Tepis Penalti Dramatis, 4 Kiper Ini Antarkan Negaranya ke Piala Dunia

Mereka menepis penalti di momen penentuan!

Sepak bola memang bukan cuma soal menyerang. Keberhasilan sebuah tim juga ditentukan dari bagaimana mereka bertahan, termasuk juga kemampuan sang penjaga gawang. Tak sedikit kiper di dunia berhasil membuktikan diri sebagai pahlawan bagi negaranya. Bahkan, penyelamatan yang mereka lakukan mampu mengantarkan timnya ke pentas tertinggi, yaitu Piala Dunia.

Luar biasa, ini dia 4 kiper di dunia yang mampu mengantarkan negaranya setelah menepis penalti di detik-detik akhir.

 1. Mark Schwarzer, pada kualifikasi Piala Dunia 2006

Tepis Penalti Dramatis, 4 Kiper Ini Antarkan Negaranya ke Piala DuniaMark Schwarzer (instagram.com/ilpalloneracconta)

Penjaga gawang Timnas Australia, Mark Schwarzer menjadi pahlawan bagi negaranya dalam kualifikasi Piala Dunia 2006. Kiper yang kala itu berseragam Middlesbrough tersebut mampu mengantarkan Australia ke Piala Dunia.

Australia yang saat itu masih berada di bawah naungan Oceania Football Confederation (OFC) harus menyingkirkan Uruguay dalam babak play off demi mengunci satu tiket tersisa. Kedua tim sebelumnya sudah memainkan laga tandang kandang yang berakhir dengan skor kemenangan masing-masing 1-0. 

Akhirnya, pada leg kedua yang dilangsungkan di Australia, pertandingan pun harus diakhiri dengan adu tendangan penalti. Di momen inilah Schwarzer menjadi pahlawan. Ia mampu menepis dua tendangan pemain Uruguay, yaitu Dario Rodriguez dan Marcelo Zalayeta.

Tim asuhan Guus Hiddink itu pun lolos ke Piala Dunia untuk kedua kalinya.

2. Edouard Mendy, pada kualifikasi Piala Dunia 2022

Tepis Penalti Dramatis, 4 Kiper Ini Antarkan Negaranya ke Piala DuniaEduardo Mendy (instagram.com/edou_mendy)

Cerita dramatis juga terjadi di Afrika. Dua wakil mereka, yaitu Senegal dan Mesir harus saling 'bunuh' untuk merebut satu tiket Piala Dunia 2022. Dua negara yang diperkuat oleh bintang Liverpool Sadio Mane dan Mo Salah ini pun memainkan laga penentuan melalui skema kandang tandang.

Kemenangan 1-0 Mesir dibalas dengan oleh Senegal dengan skor yang sama pada leg kedua. Walhasil, laga pun harus dilanjutkan dengan adu tendangan penalti. Pada babak ini, kiper Senegal yang bermain untuk Chelsea, Edouard Mendy menjadi pahlawan.

Mendy mampu menepis penendang keempat Mesir, Mostafa Mohamed. Senegal akhirnya berhasil lolos ke Piala Dunia setelah penendang terakhir mereka, Sadio Mane berhasil memasukkan bola ke gawang. 

Baca Juga: 10 Potret Andrew Redmayne, Pahlawan Australia Menuju Piala Dunia 2022

3. Andrew Redmayne, pada kualifikasi Piala Dunia 2022

Cerita manis kembali diukir Australia dalam play off Piala Dunia 2022. Mereka lolos ke putaran final Piala Dunia setelah mengalahkan Peru pada babak penentuan. Tiket itu mereka raih dengan susah payah setelah hanya bermain 0-0 pada waktu normal.

Pertandingan hidup mati ini pun harus diakhir dengan babak adu penalti. Jika pada tahun 2006 mereka punya Mark Schwarzer, tahun ini mereka memiliki penjaga gawang bernama Andrew Redmayne yang jadi penyelamat.

Redmayne sendiri sebenarnya bukan penjaga gawang utama. Ia baru masuk menggantikan penjaga utama Mathew Ryan pada menit ke 120. Dan pergantian ini pun sukses besar. Penjaga gawang milik klub Sydney FC ini mampu menepis tendangan terakhir Peru yang dilesatkan oleh Alex Valera.

Tepisan ini pun mengantarkan Australia ke putaran final Piala Dunia yang akan digelar di Qatar November nanti.

4. Yann Sommer, pada kualifikasi Piala Dunia 2022

Tepis Penalti Dramatis, 4 Kiper Ini Antarkan Negaranya ke Piala DuniaYann Sommer.(instagram.com/ysommer1)

Tak cuma di babak adu penalti, kisah kepahlawanan penjaga gawang juga ada di pertandingan waktu normal. Salah satunya ditorehkan oleh kiper Timnas Swis, Yann Sommer. Ia menjadi pahwalan saat berhasil membawa Swis lolos dari grup maut yang juga diisi oleh Italia, Bulgaria, Irlandia Utara, dan Lithuania.

Bayangkan saja, dia dua kali menepis dua tendangan penalti dari salah satu negara terkuat di grup tersebut, yaitu Italia. Tak sekali, Sommer menggagalkan dua tendangan penalti Italia.

Tepisan pertama ia lakukan saat Italia bertandang ke Swis 5 September lalu. Tendangan dari pemain Chelsea, Jorginho ia gagalkan dan membuat pertandingan berakhir imbang 0-0.

Sebulan berselang, Swis kembali bertemu Italia pada leg kedua. Hingga menit 90+4 pertandingan berjalan imbang 1-1. Petaka bagi Swis terjadi pada menit 90+5 saat Italia mendapat hadiah penalti. 

Dan drama pun berulang. Sommer kembali harus berhadapan dengan Jorginho di kotak penalti. Hasilnya, Sommer kembali mempecundangi Jorginho dengan menepis tendangannya. Gagalnya kesempatan itu pun membuat Italia gagal menduduki posisi teratas klasemen. Sementara Swis menjadi juara grup dan otomatis lolos ke Piala dunia. Italia sendiri kemudian gagal di lolos ke Piala Dunia setelah dikalahkan Makedonia Utara di babak play off.

Itu tadi empat kiper dunia yang mengantarkan timnya menuju Piala Dunia melalui tepisan penalti yang mereka lakukan. Tiga dari empat kiper ini akan berlaga di Piala Dunia 2022, menarik ditunggu apakah tangan mereka masih sakti menepis tendangan penalti?

Baca Juga: 6 Anggota Timnas Prancis Piala Dunia 2010 yang Masih Aktif Berkarier

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya