10 Pemain Premier League yang Menjadi Kapten Timnas, Leadership!

Mulai dari timnas negara Eropa hingga negara Asia

Premier League Inggris adalah salah satu liga sepak bola terbaik di Eropa, bahkan di dunia. Para pemain terbaik dari berbagai negara pun berkumpul untuk merumput di Premier League. Banyak dari mereka adalah pemain yang berprestasi, bukan saja di level klub tapi juga bersama tim nasional negaranya masing-masing.

Bahkan, ada cukup banyak pemain Premier League yang dipercaya menjadi kapten timnas masing-masing. Beberapa di antaranya sudah berhasil membawa negaranya meraih trofi atau mencapai prestasi yang cukup membanggakan di turnamen mayor.

Inilah 10 pemain Premier League yang saat ini menjadi kapten timnas negaranya.

1. Harry Kane (Inggris)

10 Pemain Premier League yang Menjadi Kapten Timnas, Leadership!potret Harry Kane (instagram.com/harrykane)

Pertama tentu ada nama kapten dari timnas Inggris sendiri, yaitu Harry Kane. Striker Tottenham Hotspur ini mulai dipercaya memakai ban kapten The Three Lions sejak 2018 menggantikan Jordan Henderson yang hanya menjabat selama sekitar 1 tahun.

Sejauh ini, Kane sudah memimpin rekan-rekannya dalam dua turnamen mayor. Ia membawa Inggris finis di posisi keempat Piala Dunia 2018 dan jadi runner up Piala Eropa 2020. Mampukah ia bisa mengantarkan negaranya meraih trofi bergengsi perdana sejak 1966?

2. Cristiano Ronaldo (Portugal)

10 Pemain Premier League yang Menjadi Kapten Timnas, Leadership!potret Cristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Berikutnya ada Cristiano Ronaldo, striker Manchester United yang pencapaiannya bersama timnas Portugal tak perlu dipertanyakan lagi. Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak di level internasional sepanjang masa dengan torehan 115 gol, sekaligus pemain Portugal dengan penampilan terbanyak yaitu 182 caps.

Ronaldo mulai menjabat kapten timnas sejak 2010. Sejauh ini ia sudah membawa negaranya meraih trofi Piala Eropa 2016 serta Nations League 2018/19. Tahun depan bisa jadi akan jadi kesempatan terakhir bagi Ronaldo untuk mencoba meraih trofi Piala Dunia yang ia idam-idamkan.

3. Hugo Lloris (Prancis)

10 Pemain Premier League yang Menjadi Kapten Timnas, Leadership!potret Hugo Lloris (90min.com)

Hugo Lloris adalah kapten timnas Prancis sejak 2011. Ia punya peran besar dalam kesuksesan Prancis menjuarai Piala Dunia 2018, juara Nations League 2020/21, serta jadi finalis Piala Eropa 2016.

Kiper Tottenham Hotspur ini juga adalah pemain aktif yang mengoleksi paling banyak caps bagi Prancis saat ini, yaitu dengan 134 caps. Hanya butuh 9 pertandingan lagi untuk Lloris melewati rekor caps terbanyak yang saat ini masih dipegang Lilian Thuram.

4. Virgil van Dijk (Belanda)

10 Pemain Premier League yang Menjadi Kapten Timnas, Leadership!potret Virgil van Dijk (instagram.com/virgilvandijk)

Kapten timnas Belanda saat ini juga bermain di Premier League. Ia adalah Virgil van Dijk. Bek Liverpool tersebut dikenal sebagai salah satu pemain bertahan terbaik dunia saat ini. Tak heran jika Van Dijk dipercaya mengemban jabatan sebagai kapten negaranya sejak tahun 2018.

Sayangnya, Van Dijk tak bisa tampil di Piala Eropa 2020 karena cedera. Namun setelah pulih, ia kembali memakai ban kapten dan sejauh ini sukses membawa negaranya menjadi pemuncak grup babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Jika lolos dan bisa tampil, ajang ini akan jadi penampilan pertama Van Dijk bersama Belanda di turnamen mayor.

5. Thiago Silva (Brasil)

10 Pemain Premier League yang Menjadi Kapten Timnas, Leadership!potret Thiago Silva (instagram.com/thiagosilva)

Tak hanya Liverpool, Chelsea juga memiliki seorang bek tengah yang kini menjadi kapten timnas. Ia adalah Thiago Silva yang dipercaya memimpin rekan-rekannya di timnas Brasil sejak 2013. Tak hanya di timnas, Silva juga sering menjabat sebagai kapten di klub-klub yang pernah ia bela.

Sebagai kapten Brasil, sejauh ini Silva sudah membawa negaranya memenangi dua trofi, yaitu Piala Konfederasi 2013 dan Copa America 2019. Tahun depan, ia punya kesempatan lagi untuk meraih trofi Piala Dunia pertamanya. 

Baca Juga: 6 Pemain Bundesliga yang Menjadi Kapten Timnas, Ada Juara Dunia

6. Christian Pulisic (Amerika Serikat)

10 Pemain Premier League yang Menjadi Kapten Timnas, Leadership!potret Christian Pulisic (instagram.com/cmpulisic)

Chelsea juga punya Christian Pulisic, winger yang jadi kapten timnas Amerika Serikat. Pulisic pertama kali dipercaya jadi kapten timnas pada tahun 2018 saat ia baru berusia 20 tahun. Dengan demikian, ia jadi pemain termuda yang memegang jabatan tersebut di timnas Amerika Serikat pada era sepak bola modern.

Sejauh ini, Pulisic sudah mengoleksi 40 caps bagi timnas sekaligus mencatatkan torehan 16 gol. Sebagai kapten, ia juga berhasil mengantarkan negaranya menjuarai Nations League CONCACAF 2019/20. Sayangnya, saat ini sang "Captain America" sedang cedera sehingga tak bisa bermain bagi klub maupun timnas.

7. Mohamed Salah (Mesir)

10 Pemain Premier League yang Menjadi Kapten Timnas, Leadership!potret Mohamed Salah (instagram.com/mosalah)

Beralih ke Afrika, ada nama Mohamed Salah, penyerang Liverpool yang menjadi kapten timnas Mesir. Salah mulai menjabat sebagai kapten pada tahun 2019. Ia menggantikan jabatan Ahmed Elmohamady, bek kanan yang musim lalu bermain di Aston Villa.

Bersama timnas, Salah masih belum berhasil meraih trofi apapun sejauh ini. Namun, ia pernah membawa negaranya menjadi runner-up Piala Afrika 2017 meski belum bertindak sebagai kapten. Selain itu, Salah juga adalah pencetak gol terbanyak kedua bagi timnas Mesir dengan raihan 43 gol dari 71 caps sejauh ini.

8. Riyad Mahrez (Aljazair)

10 Pemain Premier League yang Menjadi Kapten Timnas, Leadership!potret Riyad Mahrez (instagram.com/riyadmahrez26.7)

Ada pula nama Riyad Mahrez, winger Manchester City yang menjadi kapten di timnas Aljazair. Mahrez menjadi kapten sejak 2019. Debutnya sebagai kapten langsung berbuah manis ketika berhasil mengantarkan Aljazair menjadi juara Piala Afrika di tahun tersebut.

Sejauh ini, Mahrez sudah mengoleksi 25 gol dalam 68 caps internasional. Catatan ini membuatnya menjadi pemain aktif tertajam kedua bagi timnas Aljazair di bawah nama Islam Slimani yang punya koleksi 37 gol. Mahrez juga pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik Afrika pada tahun 2016 berkat keberhasilannya membawa Leicester City menjadi juara Premier League.

9. Pierre-Emerick Aubameyang (Gabon)

10 Pemain Premier League yang Menjadi Kapten Timnas, Leadership!potret Pierre-Emerick Aubameyang (90min.com)

Satu lagi pemain Premier League yang jadi kapten negara Afrika adalah Pierre-Emerick Aubameyang. Kepemimpinan Aubameyang tak perlu diragukan lagi karena ia juga telah memiliki jabatan sebagai kapten di level klub bersama Arsenal.

Auba sendiri tercatat sebagai top skor sepanjang masa Gabon dengan raihan 28 gol sejauh ini. Sayangnya, ia belum bisa menghadirkan trofi bagi negaranya.

10. Son Heung Min (Korea Selatan)

10 Pemain Premier League yang Menjadi Kapten Timnas, Leadership!potret Son Heung Min (instagram.com/hm_son7)

Son Heung Min adalah kapten dari timnas Korea Selatan sejak tahun 2018. Penyerang Tottenham Hotspur ini sempat memakai ban kapten di laga babak grup Piala Dunia 2018, dimana negaranya sukses menyingkirkan Jerman.

Setelah itu, Son juga jadi kapten Korsel pada Piala Asia 2019. Sayang perjalanan mereka kala itu hanya sampai babak perempat final saja. Sejauh ini, Son sudah mengoleksi 94 caps bersama timnas Korea Selatan dengan catatan 29 gol.

Itulah 10 pemain Premier League yang saat ini sedang menjabat sebagai kapten timnas negaranya. Adakah di antara mereka yang merupakan pemain favoritmu?

Baca Juga: 7 Pemain La Liga yang Menjadi Kapten Timnas, Real Madrid Dominan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya