Comscore Tracker

Resmi 'Cerai' dengan Inter Setelah 27 Tahun, Ini 5 Fakta Pirelli

Kabarnya akan ada perusahaan otomotif lain yang masuk

Kalian penggemar Liga Italia, pengoleksi jersey, atau seorang Interisti? Jika iya, kalian pasti tak asing dengan jersey dengan tulisan "Pirelli" di dada miliki Inter Milan. Selama 27 tahun, sponsor tersebut identik dengan Inter Milan. Sayangnya, mulai musim depan Pirelli tak akan menjadi salah satu sponsor utama Inter Milan. Meski begitu, mereka disebut masih akan tetap menjalin kerja sama bisnis. 

Lantas perusahaan apakah sebenarnya Pirelli ini? Berikut adalah 5 fakta tentang Pirelli. 

1. Pirelli adalah sebuah perusahaan ban yang berdiri lebih dari 100 tahun lalu.

Resmi 'Cerai' dengan Inter Setelah 27 Tahun, Ini 5 Fakta PirelliCorporate.pirelli.com

Dikutip dari situs resmi mereka, Pirelli didirikan pada tahun 1872 oleh Giovanni Battista Pirelli. Ia mendirikan sebuah perusahaan ban bernama "G.B. Pirelli & C." di Milan. Produksi utama mereka kala itu adalah karet elastis.

Setahun kemudian mereka memiliki pabrik pertama. Di usia yang sudah menginjak 139 tahun, Pirelli saat ini sudah beroperasi di 160 negara. Selain eropa, mereka juga menyasar pasar Asia Pasifik, Amerika Utara dan Amerika Latin. Di Indonesia sendiri, mereka memiliki kantor di Jakarta dan Bandung.

2. Ban produksi mereka digunakan oleh berbagai merek mobil dunia

Resmi 'Cerai' dengan Inter Setelah 27 Tahun, Ini 5 Fakta PirelliInstagram.com/pirelli

Dengan berbagai pengalamannya dalam teknologi ban, Pirelli kini menjadi pemain utama dalam pasar global. Mereka menjadi produsen ban untuk kelas konsumen mobil, sepeda motor, dan sepeda. Produk mereka digunakan oleh produsen mobil dunia seperti Bentley, Aston Martin dan Porsche, antara lain.

Meski begitu, seperti ditulis Reuters, Pirelli harus berebut pasar dengan beberapa perusahaan ban dunia, seperti Bridgestone, Michelin, Goodyear, Continental, Sumitomo, and Hankook. Tak hanya ban, melalui beberapa anak perusahaannya, Pirelli kini aktif dalam teknologi kontrol emisi dan sumber energi terbarukan.

3. Bersama sejak 1995, Pirelli bantu Inter Milan kantongi 5 kali Scudetto dan 1 piala Liga Champions

Resmi 'Cerai' dengan Inter Setelah 27 Tahun, Ini 5 Fakta PirelliInstagram.com/inter

Pirelli sendiri sudah tak asing dengan dunia olahraga. Beberapa event mereka sponsori. Namun, salah satu yang paling diingat para pencinta olahraga tentu saja kerjasama mereka dengan raksasa Italia, Inter Milan. Maklum, keduanya sudah menjadi mitra sejak musim 1995/96. Mulai saat itu, Inter Milan dan Pirelli seolah menjadi kesatuan brand yang tak terpisahkan. 

Bersama Pirelli, Inter sudah mengantongi 5 kali Scudetto, 4 Copa Italia, dan masing-masing satu gelar Liga Champions serta Piala Dunia antar klub. 

Baca Juga: 7 Pemain yang Pernah Berseragam Inter Milan dan Manchester United

4. Jadi salah satu pengiklan terbesar, dalam setahun Pirelli gelontorkan ratusan miliar rupiah untuk Inter

Resmi 'Cerai' dengan Inter Setelah 27 Tahun, Ini 5 Fakta PirelliInstagram.com/inter

Selain deretan trofi, kebersamaan Inter dan Pirelli telah banyak menghasilkan pundi uang. Berdasarkan laporan media Italia Correiro dello Sport, kesepakatan mereka saat ini menghasilkan sekitar 10,5 juta euro atau Rp181 miliar per tahun untuk Inter Milan.

Inter bahkan sempat berencana menaikkan harga iklan sponsor mereka di jersey hingga 30 juta euro atau sekitar Rp517 miliar per tahun. Namun, pembicaraan itu sepertinya buntu. Jika tak ada kesepakatan, perusahaan otomotif Evergrande dikabarkan akan segera mengambil slot tersebut. Mereka dikabarkan memberi penawaran hingga 100 juta euro atau sekitar Rp1,7 triliun. 

5. Inter dan Pirelli resmi bercerai

Resmi 'Cerai' dengan Inter Setelah 27 Tahun, Ini 5 Fakta Pirellihttps://www.instagram.com/inter/

Kebersamaan Inter dan Pirelli dikabarkan selesai setelah CEO Pirelli, Marco Tronchetti Provera mengonfirmasi bahwa Inter akan mengganti sponsor kaos mereka mulai musim depan.

“Kami sedang dalam pembicaraan dengan Antonello, Marotta dan direktur Inter lainnya. Kami tidak akan menjadi sponsor seragam Inter lagi, tetapi hubungan kami dengan klub akan terus berlanjut, ”kata Tronchetti Provera kepada Gr Parlamento.

Wah, sayang banget ya, padahal udah hampir 3 dekade ya. Tapi gak papa, para interisti dan pencinta jersey tentu menunggu kira-kira perusahaan mana yang sanggup membayar slot utama di kaus Inter Milan.

Baca Juga: 10 Pemain Top yang Ternyata Pernah Bela Inter Milan, Ada Coutinho

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya