Cedera di Detik Terakhir, 5 Pemain Ini Gagal Berangkat ke Piala Dunia

Padahal mereka sudah berjuang mati-matian

Tampil di Piala Dunia adalah impian dari semua pemain sepak bola di dunia. Tak heran, mereka akan berjuang mati-matian agar negara mereka lolos ke kejuaraan empat tahunan tersebut. 

Sayang, terkadang perjuangan itu tak bisa dinikmati oleh beberapa pemain. Menjelang pembukaan Piala Dunia, beberapa pemain dinyatakan tak bisa memperkuat timnasnya.

Ini dia 5 pemain yang berjuang meloloskan timnya ke Piala Dunia namun harus mengubur mimpinya bermain di detik-detik terakhir.

1. Rafael van der Vaart di Piala Dunia 2014

Cedera di Detik Terakhir, 5 Pemain Ini Gagal Berangkat ke Piala DuniaRafael van der Vaart (instagram.com/rafaelvdvaart)

Nama pertama yang merasakan nasib apes adalah gelandang Timnas Belanda Rafael van der Vaart. Berjibaku meloloskan Belanda ke Piala Dunia 2014, ia malah tak bisa memperkuat skuad Oranje. Sebabnya, ia mengalami cedera hanya kurang dari dua bulan sebelum pertandingan pertama digelar.

Cedera Van der Vaart sendiri justru didapat saat menjalani sesi latihan kala Timnas Belanda menggelar pemusatan latihan Portugal. Dalam sesi latihan itu, Van der Vart mendapatkan cedera betis kanannya. Beruntung, Belanda tetap tampil impresif dan mampu mendapat gelar juara ketiga.

2. Franck Ribery pada Piala Dunia 2014

Cedera di Detik Terakhir, 5 Pemain Ini Gagal Berangkat ke Piala DuniaFranck Ribery (instagram.com/franckribery7)

Di tahun yang sama, gelandang Prancis, Franck Ribery juga harus menerima nasib serupa. Mimpinya memperkuat Timnas di Piala Dunia kandas. Musababnya adalah cedera punggung yang ia alami dalam sesi latihan Timnas Prancis. Apesnya cedera itu dialami hanya beberapa sebelum Prancis berangkat ke Brazil. 

Pelatih Prancis Didier Deschamps saat itu mengatakan bahwa Ribery mengalami rasa sakit yang biasa di bagian punggungnya.

Kabar ini tentu sangat mengejutkan. Sebab, Ribery hampir selalu bermain di fase kualifikasi. Batalnya Ribery ke Piala Dunia juga menjadi penanda akhir kariernya bersama Timnas.

Setelah Piala Dunia 2014, ia memilih gantung sepatu dari Timnas Prancis. 

Baca Juga: 10 Pemain Bintang yang Mungkin Lakoni Piala Dunia Terakhir pada 2022

3. Luis Nani pada Piala Dunia 2010

Cedera di Detik Terakhir, 5 Pemain Ini Gagal Berangkat ke Piala DuniaLuis Nani (instagram.com/luisnani)

Nasib apes juga pernah dialami oleh pemain Portugal, Luis Nani pada tahun 2010 lalu. Ia terpaksa harus menepi hanya beberapa hari sebelum rekan-rekannya berangkat ke Afrika Selatan. 

Pemain sayap yang juga pernah merumput bersama Manchester United tersebut mengalami cedera pada bagian bahu kiri. Cedera itu didapatnya saat Timnas Portugal sedang menjalani sesi latihan. 

4. Alex Oxlade-Chamberlain pada Piala Dunia 2018

Cedera di Detik Terakhir, 5 Pemain Ini Gagal Berangkat ke Piala DuniaAlex Chamberlain (instagram.com/alexoxchamberlain)

Selanjutnya ada nama pemain pemain Liverpool, Alex Oxlade-Chamberlain. Chambo terpaksa melewatkan momen istimewa Piala Dunia 2018 lalu. Musababnya, mantan pemain Arsenal ini mengalami cedera lutut pada leg pertama semifinal Liga Champions. Ia dibawa ke luar lapangan saat Liverpool menang 5-2 atas AS Roma, 28 April 2018 lalu.

Meski masih ada waktu sekitar 2 bulan, namun dokter memastikan bahwa pemulihan cedera yang ia alami butuh waktu lebih lama. 

Chambo pun merasa sangat terpukul. Apalagi ini adalah kali ketiga ia melewatkan momen bersejarah dalam hidupnya. Sebelumnya, ia juga harus absen pada Piala Eropa 2016 dan dan Piala Dunia 2014. 

5. Laurent Koscielny pada Piala Dunia 2018

Cedera di Detik Terakhir, 5 Pemain Ini Gagal Berangkat ke Piala DuniaLaurent Koscielny (instagram.com/koscielny_official6)

Pengalaman pahit juga sempat dialami oleh mantan bek Arsenal asal Prancis Laurent Koscielny pada tahun 2018.

Koscielny yang masuk dalam skuad Timnas Prancis pada Piala Dunia 2018 terpaksa mengundurkan diri. Sebabnya adalah cedera parah saat Arsenal melawan Atletico Madrid di Liga Europa, kurang dari dua bulan sebelum pertandingan pertama. Lantaran cedera parah, Koscielny pun memilih mundur dari Timnas untuk selamanya.

Meski tanpa Koscielny, Prancis nyatanya masih bisa berbicara banyak. Mereka mampu membawa pulang Piala Dunia 2018. 

Itu tadi 5 pemain yang harus mengubur mimpinya ke Piala Dunia di detik-detik terakhir. Kira-kira tahun ini siapa ya yang akan bernasib sama?

Baca Juga: 5 Calon Bintang Masa Depan Timnas Prancis yang Bermain di AS Monaco

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya