Sibuk, Ini 6 Kompetisi yang Harus Dijalani Bali United Musim Depan

Untung klub kaya, kalau gak mana bisa

Setelah menjuarai Liga 1 musim 2019, Bali United dipastikan akan menjadi tim paling sibuk musim depan. Sebab, mereka harus menjalani enam jenis kompetisi, baik dalam negeri maupun internasional. Tak heran jika mereka langsung bergerak cepat. Beberapa pemain yang dianggap berkontribusi banyak terhadap klub seperti bek William Pacheco diganjar perpanjangan  kontrak.

Perburuan pemain baru pun mereka lakukan dengan cukup agresif. Pemain seperti Hariono, Gavin Kwan, hingga Nadeo Argawinata sudah dipastikan akan merapat ke Bali. Untuk legiun asing, mereka juga sudah resmi mengontrak pemain asal Slovakia, Tomas Simkovic. Mereka disiapkan untuk mengarungi musim panjang dengan 5 kompetisi sekaligus. Berikut adalah kompetisi-kompetisi yang akan diikuti Bali United musim depan.

1. Liga 1 2020

Sibuk, Ini 6 Kompetisi yang Harus Dijalani Bali United Musim DepanInstagram.com/baliunitedfc

Meski belum ada kepastian, Liga 1 2020 direncanakan akan memulai laga awalnya pada Maret 2020 mendatang. Kompetisi ini dipastikan akan menjadi tantangan tersendiri bagi Bali United lantaran jadwalnya sering tak pasti. Selain itu, pelatih juga harus pintar-pintar mengelola stamina para pemainnya yang harus berlaga di 5 kompetisi sekaligus. Belum lagi, Bali United dipastikan akan terusir dari stadion Wayan Dipta karena sedang direnovasi untuk perhelatan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

2. Piala Indonesia

Sibuk, Ini 6 Kompetisi yang Harus Dijalani Bali United Musim DepanInstagram.com/baliunitedfc

Kompetisi kedua yang harus diikuti Bali adalah Piala Indonesia. Kompetisi yang mempertemukan tim dari semua kasta di Indonesia ini juga pasti akan menguras tenaga para pemain. Biasanya, untuk babak awal, klub akan memainkan skuad juniornya. Piala Indonesia 2020 juga belum pasti kapan akan digelar.

3. Play-off Liga Champions Asia

Ini adalah kompetisi terdekat yang harus dihadapi oleh Bali United. Mereka musti melalui babak play-off Liga Champions Asia pada 14 Januari 2020 mendatang. Untuk babak permulaan Bali harus bertandang ke Singapura untuk menghadapi Tampines Rovers. Jika berhasil, mereka sudah ditunggu wakil Australia, Melbourne Victory. 

Apabila dua lawan itu terlewati, Bali masih harus bertemu dengan raksasa Jepang, Kawasaki Frontale sebelum memastikan diri di babak kualifikasi grup Liga Champions Asia.

Baca Juga: Sah! Nadeo Argawinata Jadi Rekrutan Ketiga Bali United!

4. AFC Cup/ Liga Champions Asia

Sibuk, Ini 6 Kompetisi yang Harus Dijalani Bali United Musim DepanInstagram.com/baliunitedfc

Jika berhasil melalui adangan tiga klub itu, Bali United akan menjadi wakil Indonesia di Liga Champions Asia. Bali United akan bergabung dengan Beijing FC, Chiangrai United serta satu jatah klub lagi yang masih diperebutkan oleh wakil dari Hong Kong, Malaysia, atau Korea Selatan.

Sebaliknya, jika gagal mereka akan tetap berlaga di kompetisi kelas dua Asia, yaitu AFC Cup. Ceres-Negros asal Filipina dan Than Quang Ninh dari Vietnam sudah menanti. Satu jatah lagi di grup ini akan diperebutkan oleh pemenang Play-off.

5. ASEAN Club Championship

Sibuk, Ini 6 Kompetisi yang Harus Dijalani Bali United Musim DepanInstagram.com/baliunitedfc

Satu lagi kompetisi internasional yang harus diikuti oleh Bali United adalah ASEAN Club Championship. Kompetisi ini mempertemukan klub-klub jawara dari Asia Tenggara. Ada 10 tim yang akan bersaing pada kompetisi yang pernh digulirkan pada awal tahun 2000an ini. Dua di antaranya adalah Bali United dan Persebaya selaku wakil Indonesia.

6. Piala Presiden

Sibuk, Ini 6 Kompetisi yang Harus Dijalani Bali United Musim DepanInstagram.com/baliunitedfc

Selain kompetisi resmi, Bali United juga harus menghadapi pertandingan pra musim, yaitu Piala Presiden. Kompetisi yang biasanya digulirkan sebelum Liga 1 kick off ini digunakan oleh klub-klub Indonesia untuk menguji coba skuad baru mereka. Namun, hingga saat ini belum ada kabar kapan kompetisi ini akan dimulai. 

Selain stamina, padatnya jadwal juga harus diimbangi dengan kekuatan finansial. Hal ini juga menjadi pertanyaan baru. Seandainya juara Liga 1 adalah klub kecil yang tak sekaya Bali United, apakah mereka bisa melalui semua kompetisi ini?

Baca Juga: Gavin Kwan Adsit, Rekrutan Kedua Bali United setelah Hariono

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya