Comscore Tracker

Gak Cuma Premier League, 4 Liga Ini Persaingan Tangga Juaranya Sengit

Ada banyak peluang menyalip di pertandingan terakhir

Kompetisi liga-liga Eropa telah memasuki babak akhir. Beberapa liga sudah mendapatkan kepastian tim yang menjadi juara, misalnya Serie A Italia yang kembali dimenangkan Juventus dan Ligue 1 Prancis yang lagi-lagi didominasi Paris-Saint Germain. Sementara persaingan di La Liga Spanyol sudah hampir pasti dimenangkan Barcelona.

Namun ada pula liga-liga di Eropa yang masih menyajikan persaingan sengit menuju tangga juara. Salah satunya tentu adalah Premier League Inggris, di mana Manchester City dan Liverpool terus berpacu dengan selisih poin tipis.

Selain Inggris, ada 4 liga lain yang juga masih menyuguhkan persaingan ketat yang patut disimak. Inilah 4 liga tersebut.

1. Bundesliga Jerman

Gak Cuma Premier League, 4 Liga Ini Persaingan Tangga Juaranya Sengittheguardian.com

Memasuki 4 partai terakhir Bundesliga Jerman, hanya ada jarak 1 poin yang memisahkan pemuncak klasemen sementara Bayern Munchen dengan Borussia Dortmund di tangga runner-up. Pada pertengahan musim Dortmund sebenarnya sempat memimpin klasemen dengan keunggulan 7 poin atas Munchen. Namun penurunan performa membuat posisi Die Borussien mulai terkejar.

Puncaknya adalah ketika Munchen membantai Dortmund 5-0 pada awal April yang membuat posisi puncak kembali direbut Die Roten. Namun peluang Dortmund belum sepenuhnya habis. Jadwal 4 partai tersisa Munchen mencakup menghadapi RB Leipzig dan Eintracht Frankfurt yang menempati posisi 3 dan 4. Jika Munchen tersandung, Dortmund berpeluang menyalip di tikungan terakhir.

2. Eredivisie Belanda

Gak Cuma Premier League, 4 Liga Ini Persaingan Tangga Juaranya Sengittellerreport.com

Baca Juga: Laga Terakhir, Liga Italia Masih Menyisakan Drama Menegangkan

Persaingan juara di Negeri Kincir Angin malah lebih ketat dari Bundesliga. Hingga pekan ke-31, Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven menempati posisi 1 dan 2 dengan jumlah poin yang sama persis, 77 angka. Namun Ajax berhak memimpin lantaran memiliki selisih gol yang jauh lebih superior dibanding PSV, 81 berbanding 68.

Di atas kertas, peluang Ajax terbilang lebih besar karena hanya akan berhadapan dengan tim-tim papan tengah dan papan bawah di 3 laga sisa. Sementara PSV masih punya jadwal berat menghadapi AZ Alkmaar sang penghuni peringkat ke-4 di pekan ke-33. Namun Ajax mesti pintar-pintar membagi konsentrasi dengan jadwal semifinal Liga Champions jika tidak ingin kehilangan gelar.

3. Primeira Liga Portugal

Gak Cuma Premier League, 4 Liga Ini Persaingan Tangga Juaranya Sengitjornalacores9.pt

Persis seperti Eredivisie, Primeira Liga Portugal juga menghadirkan dua tim yang tengah saling sikut dengan jumlah poin sama. Benfica dan FC Porto sama-sama telah mengoleksi 75 poin dari 30 partai, dengan Benfica sementara di posisi teratas karena unggul cukup jauh dalam urusan selisih gol.

Benfica dan Porto yang bergantian menguasai Liga Portugal dalam 16 tahun terakhir pun punya 4 jadwal tersisa dengan tingkat kesulitan yang mirip. Benfica masih harus menghadapi peringkat ke-4 Braga, sementara peringkat ke-3 Sporting Lisbon bakal jadi lawan Porto di pekan penutup. Menarik ditunggu siapa di antara keduanya yang pada akhirnya akan berjaya.

4. Super Lig Turki

Gak Cuma Premier League, 4 Liga Ini Persaingan Tangga Juaranya Sengitaa.com.tr

Satu liga lain yang masih menghadirkan persaingan panas di pekan-pekan terakhir adalah Super Lig Turki. Tim kejutan Istanbul BB tengah memimpin klasemen sementara dengan 62 poin dari 29 laga, unggul dari Galatasaray yang punya 59 angka. Bahkan dengan 56 poin, Besiktas di peringkat ketiga pun masih punya peluang untuk ikut meramaikan persaingan.

Maka partai Galatasaray menjamu Istanbul BB di pekan ke-33 pun berpotensi jadi laga 'final' penentu gelar juara. Galatasaray yang merupakan tim tersukses di Turki tentu tidak ingin dipermalukan oleh Istanbul BB yang belum pernah sekalipun jadi juara. Patut ditunggu apakah Galatasaray akan mampu mempertahankan gelar atau Istanbul akan tampil sebagai kuda hitam.

Itulah 4 liga di Eropa selain Premier League yang masih menyajikan persaingan ketat menuju gelar juara di pekan-pekan terakhir. Siapakah tim yang pada akhirnya akan menjadi juara di keempat liga tersebut? Mari kita nantikan.

Baca Juga: 4 Alasan Manchester City Lebih Berpeluang Juara Liga Inggris

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You