Comscore Tracker

Sempat Bikin Heboh, 5 Pemain Dunia Ini Batal Direkrut Klub Indonesia 

Jangan-jangan cuma gimmick aja?

Klub milik selebritas Raffi Ahmad, RANS Cilegon United kembali membuat kejutan. Setelah memastikan diri naik ke Liga 1 musim depan, RANS membikin heboh pencinta bola dalam negeri.

Raffi yang juga CEO klub tersebut akan mendatangkan mantan bintang Arsenal yang kini bermain di klub Turki, Fenerbahce, Mesut Oezil. Bahkan Raffi mengklaim sudah mendapatkan kesepakatan secara verbal dari pemain 33 tahun tersebut.

Namun, rencana itu hampir dipastikan gagal setelah banderol sang pemain dinilai terlalu mahal. Untuk menebus kontraknya, RANS harus mengeluarkan lebih dari Rp60 miliar. Itu belum termasuk gaji Oezil yang ditaksir mencapai Rp6,71 miliar per pekan. 

Tak cuma Oezil, beberapa pemain dunia juga pernah dikabarkan akan direkrut oleh klub Indonesia. Namun, kabar itu menguap seiring berjalannya waktu. 

1. Andriy Shevchenko

Sempat Bikin Heboh, 5 Pemain Dunia Ini Batal Direkrut Klub Indonesia Andriy Shevchenko (instagram.com/footballuatv)

Setelah bermain pada Piala Eropa 2012 lalu, pemain Ukraina, Andriy Shevchenko sempat dikabarkan akan merumput di Liga Indonesia bersama Mitra Kukar. Kabar itu pertama kali muncul usai pertandingan antara AC Milan Legends melawan Indonesia All Stars 2013 lalu di Jakarta.

Manajer Mitra Kukar kala itu, Roni Fauzan mengaku sempat bernegosiasi dengan Sheva untuk merumput bersama klubnya.

Bukan kontrak semusim, Sheva kala itu dikabarkan ditawari bermain hanya dalam 5 pertandingan. Untuk setiap pertandingan, Sheva mematok kontrak Rp1 miliar. Harga tinggi inilah yang membuat Mitra Kukar mundur teratur.

2. Park Ji-sung

Sempat Bikin Heboh, 5 Pemain Dunia Ini Batal Direkrut Klub Indonesia mantan pemain MU asal Korsel, Park Ji-sung (instagram.com/jisungparkofficial)

Setahun berselang giliran Bali United yang membikin heboh. Pemilik klub, Yabes Tanuri berencana mendatangkan mantan bintang Manchester United asal Korea Selatan, Park Ji-sung untuk musim 2015. Bahkan, Yabes mengaku sudah berkomunikasi langsung dengan Park kala itu.

Namun, kabar itu lagi-lagi menguap begitu saja. Apalagi, Park sendiri sudah menyatakan pensiun dari dunia sepak bola sejak tahun 2014 usai mengalami cedera panjang. 

Baca Juga: 6 Pemain Legendaris yang Namanya Diabadikan di Dunia Sepak Bola

3. Diego Forlan

Sempat Bikin Heboh, 5 Pemain Dunia Ini Batal Direkrut Klub Indonesia striker timnas Uruguay, Diego Forlan (instagram.com/diegoforlancorazo)

Tahun 2018, klub pendatang baru di Liga 1, Kalteng Putra juga sesumbar bisa mendatangkan striker asal Uruguay, Diego Forlan. Pemilik klub Kalteng, Agus Sabran yang merupakan pengusaha tambang kala itu mengklaim selangkah lagi bisa mendaratkan mantan pemain Manchester United tersebut setelah bertemu dengan sang agen.

Rencana itu semakin mendekati kenyataan lantaran Forlan baru saja diputus kontrak oleh klub Hongkong, Kitche SC. Namun rencana itu juga menguap begitu saja.

4. Zlatan Ibrahimovic

Sempat Bikin Heboh, 5 Pemain Dunia Ini Batal Direkrut Klub Indonesia striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovich (instagram.com/iamzlatanibrahimovic)

Tak hanya Forlan, Kalteng Putra juga sempat melempar isu untuk mendatangkan megabintang asal Swedia, Zlatan Ibrahimovich. Klub yang bermarkas di Palangka Raya ini yakin bisa memboyong Zlatan yang kala itu bermain bersama klub Amerika Serikat, LA Galaxy.

Beda dengan rencana Forlan yang hampir jadi kenyataan, isu ini justru mentah. Selain banderol Zlatan yang mencapai Rp60 miliar, sang bintang juga mengaku enggan bermain untuk klub Indonesia.

Sayangnya, setelah heboh di awal musim dengan berbagai isu transfer, Kalteng Putra malah harus terdegradasi ke Liga 2 pada 2019 lalu. Bahkan, beberapa pemain juga sempat mengeluhkan keterlambatan gaji.

5. Robin van Persie

Sempat Bikin Heboh, 5 Pemain Dunia Ini Batal Direkrut Klub Indonesia legenda timnas Belanda, Robin van Persie (instagram.com/robinvanpersie)

Pemain bintang lain yang juga sempat dikabarkan akan direkrut oleh klub Indonesia adalah Robin van Persie. Mantan striker Timnas Belanda itu diisukan diincar oleh klub ibu kota, Persija.

Muasal isu ini muncul adalah saat Presiden Klub Persija, Ferry Paulus membantah ketertarikannya untuk merekrut Diego Forlan pada 2019 lalu. Ia menyebut lebih baik mendatangkan Persie ketimbang Forlan.

Bantahan itu kemudian menjadi isu yang terus bergulir. Namun, Ferry kemudian menyampaikan klarifikasinya. Ia menyebut tak pernah tertarik mendatangkan Robin van Persie. 

Itu tadi 5 bintang dunia yang sempat menghebohkan bursa transfer Liga Indonesia. Kira-kira beneran rencana atau cuma gimmick aja ya?

Baca Juga: 15 Seleb Internasional Ini Punya Darah Indonesia, Ada Robin van Persie

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya