Comscore Tracker

Bikin Keseleo Lidah, 5 Nama Pemain Polandia yang Susah Banget Dibaca

Błaszczykowski, Wawrzyniak, Szczęsny, mudah bukan?

Bagi orang Indonesia, nama-nama pemain sepak bola asal Eropa Timur kerap susah dieja. Maklum, jika nama-nama orang Indonesia banyak menggunakan huruf vokal, nama-nama pemain asal negara Eropa timur justru lebih banyak diisi dengan huruf konsonan. 

Salah satu negara dengan nama pemain yang paling susah diafalkan adalah Polandia. Banyak dari pemain mereka yang mempunyai nama panjang namun hanya berisi satu atau dua huruf vokal. Berikut adalah nama 5 pemain Polandia yang paling susah dilafalkan. 

1. Jakub Błaszczykowski

Bikin Keseleo Lidah, 5 Nama Pemain Polandia yang Susah Banget DibacaJakub Blaszczykowski. (instagram.com/jakub.blaszczykowski)

Jakub Blaszczykowski. Coba kalian bacanya gimana? Susah bukan? Ternyata cara bacanya adalah seperti ini:

JAK - Ya

KUB-kub 

YA

BŁASZ - bwash (ł dibaca W)

CZY - chee 

KOW - kov 

SKI - ski 

Blaszczykowski atau yang lebih dikenal dengan nama panggilan Kuba ini adalah pemain langganan Timnas Polandia. Pria 36 ini beroperasi pada posisi sayap kanan. Ia tercatat terakhir kali memperkuat Timnas Polandia pada tahun 2019 lalu.

Sementara di klub, Błaszczykowski yang kini bermain untuk klub Liga Polandia, Wisla Krakow sudah malang melintang di liga Polandia, Jerman, hingga Italia.

Puncak kariernya adalah saat masih berseragam Borussia Dortmund. Kala itu, ia mampu meraih dua juara Liga Jerman, satu Piala Jerman, dan dua Piala Super Jerman.

2. Jakub Wawrzyniak

Bikin Keseleo Lidah, 5 Nama Pemain Polandia yang Susah Banget DibacaJakub Wawrzyniak. (instagram.com/jakub.wawrzyniak14)

Meski tak sesulit Jakub Błaszczykowski, nama Jakub Wawrzyniak juga terbilang susah untuk dieja. Begini cara bacanya:

JA-Ya

KUB-kub

WAW-Vav

RZY-'zĕ

NIAK-nyak

Jakub Wawrzyniak adalah pemain Polandia yang sudah pensiun sejak tahun 2019. Ia merupakan salah satu bek kiri andalan Polandia. Di level klub, Wawrzyniak adalah legenda bagi raksasa Polandia, Legia Warsawa. Wawrzyniak mengoleksi empat Piala Polandia, satu juara Liga Polandia, serta satu Piala Super Polandia.

Setelah gantung sepatu, ia pun kini kerap menjadi komentator di beberapa pertandingan sepak bola. 

Baca Juga: 5 Pemain Polandia yang Pernah Juara UCL, Tak Hanya Lewandowski

3. Przemysław Tytoń 

Bikin Keseleo Lidah, 5 Nama Pemain Polandia yang Susah Banget DibacaPrzemyslaw Tyton (instagram.com/przemyslaw_tyton_3727)

Przemysław Tytoń. Bingung gimana bacanya? Gini:

PRZE- Pshe

MY-mi

SŁAW-swaf

TYTON-Ti-ton

Przemysław Tytoń merupakan salah satu kiper cadangan Ajax Amsterdam. Ia juga sempat membela beberapa klub Belanda seperti PSV Eindhoven hingga Roda JC.

Tytoń tercatat memiliki 14 caps bersama Timnas Polandia. Ia terakhir kali menjaga gawang Polandia pada tahun 2016 lalu.

4. Grzegorz Wojtkowiak 

Bikin Keseleo Lidah, 5 Nama Pemain Polandia yang Susah Banget DibacaGrzegorz Wojtkowiak (instagram.com/grzegorz_wojtkowiak)

Namanya mungkin sudah tak terdengar lagi di pesepakbolaan profesional. Maklum, Grzegorz Wojtkowiak sudah memutuskan gantung sepatu sejak tahun lalu. Bek tengah yang terakhir kali bermain bersama Lech Poznan II ini juga tak kalah berprestasi. Bersama Lech Poznan ia pernah mengkat trofi Liga Polandia dan satu Piala Polandia.

Wojtkowiak  juga pernah menjadi rekan satu tim bersama Egy Maulana Vikri di Lechia Gdansk pada tahun 2018 lalu.

Lalu, gimana sih cara bacanya? Gini! 

GRZE-Gje

GORZ-goj

WOJT-Voit

KOWIAK-'ko-vē-ak

5. Wojciech Szczęsny

Bikin Keseleo Lidah, 5 Nama Pemain Polandia yang Susah Banget DibacaWojciech Szczesny (instagram.com/wojciech.szczesny)

Nama yang terakhir ini tentu paling populer ketimbang pemain Polandia lain. Maklum, Wojciech Szczęsny adalah salah satu pemain Polandia yang paling sukses. Ia mampu menembus skuad utama klub-klub besar.

Bermula di Arsenal U-18, Szczęsny naik kelas ke tim utama pada 2019. Meski sempat dipinjamkan ke beberapa klub seperti Brentford hingga AS Roma, Szczęsny tetap bertahan di Arsenal hingga tahun 2017 alias 11 tahun. Setelah itu penjaga gawang 31 tahun ini kemudian dipinang Juventus.

Soal prestasi di klub jangan ditanya. Beberapa piala seperti FA Cup hingga Scudetto Liga Italia pernah ia cicipi. Di Timnas Polandia, Szczęsny yang juga merupakan kapten tim nyaris tak tergantikan sejak debutnya di tahun 2009. 

Lalu bagaimana cara membaca Wojciech Szczęsny?

WOJ-Voy

CIECH-chec

SZCZęSNY-Shesch-ni

Itu tadi nama 5 pemain Polandia dengan nama paling njlimet untuk diucapkan. Bisa jadi ide nama anak, gaes!

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Argentina dengan Garis Keturunan Polandia

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya