Comscore Tracker

Sangking Lamanya, Kerjasama 8 Klub Bola dan Brand Ini Ikonik Banget

Liverpool ya Carlsberg, Inter ya Pirelli, ya nggak?

Bagi sebuah klub sepak bola, kehadiran sponsor sangat penting. Maklum, selain hak siar dan penjualan tiket, iklan merupakan sumber pendapatan utama. Kerjasama sponsorship pun ditawarkan dalam berbagai skema, salah satunya adalah dengan menempel logo atau nama produk pengiklan pada jersey pemain.

Tak sekadar bisnis, beberapa nama produk bahkan kemudian menjadi identik dengan klub yang mereka sponsori lantaran durasi kerja sama yang cukup lama. Berikut adalah 6 sponsor iklan yang identik dengan klub setelah lebih dari 10 tahun bersama.

1. Pirelli dan Intermilan

Sangking Lamanya, Kerjasama 8 Klub Bola dan Brand Ini Ikonik Bangethttps://www.instagram.com/inter/

Yang pertama adalah Pirelli. Image pabrikan ban asal Italia ini sudah terlanjur menempel dengan raksasa Serie A, Inter Milan. Maklum, mereka menjadi pemilik slot iklan utama pada jersey Nerrazzuri sejak tahun 1995. Bersama Pirelli, Inter sudah mengantongi 5 kali Scudetto, 4 Copa Italia, dan masing-masing satu gelar Liga Champions serta Piala Dunia antar klub. 

Selain deretan trofi, kebersamaan Inter dan Pirelli telah banyak menghasilkan pundi uang. Berdasarkan laporan media Italia Correiro dello Sport, kesepakatan mereka saat ini menghasilkan sekitar 10,5 juta euro atau Rp181 miliar per tahun untuk Inter Milan.

Sayang, kerjasama yang sudah terjalin hampir 27 tahun itu harus selesai musim ini. CEO Pirelli, Marco Tronchetti Provera mengonfirmasi bahwa Inter akan mengganti sponsor kaos mereka mulai musim depan.

“Kami sedang dalam pembicaraan dengan Antonello, Marotta dan direktur Inter lainnya. Kami tidak akan menjadi sponsor seragam Inter lagi, tetapi hubungan kami dengan klub akan terus berlanjut, ”kata Tronchetti Provera kepada Gr Parlamento.

2. Parmalat dan Parma

Sangking Lamanya, Kerjasama 8 Klub Bola dan Brand Ini Ikonik BangetInstagram.com/hernancrespo

Kisah romantisme antara sponsor dan klub juga terjadi pada Parma FC. Klub yang dikenal melahirkan banyak bintang seperti Gianluigi Buffon, Hernan Crespo, hingga Hidetoshi Nakata ini sangat lekat dengan perusahaan susu dan makanan olahan Parmalat. Brand tersebut menempel di jersey pemain Parma sejak 1991. 

Tak sekadar menjadi sponsor, Parmalat juga membeli saham Parma hingga 98 persen. Beberapa pemain top mereka boyong ke stadion Enio Tardini. Hasilnya, Parma yang sebelumnya hanya berkubang di Serie B mampu naik kasta dan menjuarai berbagai kompetisi mulai Scudetto, Coppa Italia, hingga Piala UEFA. 

Sayangnya, akibat perhitungan bisnis yang salah, Parmalat bangkrut. Imbasnya tentu saja pada klub mereka. Setelah 12 tahun bersama, Parma akhirnya harus turun ke kasta terendah liga Italia karena masalah financial.

3. Opel dan AC Milan

Sangking Lamanya, Kerjasama 8 Klub Bola dan Brand Ini Ikonik BangetInstagram.com/clarenceseedorf

Satu lagi klub Italia yang sudah menyatu dengan sponsor mereka adalah AC Milan. Selama 12 tahun bekerjasama Opel membantu Milan merengkuh empat gelar Serie A, satu Coppa Italia, dan dua Liga Champions. Pemain seperti Baresi, Maldini, Nesta, Cafu, Pirlo, Shevchenko, Kaka, Seedorf dan Stam pun sempat menjadi pemilik jersey Milan bertuliskan Opel di dada. Dimulai tahun 1994, kerjasama keduanya selesai pada 2006. Setelah itu, mereka menggandeng rumah judi bwin.

4. Carlsberg dan Liverpool

Sangking Lamanya, Kerjasama 8 Klub Bola dan Brand Ini Ikonik BangetInstagram.com/stevengerrard

Di Liga Inggris, salah satu klub yang identik dengan nama sponsor mereka di jersey adalah Liverpool. The Red dan perusahaan bir asal Denmark, Carlsberg seolah sudah menjadi kesatuan brand yang tak terpisahkan. Dikutip dari situs resmi Carsberg, keduanya sudah menjadi mitra sejak tahun 1992.

Namun, pada tahun 2010, keduanya sepakat untuk tak melanjutkan skema kerjasama iklan di jersey. Liverpool memilih salah satu bank internasional sebagai gantinya. Meski begitu, keduanya masih menjalin kerjasama melalui skema lain hingga tahun 2023.

"Kami berharap bersama Liverpool menemukan cara alternatif untuk melanjutkan kemitraan dan kerja sama kami," kata Chief Executive Carlsberg, Jorgen Buhl Rasmussen dalam pernyataannya, seperti ditulis Reuters. Selama kurun waktu 1992-2010, mereka mampu mengantongi dua FA Cup, satu trofi Liga Champions, dan empat Piala Liga. 

Baca Juga: Resmi 'Cerai' dengan Inter Setelah 27 Tahun, Ini 5 Fakta Pirelli

5. Sharp dan Manchester United

Sangking Lamanya, Kerjasama 8 Klub Bola dan Brand Ini Ikonik BangetInstagram.com/official.solskjaer

Klub Inggris lain yang juga menjalin kemitraan dengan sponsor untuk jersey mereka adalah Manchester United. MU menggandeng perusahaan piranti elektronik tersebut pada tahun 1982. Saat itu, mereka hanya menerima 500.000 poundsterling dari Sharp. Kerjasama mereka berakhir setelah pada musim 2000-2001  Vodafone mengambil alih slot sponsorship tersebut. 

Selama 28 tahun tersebut, Sharp dan MU menjadi sangat identik. Bahkan, Sharp juga menjadi bagian dari lahirnya angkatan emas 92, serta treble winner pada tahun 1999. 

6. ABN-Amro dan Ajax Amsterdam 

Sangking Lamanya, Kerjasama 8 Klub Bola dan Brand Ini Ikonik BangetInstagram.com/edwinvandersar1

Di liga Belanda, salah satu jersey klub yang paling populer di Indonesia adalah milik Ajax Amsterdam. Selain langganan juara, iklan pada jersey mereka pun seakan tak pernah berganti. Maklum, sejak 1991, Ajax memang menggandeng bank asal Belanda, ABN-Amro. Kerjasama mereka pun membuahkan beberapa trofi di berbagai kompetisi, salah satunya tentu saja Liga Champions musim 1994/1995. 

Skema sponsorhip melalui jersey akhirnya berakhir pada 2008. Meski begitu, bank milik pemerintah Belanda tersebut masih menjadi sponsor utama skuad Ajax perempuan hingga saat ini.

7. Philips dan PSV Eindhoven

Sangking Lamanya, Kerjasama 8 Klub Bola dan Brand Ini Ikonik BangetInstagram.com/rvnistelrooy

Jika klub lain hanya sebatas sponsor, PSV Eindhoven dan Philips berbeda cerita. Meraka tak ubahnya seperti ibu dan anak. Ya, PSV lahir dari sebuah klub bola yang didirikan untuk karyawan perusahaan elektronik tersebut. Tak heran jika Philips sudah menempel pada jersey PSV sejak tahun 1982. Selain sederet prestasi, kolaborasi keduanya juga sudah mencetak ratusan pemain bintang. 

Namun, kabar mengejutkan datang pada akhir musim 2015-2016 lalu. Philips menyatakan tak akan 'mejeng' lagi di jersey PSV Eindhoven setelah hampir 34 tahun. Meski begitu, kerjasama mereka tak pupus begitu saja. Keduanya masih bermitra hingga kini, bahkan PSV juga masih menggunakan Philips Stadium.

8. Bayern Munich dan T-Mobile

Sangking Lamanya, Kerjasama 8 Klub Bola dan Brand Ini Ikonik BangetInstagram.com/fcbayern

Tak kalah dengan tim dari negara lain, dari Jerman pun ada Bayern Muncih dengan T-Mobile. Mereka bermitra sejak 2002 hingga sekarang. Selama kurun waktu tersebut, Bayern telah menjadi salah satu kekuatan paling dominan di sepak bola Eropa.

Mereka memenangkan memenangkan 14 gelar Bundesliga dan dua Liga Champions. Bastian Schweinsteiger, Philipp Lahm, Michael Ballack, Arjen Robben, Franck Ribery dan Robert Lewandowski hanyalah beberapa dari kekuatan besar yang telah mengenakan kemeja yang dihiasi dengan logo T-Mobile. 

Tentu saja tak hanya ikonik, kerjasama klub bola dengan brand besar juga jadi pertandi kemandirian dan profesionalisme. Semoga ditiru oleh klub-klub di Indonesia ya.

Baca Juga: 5 Istilah dalam Sepak Bola yang Harus Kamu Tahu, Apa Itu Underrated?

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya