Comscore Tracker

5 Legenda Chelsea yang Akhirnya Pensiun di Klub Lain, Ada Lampard

Posisi tergeser, gagal tutup karier bersama The Blues

Dalam dunia sepak bola, seorang pemain biasanya akan dianggap legenda sebuah klub jika ia membela klub tersebut dalam waktu lama. Status legenda akan semakin melekat jika ia sanggup berprestasi dan meraih trofi, apalagi jika akhirnya ia pensiun di klub tersebut.

Meski demikian, ada pula beberapa pemain yang melegenda bersama satu klub, tapi akhirnya pensiun di klub lain. Hal itu pernah terjadi kepada beberapa pemain legendaris Chelsea. Inilah lima legenda Chelsea yang menutup kariernya bersama klub lain.

1. Frank Lampard

5 Legenda Chelsea yang Akhirnya Pensiun di Klub Lain, Ada LampardFrank Lampard (twitter.com/championsleague)

Pertama ada Frank Lampard, yang membela Chelsea dari 2001 hingga 2014. Selama 13 tahun, Lampard menjadi bagian vital kesuksesan Chelsea. Ia bermain 648 kali di semua ajang, sehingga jadi pemain Chelsea dengan penampilan terbanyak keempat sepanjang masa.

Lampard juga menyumbangkan 211 gol dan 150 assist bagi The Blues, sehingga berperan besar dalam kesuksesan Chelsea meraih 13 trofi. Sayangnya, Lampard akhirnya tidak pensiun bersama Chelsea, tapi justru di Amerika Serikat bersama New York City FC.

Lampard hengkang dari Chelsea pada 2014 setelah kontraknya tidak diperpanjang. Setalah itu ia sempat membela Manchester City selama semusim, bahkan sempat mencetak gol ke gawang Chelsea di Stamford Bridge. Setelah pensiun pada 2016, Lampard sempat kembali ke Chelsea sebagai pelatih, meski hanya bertahan sekitar 1,5 musim.

2. Ashley Cole

5 Legenda Chelsea yang Akhirnya Pensiun di Klub Lain, Ada LampardAshley Cole (uefa.com)

Pada 2014, Chelsea tak hanya ditinggal Lampard yang kontraknya habis, tapi juga Ashley Cole. Cole dikenal sebagai salah satu bek kiri terbaik di Premier League ketika aktif bermain. Memulai karier dengan membela Arsenal selama 7 tahun, Cole sempat membuat kontroversi ketika menyeberang ke Chelsea pada 2006.

Pada akhirnya, Cole justru lebih dikenal sebagai legenda Chelsea, karena ia lebih lama berseragam The Blues yaitu selama 8 musim. Cole mencatat 338 penampilan di semua ajang dan mencetak 7 gol serta 38 assist. Selain itu, Cole juga sukses meraih 9 trofi selama berseragam Chelsea.

Namun, perlahan tapi pasti Cole mulai terbuang dari Chelsea karena semakin jarang mendapat kesempatan bermain. Akhirnya Cole pindah ke AS Roma, sebelum melanglang buana ke LA Galaxy di Amerika Serikat. Pada 2019, ia kembali ke Inggris dan membela Derby County selama setengah musim, lalu akhirnya pensiun.

Baca Juga: 5 Pelatih dengan Masa Jabatan Tersingkat dalam Sejarah Premier League

3. Petr Cech

5 Legenda Chelsea yang Akhirnya Pensiun di Klub Lain, Ada LampardPetr Cech (uefa.com)

Ada pula kiper legendaris Chelsea yang akhirnya pensiun di klub lain. Ia adalah Petr Cech, kiper asal Republik Ceko yang meraih sukses luar biasa di Chelsea. Cech bergabung pada 2004, dan namanya langsung terangkat karena performa luar biasa di bawah mistar.

Cech membela The Blues hingga 2015, dan ia mencatat 494 laga di semua ajang dengan catatan 228 clean sheet. Sampai saat ini, Cech masih berstatus kiper dengan clean sheet terbanyak sepanjang sejarah Premier League, yaitu 202 clean sheet. Plus, Cech juga turut membawa Chelsea meraih 15 trofi.

Namun pada 2015 Cech akhirnya hengkang dari Chelsea setelah posisinya mulai tergeser oleh Thibaut Courtois. Arsenal jadi klub yang membelinya, dan Cech sempat membela The Gunners selama 4 musim. Pada 2019 ia memutuskan pensiun, dan laga terakhirnya adalah menghadapi Chelsea di final Europa League yang gagal dimenangi Arsenal.

4. Didier Drogba

5 Legenda Chelsea yang Akhirnya Pensiun di Klub Lain, Ada LampardDidier Drogba (premierleague.com)

Pemain yang satu ini juga melegenda bersama Chelsea. Didier Drogba adalah juru gedor utama Chelsea selama bermukim di Stamford Bridge dari 2004 hingga 2012. Drogba sempat hengkang dari Chelsea setelah itu, tapi belakangan kembali di musim 2014/15, sehingga secara total berseragam Chelsea selama 9 musim.

Selama periode tersebut, Drogba mempersembahkan 164 gol dan 87 assist dalam 381 pertandingan di semua ajang. Ia juga sukses mengangkat 14 trofi, termasuk 4 Premier League dan 1 Liga Champions. Drogba juga sempat menyandang status pemain Afrika tersubur di Premier League, sebelum akhirnya disalip oleh Mohamed Salah.

Namun, Drogba akhirnya tidak pensiun di Chelsea. Ia kembali hengkang pada 2015 dan sempat membela dua klub MLS di pengujung kariernya, yaitu Montreal Impact dan Phoenix Rising. Drogba pensiun bersama Phoenix di tahun 2018 saat berusia 40 tahun.

5. John Terry

5 Legenda Chelsea yang Akhirnya Pensiun di Klub Lain, Ada LampardJohn Terry (twitter.com/premierleague)

Dibanding empat pemain di atas, John Terry jelas lebih legendaris sebagai pemain Chelsea. Terry adalah pemain yang paling lama membela Chelsea di era modern, tepatnya selama 19 tahun dari 1998 hingga 2017. Dengan total 713 penampilan, Terry juga adalah pemain Chelsea dengan jumlah penampilan terbanyak ketiga sepanjang masa.

Selain itu, Terry juga adalah kapten Chelsea yang terlama menjabat, serta kapten Chelsea yang mengoleksi paling banyak trofi. Terry memenangi total 17 trofi selama berseragam The Blues, dengan 16 trofi di antaranya diraih selama ia menjadi kapten dari 2004 hingga 2017.

Ironisnya, Terry justru terpaksa pindah dari Chelsea di pengujung kariernya. Kontraknya yang habis pada 2017 tak diperpanjang, sehingga ia merapat ke Aston Villa. Hanya semusim yang ia habiskan di Aston Villa, sebelum akhirnya menyatakan pensiun pada 2018.

Lima pemain di atas terkenal sebagai legenda Chelsea, tapi mereka justru pensiun di klub lain karena hengkang dari Chelsea di pengujung kariernya. Kalau kamu fans Chelsea, adakah dari antara mereka yang merupakan pemain idolamu?

Baca Juga: 10 Pemain Liga Inggris dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya