Marukawa Effect, 5 Pemain Baru Asal Jepang Ini akan Ramaikan Liga 1

Apakah bisa mengulangi sukses Taisei Marukawa?

Keberhasilan mantan pemain Persebaya, Taisei Marukawa menjadi pemain terbaik di Liga 1 musim lalu membawa dampak besar bagi pemain Jepang lainnya. Prestasi itu membuat klub-klub di Liga 1 pun berlomba-lomba mendatangkan pemain asal Negeri Sakura. Terhitung saat ini ada 8 pemain asal Jepang yang akan merumput di Liga 1 musim depan. 

Selain Marukawa dan gelandang Arema FC, Renshi Yamaguchi, serta pemain Borneo FC Kei Hiroshi yang akan menjalani tahun keduanya musim ini; berikut lima pemain baru asal Jepang yang akan meramaikan Liga 1 musim depan. 

1. Ryota Noma, Barito Putera

Nama pertama adalah gelandang serang baru milik Barito Putera, Ryota Noma. Pemain berusia 30 tahun ini punya rekam jejak cukup mumpuni bersama klub-klub sebelumnya. Sebelum ke Barito, Noma merupakan penggawa dari juara liga Tajikistan, Istiqlol. 

Selain klub Jepang dan Tajikistan, Noma tercatat pernah merumput di beberapa liga eropa Rusia, Serbia, dan Montenegro.

Pencapaian terbaiknya tentu saat berseragam Rudar Pljevlja. Pada musim 2015/206, ia mampu meraih double winner bersama klub Montenegro teresebut.

2. Katsuyoshi Kimishima, Bhayangkara FC

Marukawa Effect, 5 Pemain Baru Asal Jepang Ini akan Ramaikan Liga 1Katsuyoshi Kimishima (instagram.com/katsu0809soc)

Selanjutnya ada nama Katsuyoshi Kimishima. Tak seperti Noma yang malang melintang bersama klub besar, catatan Kimishima belum begitu mentereng. Maklum, gelandang serang satu ini masih berusia 23 tahun. 

Sebelum akhirnya dipinang Bhayangkara, Kimishima bermain untuk klub Liga Lithuania, FC Jonava. Di klub itu, ia pun baru mendapatkan tiga kali kesempatan bermain.

Sebelum merantau ke Lithuania, Kimishima bermain untuk beberapa klub amatir di Amerika Serikat.

3. Sho Yamamoto, Persebaya

Marukawa Effect, 5 Pemain Baru Asal Jepang Ini akan Ramaikan Liga 1Sho Yamamoto (instagram.com/officialpersebaya)

Sepeninggal Taisei Marukawa yang berpindah ke PSIS, Persebaya langsung berburu pengganti untuk mengisi slot Asia. Seolah masih belum bisa melupakan kenangan manis bersama Marukawa, Bajul Ijo pun merekrut pemain Jepang lainnya. Pemain yang baru saja direkrut adalah Sho Yamamoto. 

Pria berusia 25 tahun ini memiliki posisi yang mirip dengan Marukawa yaitu pemain sayap. Bedanya, jika Marukawa lebih banyak beroperasi di sisi kanan, Sho lebih sering diplot di posisi kiri. 

Layaknya Marukawa yang memiliki rekam jejak yang biasa-biasa saja, Yamamoto juga demikan. Klub terakhir yang ia bela adalah FK Isra Danilovgrad, sebuah kesebelasan asal Montenegro.

Persebaya sendiri merupakan klub profesional Asia pertama yang ia bela. Yamamoto tercatat malang melintang di Liga Serbia dan Montenegro sejak awal karirnya.

Di tangan Aji Santoso, apakah Yamamoto bisa memenuhi ekspektasi Bonek sebagai pengganti Marukawa? Kita tunggu saja.

Baca Juga: 5 Fakta Taisei Marukawa, Andalan Persebaya di Liga 1

4. Ryosuke Nagasawa, Persikabo 1973 

Marukawa Effect, 5 Pemain Baru Asal Jepang Ini akan Ramaikan Liga 1Nagasawa Ryosuke (instagram.com/naga_naga.44)

Tak mau ketinggalan, Persikabo 1973 juga mendatangkan pemain asal Jepang bernama Ryosuke Nagasawa. Nagasawa merupakan sayap kiri yang sebelumnya bermain untuk klub asal Kroasia, NK Medjimurec Dunjkovec. 

Meski masih berusia 23 tahun Nagasawa sudah pernah merasakan gelar juara. Gelar itu ia dapatkan saat masih memperkuat klub Liga Singapura, Albirex Niigata pada musim 2019/2020 lalu. 

5. Kodai Iida, RANS Nusantara FC

Selanjutnya adalah Kodai Iida. Pemain berusia 27 tahun ini didatangkan oleh klub Sultan milik Raffi Ahmad, RANS Nusantara FC.

Iida sebelumnya bermain untuk klub Amerika Serikat, Oklahoma City Energy FC.

Selain beberapa klub Amerika Serikat, pria bertinggi badan 172 sentimeter ini juga pernah bermain di Liga Kanada. Meski tak punya catatan mentereng pada klub-klub sebelumnya yang ia bela, penampilan Iida tentu layak dinantikan. Maklum, ia akan bermain untuk salah satu klub terkaya di Indonesia. 

6. Kenzo Nambu, PSM

Marukawa Effect, 5 Pemain Baru Asal Jepang Ini akan Ramaikan Liga 1Kenzo Nambu (instagram.com/psm_makassar)

Terakhir, ada nama pemain anyar PSM, Kenzo Nambu. Berbeda dengan beberapa pemain Jepang lain yang masih asing dengan sepak bola Asia Tenggara, Nambu sudah akrab dengan beberapa liga di ASEAN. Ia tercatat pernah merumput bersama beberapa klub Liga Thailand. 

Sebelum ke PSM, pemain yang berposisi sebagai sayap kiri ini merupakan andalan klub Liga2 Thailand, Rayong FC. Ia bahkan memiliki statistik yang cukup menjanjikan. Dari 27 permainan, ia mampu mencetak 14 gol musim lalu.

Itu tadi 6 pemain asal Jepang yang akan memulai debut kariernya di Indonesia pada musim 2021/2022. Kira-kira bakalan bisa menyaingi Marukawa gak ya?

Baca Juga: Profil Kenzo Nambu, Samurai Pertama untuk Pasukan Ramang

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya