5 Wonderkid yang Sudah Mencicipi Debut di Liga Inggris, Belum 19 Tahun

Ada Alejandro Garnacho dari Manchester United

Kasta tertinggi Liga Inggris atau English Premier League (EPL) memang bukan kompetisi yang mudah ditembus pemain muda. Para pemain muda, terutama yang masih berusia di bawah 19 tahun, harus bersaing dengan para pemain berkelas dunia agar bisa mengamankan satu tempat di skuad utama.

Di tengah ketatnya persaingan, ternyata ada juga beberapa pemain yang belum genap 19 tahun, tetapi bisa mencatatkan debutnya di liga paling elite sedunia. Berikut adalah wonderkid yang mampu mencetak debut di Premier League pada 2021/2022 ini.

1. Kaide Gordon

5 Wonderkid yang Sudah Mencicipi Debut di Liga Inggris, Belum 19 TahunKaide Gordon (instagram.com/kaidegordon10)

Nama pertama ada pemain sayap Liverpool, Kaide Gordon. Pria berpaspor Inggris ini sekaligus menjadi pemain debutan termuda pada musim ini. Gordon mencetak debutnya kala Liverpool bersua Brentford pada 16 Januari 2022 lalu. Saat itu, Gordon berusia 17 tahun 3 bulan 11 hari. 

Oleh Jurgen Klopp, Gordon yang merupakan jebolan Liverpool U-18 ini mendapat kesempatan bermain selama 8 menit.  Sayang, setelah itu, ia belum lagi menjadi pilihan Klopp. Gordon masih kalah saing dengan nama-nama besar seperti Alex Oxlade-Chamberlain dan Mohamed Salah.

2. Evan Ferguson

5 Wonderkid yang Sudah Mencicipi Debut di Liga Inggris, Belum 19 TahunEvan Ferguson (instagram.com/evan.ferguson.9)

Ada pula striker Brighton & Hove Albion, Evan Ferguson. Ferguson yang merupakan mantan pemain Brighton & Hove Albion U-23 untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di Premier League saat timnya kalah dari Burnley 0-3 pada 19 Februari 2022 lalu. 

Striker asal Irlandia ini mencetak debutnya pada usia 17 tahun 4 bulan. Sama dengan Gordon, setelah mencetak debut, ia belum lagi mendapat kepercayaan dari pelatih pada pertandingan lain.

Baca Juga: 5 Pemain Muslim Bayern Munich dan Borussia Dortmund, Nomor 3 Wonderkid

3. Alejandro Garnacho

5 Wonderkid yang Sudah Mencicipi Debut di Liga Inggris, Belum 19 TahunAlejandro Garnacho (kiri) bersama Cristiano Ronaldo (instagram.com/garnacho7)

Tak mau kalah, Manchester United baru saja mencetak calon bintang. Ia adalah pemain berkebangsaan Argentina, Alejandro Garnacho. Garnacho yang beroperasi di sayap kiri ini mendapatkan debutnya pada 28 April 2022 saat usianya menginjak 17 tahun 9 bulan 28 hari.

Pelatih Ralf Rangnick menurunkannya saat pertandingan menyisakan waktu kurang dari 3 menit. Meski begitu, debutnya sangat spesial karena ia diturunkan kala Manchester United melawan klub sebesar Chelsea. Momen itu bahkan sempat viral karena orangtua Garnacho yang berada di tribun tampak menitikan air mata melihat putra mereka bermain di klub sebesar Setan Merah.

Garnacho disebut sebagai salah satu calon kuat pemain bintang karena performanya luar biasa bersama Manchester United U-18. Ia juga bermain dengan orang-orang yang tepat. Bayangkan saja, di tim senior, ia mendapat bimbingan dari Cristiano Ronaldo. Sementara, di tim nasional, ia punya mentor sekelas Lionel Messi.

4. Sonny Perkins 

5 Wonderkid yang Sudah Mencicipi Debut di Liga Inggris, Belum 19 TahunSonny Perkins (instagram.com/sonnyperkins_)

Klub asal London, West Ham United, musim ini sempat mengejutkan dengan menyodok ke papan atas beberapa kali. Keberhasilan West Ham tak lepas dari kejelian pelatih David Moyes meracik strategi. Salah satunya dengan memadukan pemain muda dan senior. 

Musim ini sendiri, West Ham memberikan kesempatan debut bagi pemain muda. Salah satunya Sonny Perkins. Striker berkebangsaan Inggris ini mencatatkan debutnya pada usia 17 tahun 11 bulan 6 hari pada Januari 2022 lalu.

Meski hanya mencatatkan  waktu 1 menit pertandingan, kiprah Perkins patut ditunggu. Apalagi ia merupakan penghuni tetap Timnas Inggris sejak usia 15 tahun.

5. Leo Fuhr Hjelde

5 Wonderkid yang Sudah Mencicipi Debut di Liga Inggris, Belum 19 TahunLeo Fuhr Hjelde (instagram.com/leohjelde)

Nama terakhir adalah bek Leeds United, Leo Fuhr Hjelde. Pemain Timnas Inggris U-23 ini mampu membuktikan kualitasnya dengan menembus skuad utama Leeds musim ini. Leo mendapatkan debutnya saat Leeds mengalahkan West Ham pada Januari 2022 lalu. Saat itu, usianya menginjak 18 tahun 4 bulan 21 hari. 

Pada pertandingan debutnya, Leo langsung dipercaya bermain selama 67 menit. Setelah debut, Leo dipercaya menjadi starter saat Leeds menggulung Everton 3-0. Pada pertandingan itu, ia bermain selama 81 menit. 

Itu tadi lima pemain debutan termuda di Liga Inggris musim ini. Catat nama-nama mereka! Dua atau tiga tahun lagi bisa saja menjadi bintang.

Baca Juga: 5 Wonderkid yang Gagal Main di Piala Dunia 2022

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya