Comscore Tracker

Bikin Malu, 5 Perbandingan Mencolok Madrid dan Tim 'Gurem' CD Alcoyano

Malu, malu, malu

Raksasa La Liga, Real Madrid baru saja menelan kekalahan memalukan saat meladeni klub amatir CD Alcoyano. Los Galacticos yang bertindak sebagai tamu kalah dengan skor 1-2 pada babak 32 besar Copa Del Rey Rabu (21/1/2021). Seluruh mata pencinta bola pun kini tertuju pada mereka. Selain belum bisa memutus tiga kali pertandingan tanpa kemenangan, kekalahan itu juga terasa sangat memalukan. Maklum CD Alcoyano merupakan tim antah berantah tanpa prestasi.

Bagai bumi dan langit, berikut ini adalah lima perbandingan mencolok antara CD Alcoyano dengan Real Madrid yang membuat kekalahan itu terasa sangat menyesakkan.

1. Madrid berlaga di kasta tertinggi, Alcoyano adalah klub dari kasta ketiga

Bikin Malu, 5 Perbandingan Mencolok Madrid dan Tim 'Gurem' CD AlcoyanoInstagram.com/cd_alcoyano

Siapa sih yang gak kenal sama Real Madrid. Sangking tajirnya, klub ini sampai dijuluki Los Galacticos alias tim dari galaksi luar. Maklum, dengan kekuatan financial yang luar biasa, mereka tak akan segan memboyong pemain yang diinginkan dengan harga berapapun. Soal titel juara tentu tak diragukan lagi. 

Sementara CD Alcoyano adalah klub amatir, banget. Klub dari kasta ketiga sepak bola Spanyol ini tercatat hanya 4 musim mencicipi La Liga sejak berdiri pada tahun 1928. Mereka terakhir berada di La Liga pada tahun 1951. Bahkan pada musim lalu, Alcoyano baru saja naik dari divisi 4 Liga Spanyol.

2. Alcoyano tak akan bisa beli pemain termurah Madrid meski sudah menjual semua pemainnya

Bikin Malu, 5 Perbandingan Mencolok Madrid dan Tim 'Gurem' CD AlcoyanoInstagram.com/cd_alcoyano

Sekarang mari kita bandingkan nilai skuatnya. Situs Transfrermarkt menulis Real Madrid memiliki nilai skuad 782 juta Euro atau sekitar Rp13,30 triliun. Sementara sekuad Alcoyano hanya 2,6 juta Euro atau Rp44,24 miliar. Artinya skuad Real Madrid lebih mahal 300 kali lipat ketimbang Alcoyano!

Jangankan dengan Real Madrid, dengan Bali United saja nilai skuad Alcoyano jauh lebih murah. Nilai skuad Bali United tercatat sebesar 5,05 juta Euro atau dua kali lipat dari skuad mereka. Bahkan nih, andai semua skuad Alcoyano dijual, mereka belum bisa membeli kiper cadangan Madrid Andriy Lunin yang memiliki nilai transfer 3 juta Euro.

3. Stadion milik Alcoyano hanya mampu menampung 4.850 penonton, Bernabeu?

Bikin Malu, 5 Perbandingan Mencolok Madrid dan Tim 'Gurem' CD AlcoyanoInstagram.com/cd_alcoyano

El Collao, stadion milik Alcoyano akan menjadi salah satu tempat yang paling dikenang oleh pemain dan penonton mereka. Meski hanya memiliki 4.850 tempat duduk, stadion ini mampu menjad saksi bisu kemenangan Alcoyano atas raksasa Spanyol. 

Stadion ini tentu tak sebanding dengan kandang Real Madrid, Santiago Bernabeu. Soal kemewahan dan fasilitas tentu tak usah diperdebatkan. Stadion yang dibangun pada tahun 1944 ini mampu menampung lebih dari 81 ribu penonton. 

Baca Juga: 6 Pemain Penting Real Madrid yang Ternyata Direkrut dengan Harga Murah

4. Madrid punya segudang piala, tentu tak bisa dibandingkan dengan Alcoyano

Bikin Malu, 5 Perbandingan Mencolok Madrid dan Tim 'Gurem' CD AlcoyanoInstagram.com/realmadrid

Mari kita bicara soal trofi. Real Madrid adalah klub dengan koleksi liga Champions terbanyak dengan 13 piala. Sementara di liga domestik, mereka lebih gila. Real Madrid sudah 34 kali mengangkat piala La Liga. Ini belum termasuk Copa Del Rey, Piala Dunia antar klub dan berbagai kejuaraan lainnya.

Bagaimana dengan Alcoyano? Klub dari daerah Alicante ini nyaris tak pernah menjuarai ajang bergengsi. Prestasi terbaik mereka adalah menjuarai liga kasta kedua pada tahun 1947. Kemenangan atas Real Madrid tampaknya juga akan menjadi salah satu catatan terbaik mereka sepanjang masa.

5. Madrid miliki jutaan fans di seluruh dunia, Instagram Alcoyano hanya diikuti 2.395 orang

Bikin Malu, 5 Perbandingan Mencolok Madrid dan Tim 'Gurem' CD AlcoyanoInstagram.com/realmadrid

Sekarang mari kita bandingkan jumlah pendukung kedua kesebelasan. Goal.com menyebut ada 31,3 juta pendukung di seluruh eropa pada tahun 2010. Itu baru di eropa, belum di negara-negara lain seperti Indonesia. Di Instagram resmi mereka, Madrid tercatat memiliki 94 juta pengikut. 

Lalu bagaimana dengan Alcoyano? Tak ada data pasti tentang fanbase mereka. Namun, pengikut mereka di Instagram pun hanya 2.395 orang. 

Namun, itulah sepak bola. Kadang kemapanan dan kekuatan uang tak bisa membeli segalanya. Menarik ditunggu, apakah CD Alcoyano akan terus menjadi kambing hitam di Copa Del Rey?

Baca Juga: 5 Pemain yang Kini Bersinar Setelah Hengkang dari Real Madrid, Moncer!

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya