Comscore Tracker

Kyril Louis-Dreyfus, Jutawan 23 Tahun yang Akan Jadi Bos Sunderland

Dia memang sudah tajir sejak lahir sih

Usia masih muda tapi sudah jadi pemain sepak bola kelas dunia? Itu sih sudah biasa. Gimana kalau masih usia 23 tahun tapi udah jadi pemilik klub di Inggris? Nah, ini baru keren. Itulah yang terjadi pada seorang millennial Prancis bernama Kyril Louis-Dreyfus. Pengusaha muda ini sebentar lagi akan menjadi pemilik Sunderland, klub yang saat ini bermain di kasta ketigaLiga Inggris. 

Siapa sebenarnya pemuda keren nan tajir melintir tersebut? Simak ulasannya.

1. Kyril adalah "anak sultan" yang sudah kaya, bahkan sebelum lahir

Kyril Louis-Dreyfus, Jutawan 23 Tahun yang Akan Jadi Bos SunderlandInstagram.com/kyrillouisdreyfus

Kyril adalah pemuda kelahiran tahun 1997. Sejak kecil, pria Swis ini sudah akrab dengan bisnis olahraga dan sepak bola. Almarhum ayahnya, Robert Louis-Dreyfus merupakan mantan CEO Adidas dan pernah menjadi pemilik klub Prancis Olympique Marseille.

Sang ayah sendiri meninggal pada 2009 karena penyakit Leukimia. Robert tak sekadar jutawan, ia juga mewarisi sebuah bisnis merchant di bidang pertanian hingga transportasi yang berusia lebih dari 100 tahun.

2. Sang ibu adalah perempuan terkaya di Rusia

Kyril Louis-Dreyfus, Jutawan 23 Tahun yang Akan Jadi Bos SunderlandEnnio Leanza/Keystone

Sementara sang ibu, Margarita Bogdanova saat ini juga masih menjadi salah satu pemegang saham Marseille. Bahkan, Bogdanova adalah wanita terkaya di Rusia versi majalah Forbes. Sebagai anak Sultan, Kyril pun disebut mewarisi sepertiga dari kekayaan sang ayah.

Sepeninggal sang suami, ia kini menjadi bos besar dari Louis Dreyfus Company. Margarita menjadi pemegang 69,6 persen saham perusahaan raksasa itu.

3. Keluarga Kyril sempat kuasai saham Marseille selama 10 tahun

Kyril Louis-Dreyfus, Jutawan 23 Tahun yang Akan Jadi Bos SunderlandInstagram.com/kyrillouisdreyfus

Keluarga besar Kyril merupakan pemegang saham mayoritas di Olympique Marseille selama 10 tahun. Mereka baru menjual saham mayoritasnya pada 2016. Saat itu, Kyril menyebut kapok berbisnis sepak bola, bahkan menyebutnya sebagai bisnis busuk. 

Namun, ia akhirnya kembali ke sepak bola dan menerima tawaran dari Sunderland. Ia bahkan menyebut Sunderland adalah "proyek khusus" yang membuatnya kembali tertarik ke dunia bisnis sepak bola. 

“Tapi Sunderland, ini adalah proyek khusus, sungguh. “Di Marseille, kami tidak memiliki Vélodrome, yang menyebabkan banyak masalah bagi kami. Sebaliknya, Sunderland memiliki stadionnya sendiri, dengan kapasitas terbanyak ketujuh di negara itu," ujar Kyril saat diwawancara L'Equipe.

Baca Juga: Sunderland 'Til I Die (EKSKLUSIF): Kisah di Balik Layar

4. Kyril datang ke Sunderland dengan membeli saham milik pemilik mayoritas

Kyril Louis-Dreyfus, Jutawan 23 Tahun yang Akan Jadi Bos SunderlandInstagram.com/kyrillouisdreyfus

Keseriusan Kyril sendiri membeli Sunderland dibuktikannya dengan memborong 74 persen saham pemilik mayoritas, Stewart Donald. Kini ia masih menunggu persetujuan dari pengelola liga. Jika itu diberikan, Kyril akan menjadi pemegang saham mayoritas klub League One.

“Pertama, saya ingin berterima kasih kepada Stewart Donald atas integritas dan kewajarannya selama tiga bulan terakhir, yang telah membuat saya memiliki kesempatan untuk mengambil alih saham pengendali di AFC Sunderland,” kata dia seperti dikutip dari The Guardian.

Ia pun berjanji akan menjaga masa depan klub, membuat tim yang menghibur untuk ditonton, serta menghubungkan kembali tim dengan basis penggemarnya.

“Di tengah pandemik global, kita semua harus menyadari situasi sulit klub saat ini dan tantangan yang kita hadapi di bulan-bulan mendatang. Namun, saya sangat yakin kami dapat mengembalikan Sunderland ke tingkat teratas sepak bola Inggris dan saya tidak sabar untuk memulainya.”

5. Ia disebut memiliki kekayaan sebesar US$ 2 miliar

Kyril Louis-Dreyfus, Jutawan 23 Tahun yang Akan Jadi Bos SunderlandInstagram.com/kyrillouisdreyfus

Hingga saat ini tak ada laporan resmi tentang berapa harta yang dimiliki oleh Kyril. Namun, Forbes menyebut, ia memiliki harta hingga US$ 2 miliar atau setara dengan Rp28,16 triliun. Selain kaya, ia pun akan mendapat gelar sebagai pemilik klub termuda di Inggris. 

Kedatangan Kyril tentu akan dinanti oleh para fans Sunderland. Mereka pasti berharap klub ini membeli pemain top dan bisa kembali ke kasta tertinggi. 

Baca Juga: Sunderland 'Til I Die (Bagian I): Absurditas Sepak Bola Inggris 

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya