Moncer di Klub, 5 Pemain Ini Tak sekalipun Cetak Gol di Piala Dunia 

Beberapa dari mereka adalah peraih Ballon d'Or

Piala Dunia adalah salah satu kompetisi paling bergengsi di muka bumi. Kejuaraan yang dilangsungkan empat tahun sekali tersebut seolah menjadi standar tertinggi bagi Timnas sepak bola di seluruh dunia.

Sementara bagi pemain, Piala Dunia adalah ajang untuk menunjukkan kelas mereka. Banyak pemain dunia yang sukses di klub kemudian makin moncer usai Piala Dunia.

Namun, tak sedikit juga pemain top yang justru tak bisa berbuat banyak di Piala Dunia. Berikut ini adalah 5 pemain top yang gagal mencetak satu pun gol di Piala Dunia.

1. Pavel Nedved 

Moncer di Klub, 5 Pemain Ini Tak sekalipun Cetak Gol di Piala Dunia Pavel Nedved (twitter.com/Squawka)

Pemain yang pertama adalah gelandang Timnas Ceko, Pavel Nedved. Pria yang identik dengan rambut gondrong itu mencapai puncak kariernya saat bersama Juventus. Bahkan, pada tahun 2003, ia diganjar gelar pemain terbaik dunia alias Ballon d'Or.

Tiga tahun setelahnya, Nedved membawa Republik Ceko untuk pertama kalinya lolos ke Piala Dunia usai memisahkan diri dari Slovakia. Ini juga kali pertama Nedved bermain di Piala Dunia. Sayang, ia gagal membuktikan kualitasnya di Piala Dunia.

Ceko hanya menang sekali melawan Amerika Serikat. Dua pertandingan lainnya melawan Ghana dan Italia berakhir dengan kekalahan. Nedved sendiri hanya bermain sekali karena mengalami cedera lutut. Sang bintang tak mencetak satu gol pun. Lebih miris lagi, itu adalah Piala Dunia pertama dan terakhir yang diikuti Nedved.

2. Luis Figo

Moncer di Klub, 5 Pemain Ini Tak sekalipun Cetak Gol di Piala Dunia Luis Figo (instagram.com/luis__figo)

Pemain bintang lain yang gagal mencetak gol di Piala Dunia adalah legenda Portugal, Luis Figo. Sama seperti Nedved, Figo adalah peraih Ballon d'Or pada tahun 2000. Bedanya, Figo dua kali meloloskan Portugal ke Piala Dunia.

Pada Piala Dunia tahun 2002 di Jepang dan Korea Selatan, Portugal gagal total. Mereka hanya menempati posisi ketiga di fase grup. Portugal kalah saing dari Amerika Serikat dan tuan rumah Korea Selatan. Pada Piala Dunia pertamanya ini, Figo tak mengemas satu gol pun.

Kesempatan kedua datang empat tahun kemudian. Menjadi salah satu pemain senior, Figo mampu tampil luar biasa. Portugal tak terkalahkan hingga babak 8 besar.

Sayangnya, pada babak semifinal, langkah mereka harus terhenti dari Prancis. Di babak perebutan juara ketiga, Portugal juga kalah dari Jerman. Lagi-lagi, Figo juga tak mencetak satu gol pun.

Baca Juga: 9 Pelatih Asing yang Meloloskan Timnas Asuhannya ke Piala Dunia 2022

3. Frank Lampard 

Moncer di Klub, 5 Pemain Ini Tak sekalipun Cetak Gol di Piala Dunia Frank Lampard (twitter.com/chelseafc)

Salah satu pemain yang paling cerdas di dunia. Gelar itulah yang kerap disematkan oleh para pencinta sepak bola kepada gelandang Inggris, Frank Lampard. Ia meraih bersama berbagai juara dan penghargaan kala masih membela Chelsea. Bahkan, Lampard menduduki posisi kedua dalam pemilih pemain terbaik Ballon d'Or tahun 2005. 

Sayang, moncernya karier Lampard di klub tak dibarengi di Timnas. Tak main-main, Lampard tiga kali membela Inggris di Piala Dunia. Piala Dunia pertama yang ia ikuti adalah tahun 2006. Kala itu, Inggris hanya sampai di babak 8 besar.

Empat tahun selanjutnya, Lampard kembali dipercaya menjadi jenderal lapangan tengah di Piala Dunia Afrika Selatan. Sayang, Lampard kembali gagal menunjukkan kualitasnya. Inggris terhenti di babak 16 besar. Di babak ini juga terjadi sebuah drama. Gol Lampard ke gawang Jerman dianulir wasit.

Kesempatan terakhirnya di Piala Dunia datang di tahun 2014. Sayangnya, Inggris malah babak belur. Mereka menempati posisi buncit di fase grup tanpa sekalipun memetik kemenangan.

Salah satu hal yang mungkin paling disesali oleh Lampard adalah ia tak sekalipun mampu mencetak gol di Piala Dunia. 

4. Robert Lewandowski

Moncer di Klub, 5 Pemain Ini Tak sekalipun Cetak Gol di Piala Dunia Robert Lewandowski (instagram.com/fcbayern)

Siapa yang tak berdecak kagum dengan kiprah Robert Lewandowski di Liga Jerman. Bayangkan saja, ia sudah menjadi pencetak gol terbanyak selama 6 kali. Bahkan, empat musim terakhir, Lewandowski meraih gelar itu secara berturut-turut. Gelar itu tampaknya akan terus bertahan lantaran ia menjadi salah satu kandidat kuat pencetak gol terbanyak musim ini.

Pada tahun 2021, ia juga menduduki posisi kedua dalam perebutan Ballon d'Or.

Sayang, kariernya di klub tak menular di Timnas. Pada debutnya di Piala Dunia, tepatnya pada tahun 2018 lalu, ia gagal mengangkat prestasi negaranya. Polandia menempati juru kunci. Lewandowski pun gagal mencetak satu biji gol pun.

Rekor buruk ini bisa saja diputus jika November nanti Lewandowski mampu mencetak gol di Qatar.

5. Zlatan Ibrahimovich

Moncer di Klub, 5 Pemain Ini Tak sekalipun Cetak Gol di Piala Dunia Zlatan Ibrahimovic (twitter.com/acmilan)

Di mana ada Zlatan Ibrahimovich, di situ pula akan ada juara. Pernyataan ini shahih. Betapa tidak, sejak membela Ajax Amsterdam tahun 2001 hingga di AC Milan 2022, ia nyaris selalu mengangkat piala bersama klub yang dibelanya. Raihan ini tampaknya akan terus berlanjut mengingat AC Milan memiliki kans besar menjadi juara Serie A musim ini.

Tapi Ibrahimovich tetaplah manusia. Prestasinya di klub tak sejalan dengan di Timnas. Dua kali membawa Swedia ke pentas tertinggi dunia, ia gagal mencetak gol. 

Itu tadi 5 pemain top dunia yang gagal mencetak gol di Piala Dunia. Kira-kira, siapa ya yang akan mengikuti nasib mereka?

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola dengan Gol Terbanyak dalam Satu Pertandingan

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya