Comscore Tracker

Legenda, 5 Momen Emas Alan Shearer Bersama Newcastle United

Ngomongin Newcastle ya pasti Alan Shearer

Keputusan pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman mengakuisisi Newcastle United dirayakan besar-besaran oleh para pendukung klub The Magpies tersebut. Mereka berharap kedatangan jutawan itu mampu kembali mengerek prestasi Newcastle. 

Meski tak mengangkat trofi, Newcastle pernah mengalami masa kejayaan saat diperkuat oleh striker legendaris, Alan Shearer. Berikut adalah  5 momen emas Shearer bersama Newcastle United. 

1. Kedatangannya ke St James Park menjadi transfer termahal saat itu

Legenda, 5 Momen Emas Alan Shearer Bersama Newcastle UnitedInstagram.com/alanshearer/?hl=en

Jauh sebelum mencetak gol bagi Newcastle United, Shearer sudah mencetak rekor. Kedatangannya ke St James Park kala itu menjadi rekor transfer dunia. Shearer ditebus sebesar 15 juta poundsterling pada 1996 dari Blackburn Rovers.

Bukan tanpa alasan ia dibanderol mahal, di musim sebelumnya ia mengantarkan The Rovers menjadi juara Premier League. Tak hanya itu, ia juga menjadi top scorer dengan 34 gol.  Kedatangannya juga spesial lantaran Shearer merupakan warga asli  asli Tyneside, tempat klub Newcaslte United berada.

2. Raih 4 kali Player of The Year bersama Newcastle

Legenda, 5 Momen Emas Alan Shearer Bersama Newcastle UnitedInstagram.com/unbox90football

Dana besar yang digelontorkan oleh manajemen Newcastle United tak sia-sia. selama 10 musim membela Newcastle, Shearer mampu menjadi Player of The Year empat kali. Gelar itu didapatkannya masing-masing pada musim 1996/1997, 1998/1999, 1999/2000 dan 2002/2003. 

3. Top scorer Premier League sepanjang masa

Legenda, 5 Momen Emas Alan Shearer Bersama Newcastle UnitedInstagram.com/bpfranklin

Di Newcastel, Shearer meninggal. Ia mampu mencetak 148 gol dari 303 pertandingannya di Premier League. Jumlah itu membuat koleksi golnya Liga Inggris menjadi 260. Hingga saat ini, belum ada satupun pemain yang mampu menyamai rekornya. 

Pemain yang saat ini mendekati rekornya adalah Wayne Rooney. Jumlah gol mantan striker Timnas Inggris ini hingga kini tercatat 208, masih jauh dari rekor Shearer.

Baca Juga: 5 Fakta dari Manajer Newcastle United, Steve Bruce, Korban Akuisisi!

4. Tiga kali menjadi top scorer di ajang internasional

Legenda, 5 Momen Emas Alan Shearer Bersama Newcastle UnitedInstagram.com/historyfootball1846

Tak cuma di laga domestik, ketangguhan Shearer juga teruji di kancah internasional. Bersama Newcastle, setidaknya ia mampu meraih gelar pencetak gol terbanyak di dua musim UEFA Cup atau saat ini lebih dikenal dengan Europe League. Pada musim 2003/2004, ia mampu mencetak 6 gol. Semusim berselang, ia bahkan mampu mencetak 11 gol. Bahkan, hingga kini Shearer mampu menjadi top scorer Newcastle United di kompetisi eropa dengan total 30 gol dalam 52 pertandingan.

5. Pencetak gol tercepat ketiga di Premier League

Legenda, 5 Momen Emas Alan Shearer Bersama Newcastle Unitedtwitter.com/premierleague

Tak cuma tajam, Shearer juga cerdik. Ia adalah salah satu pencetak gol tercepat di Premier League. Ia mencetak gol saat pertandingan baru berjalan 10,2 detik ke gawang Manchester City pada 2002 lalu. Gol itu menjadi tercepat ketiga setelah pemain Tottenham Hotspur, Ledley King dengan 9,82 detik dan penyerang Southampton, Shane Long, 7,69 detik.

Itu tadi berbagai catatan emas Alan Shearer bersama Newcastle United. Apakah budget tak terbatas dari sang pangeran mampu mencetak Shearer baru? Menarik ditunggu.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berpotensi Jadi Rekrutan Anyar Newcastle United  

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya