Ronaldo hingga Maradona, 6 Koleksi Jersey Milik Paus Fransiskus

Ia merupakan sosok yang menggilai bola sejak kecil

Sosok pemimpin katolik dunia, Paus Fransiskus dikenal dekat dengan berbagai kalangan, salah satunya adalah para pemain sepak bola. Ia pun sering menerima kunjungan dari para maestro sepak bola dunia. Dalam kunjungan itu, tak jarang ia mendapat buah tangan berupa jersey milik mereka. 

Berikut adalah koleksi jersey milik Paus Fransiskus dari para pemain top dunia. 

1. Ronaldo

Ronaldo hingga Maradona, 6 Koleksi Jersey Milik Paus FransiskusIbunda Ronaldo memberikan jersey sang anak kepada Paus Fransiskus (instagram.com/doloresaveiroofficial)

Yang terbaru adalah jersey dari pemain Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo. Jersey itu ia dapatkan saat menerima kunjungan Ibunda Ronaldo, Maria Dolores Aveiro pada 10 Februari 2022 lalu.

Dalam unggahannya di Instagram, Maria tampak memberikan jersey Portugal milik anaknya. "Emoção única muito, obrigada @franciscus," tulis Maria,. Kalimat tersebut berarti emosi yang unik, terima kasih Paus. 

2. Lionel Messi

Ronaldo hingga Maradona, 6 Koleksi Jersey Milik Paus FransiskusJersey milik Lionel Messi yang diberikan pada Paus Fransiskus (twitter.com/vaticannews_fr)

Meski mengaku senang mendapat jersey dari Cristiano Ronaldo, Paus Frasiskus sebenarnya adalah seorang fans dari Lionel Messi. Maklum, pria bernama asli Jorge Mario Bergoglio ini berasal dari Argentina. Ia diketahui merupakan fans berat klub lokal Argentina San Lorenzo. 

Paus sendiri sudah mendapat jersey Messi dengan klub barunya, Paris Saint Germain. Jersey itu ia terima dari Perdana Menteri Jean Castex saat mengunjungi bertemu Paus Fransiskus di Vatikan, Senin (18/10/2021).

Sebaliknya, Paus juga pernah memberikan sebuah penghargaan kepada Messi pada 2019. Penghargaan itu diberikan karena Messi dianggap menjadi sosok yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan sepak bola dunia.

3. Diego Armando Maradona

Ronaldo hingga Maradona, 6 Koleksi Jersey Milik Paus FransiskusMaradona saat memberikan jerseynya kepada Paus Fransiskus (Vatican paper L'Osservatore Romano)

Sebagai seorang Argentina, Paus juga sebelumnya sudah memiliki jersey bernomor 10 milik Diego Armando Maradona namun dengan nama Fransisco. Kaus itu ia dapatkan saat sang legenda berkunjung ke Vatikan pada tahun 2014 lalu.

Maradona saat itu datang dalam rangka mempromosikan sebuah kampanye damai di tengah ketegangan di jalur Gaza. 

Kedua tokoh dunia ini pun mengaku saling mengidolakan. Tak heran saat Mardona meninggal pada tahun 2020, Paus pun mengaku sangat sedih.

Baca Juga: Louis Vuitton Rilis Outfit Terinspirasi Jersey American Football

4. Carlos Tevez

Ronaldo hingga Maradona, 6 Koleksi Jersey Milik Paus FransiskusTevez saat memberikan jerseynya pada Paus Fransiskus (Juventus.com)

Pemain lain yang pernah menyambangi Paus Fransiskus dan memberikan jerseynya adalah Carlos Tevez. Mantan striker Timnas Argentina yang kala itu bermain untuk Juventus tersebut bertemu Paus pada 2013. Keduanya bersua untuk membicarakan masalah kemisikinan di Buenos Aires. Maklum, baik Paus maupun Tevez berasal dari ibu kota Argentina tersebut. 

5. Javier Zanetti 

Ronaldo hingga Maradona, 6 Koleksi Jersey Milik Paus FransiskusZanetti saat bertemu dengan Javier Zanetti (the42.ie)

Pemain Argentina lain yang juga memberikan jerseynya kepada Paus Fransiskus adalah Javier Zanetti. Pria yang kini menjabat sebagai petinggi Inter Milan tersebut bertemu dengan Paus pada tahun 2013.

Paus pun mengaku mengidolakan legenda hidup Timnas Argentina tersebut. 

6. Gianluigi Buffon 

Ronaldo hingga Maradona, 6 Koleksi Jersey Milik Paus FransiskusBuffon saat memberikan jerseynya kepada Paus Fransiskus (sportillustrated.com)

Selain Argentina, Paus juga mengoleksi beberapa jersey pemain Italia. Salah satunya adalah milik kiper legendaris, Gianluigi Buffon. Paus menerima jersey tersebut saat Buffon dan Conte menyambanginya pada 21 Mei 2013 di Vatikan. 

Buah tangan itu kemudian dibalas oleh Paus pada Agustus 2013. Ia memberikan Buffon sebuah bola yang telah ia tandatangani. 

Baca Juga: 6 Jenis Jersey Sepak Bola yang Kolektor Wajib Tahu, Catat!

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya