dianggap mengacungkan jari tengah ke arah fans Real Madrid

Hobi Bikin Rusuh, 5 Kericuhan yang Melibatkan Jordi Albadok.YouTube/Canal+

Tak cuma dengan pemain di lapangan, Jordi Alba juga punya rekam jejak buruk dengan para pendukung tim lawan. Saat Barcelona melawat ke kandang Real Madrid 2013 lalu, Alba sempat terekam kamera mengacungkan jarinya ke arah tribun fans Real Madrid usai Lionel Messi mencetak gol penyama Barcelona 1-1 di menit ke-18 . 

Aksi itu pun mendapat respons dari para fans dengan membalas acungan jari tengah. Namun, Alba belakangan membantahnya. Bantahan Alba juga didukung oleh rekaman dari sudut kamera lain yang menunjukkan ia hanya mengacungkan jari telunjuk. Meski begitu, fans Madrid sudah terlanjur marah. 

5. Acungkan jari tengah pada fans Real Sociedad

Hobi Bikin Rusuh, 5 Kericuhan yang Melibatkan Jordi AlbaJordi Alba (instagram.com/jordialbaoficial)

Insiden serupa kembali terjadi saat Barcelona menaklukkan Real Sociedad 4-2 pada 14 Januari 2018 lalu. Saat itu ia dengan jelas tertangkap kamera mengacungkan jari tengah ke arah suporter. Ia pun mengakuinya dan langsung meminta maaf. 

"Jika saya menyinggung siapa pun maka saya minta maaf. Saya seperti itu di lapangan. Mereka mengatakan segala macam hal kepada saya dan saya menganggapnya sebagai bagian dari tontonan. Saya tidak bermaksud mengganggu siapa pun," ujarnya. 

Waduh, iseng banget ya pemain ini. Untung ia jadi langganan Timnas Spanyol. 

Baca Juga: 5 Pemain Andalan Barcelona pada Musim 2020/2021, Messi hingga Alba

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya