Comscore Tracker

5 Mantan Pemain Man United yang Main di LaLiga, Ada Top Skor Barcelona

Banyak yang flop di MU, tapi moncer di LaLiga

Manchester United adalah salah satu klub terbesar di dunia. Performa boleh naik turun, tapi status mereka sebagai klub top tetap tak bisa dibantah. Karena itu, tentu tak sembarang pemain bisa membela klub berjuluk The Red Devils ini. Sebagian besar pemain yang pernah membela MU pasti memiliki kualitas mumpuni.

Memang, tak semua pemain tersebut bisa menunjukkan potensi terbaiknya selama membela MU. Namun, mereka tetap mampu menunjukkan kualitas setelah hengkang dari Old Trafford dan bermain di beberapa liga top Eropa, misalnya LaLiga Spanyol.

Inilah 5 mantan pemain MU yang saat ini sedang berkarier di LaLiga.

1. Gerard Pique (Barcelona)

5 Mantan Pemain Man United yang Main di LaLiga, Ada Top Skor Barcelonapotret Gerard Pique (instagram.com/3gerardpique)

Pertama ada Gerard Pique, bek asal Spanyol yang merupakan lulusan akademi Manchester United. Pique sebenarnya lebih dulu menimba ilmu di akademi Barcelona. Tapi, ia baru promosi ke tim senior saat bersama Manchester United. Selama sekitar empat musim berseragam MU, Pique yang saat itu baru berusia belasan tahun dapat kesempatan main 23 kali di semua ajang.

Ia juga turut mengangkat 3 trofi bersama MU, termasuk Premier League dan Liga Champions di musim 2007/08. Setelah itu, Pique direkrut kembali oleh Barcelona sekaligus sukses mengukir karier yang luar biasa di tanah kelahirannya tersebut.

Musim ini adalah musim ke-14 bagi Pique bersama Barca. Sejauh ini, Pique bisa dibilang sudah memenangi segalanya dengan Barcelona.

Pique juga sudah mencatatkan lebih dari 580 penampilan dengan sumbangan lebih dari 50 gol. Total trofinya di Barca pun luar biasa, yaitu 30 trofi. Jelas, Pique sudah sah menyandang status legenda hidup bagi Barcelona.

2. Memphis Depay (Barcelona)

5 Mantan Pemain Man United yang Main di LaLiga, Ada Top Skor Barcelonapotret Memphis Depay (instagram.com/memphisdepay)

Pemain yang satu ini juga sedang membela Barcelona. Namun, ia baru memulai kariernya di LaLiga pada musim ini. Memphis Depay sudah mencatatkan statistik yang cukup apik di musim debutnya bersama Barca. Sejauh ini ia sudah mencetak 8 gol dalam 19 partai di semua ajang. Sehingga, untuk sementara namanya tercatat sebagai top skor Barca musim ini.

Meski kadang tampil buruk dan membuang peluang di depan gawang, Memphis tetaplah sosok penyerang yang paling bisa diandalkan Barca saat ini. Hal itu berbanding terbalik dari saat ia membela MU pada 2015 hingga 2017 dulu. Saat itu, Memphis kesulitan menunjukkan tajinya bersama MU meski dapat kesempatan tampil 53 kali di semua ajang.

Bahkan, koleksi golnya selama 1,5 musim di MU hanya berjumlah 7 gol, jumlah yang lebih sedikit dibandingkan debutnya di Barca hingga saat ini. Jika bisa terus meningkatkan ketajamannya di depan gawang, Memphis bakal jadi aset berharga bagi Barcelona dalam usaha menciptakan momentum kebangkitan.

Baca Juga: 6 Pemain Manchester United yang Kontraknya Berakhir pada Juni 2022

3. Radamel Falcao (Rayo Vallecano)

5 Mantan Pemain Man United yang Main di LaLiga, Ada Top Skor Barcelonapotret Radamel Falcao (instagram.com/falcao)

Radamel Falcao juga sempat mengalami nasib yang mirip dengan Memphis selama membela MU. Striker asal Kolombia ini dikenal punya ketajaman luar biasa selama membela FC Porto, Atletico Madrid, dan AS Monaco. Namun, saat dipinjam oleh MU pada musim 2014/15, ia mendadak flop dengan hanya mencetak 4 gol saja dari 29 laga yang ia lakoni.

Beruntung, Falcao berhasil mengembalikan ketajamannya setelah pindah ke Galatasaray hingga kini membela Rayo Vallecano di LaLiga. Meski hanya membela tim promosi, Falcao sejauh ini sudah membuat 5 gol dari 8 laga, lho. Alhasil, Vallecano secara mengejutkan bisa nangkring di posisi keenam klasemen sementara LaLiga hingga pekan ke-15.

4. Bebe (Rayo Vallecano)

5 Mantan Pemain Man United yang Main di LaLiga, Ada Top Skor Barcelonapotret Bebe (laliga.com)

Selain Falcao, Rayo Vallecano juga punya satu pemain lain yang pernah membela MU. Ia adalah Tiago Manuel Dias Correia alias Bebe, gelandang asal Portugal yang berseragam MU sejak 2010 hingga 2014. Bebe kerap disebut-sebut sebagai flop terburuk yang pernah membela Manchester United sepanjang sejarah.

Meski demikian, kualitas Bebe sebenarnya tak seburuk yang disangka orang. Musim ini ia cukup sering tampil bersama Vallecano, yaitu 12 laga di LaLiga, meski sebagian besar ia masuk sebagai pemain pengganti. Kesuksesan Vallecano bertengger di tangga keenam LaLiga pun tak lepas dari kontribusinya. Termasuk lewat 2 assist yang sudah ia ciptakan.

5. Adnan Januzaj (Real Sociedad)

5 Mantan Pemain Man United yang Main di LaLiga, Ada Top Skor Barcelonapotret Adnan Januzaj (instagram.com/adnanjanuzaj)

Adnan Januzaj pernah digadang-gadang jadi winger masa depan Manchester United; meneruskan tradisi mereka yang memang kerap memiliki winger berbahaya. Januzaj mulai membela MU sejak usia 18 tahun di musim 2013/14. Awalnya, Januzaj memang tampil menjanjikan. Tapi, perlahan sinarnya mulai meredup sehingga MU pun melepasnya ke Real Sociedad pada 2017.

Bersama Sociedad, pemain asal Belgia ini mulai mendapatkan tempat di skuad inti. Sejauh ini, ia sudah tampil 144 kali di semua ajang dengan sumbangan 20 gol dan 20 assist. Ia juga turut andil dalam kesuksesan Sociedad meraih trofi Copa del Rey 2019/20, sekaligus berada di empat besar klasemen sementara LaLiga musim ini.

Itulah kelima mantan pemain Manchester United yang kini bermain di LaLiga Spanyol. Beberapa di antara mereka memang terbilang tak sukses bersama MU. Tapi, kini mereka membuktikan kemampuan masing-masing dengan tampil apik di LaLiga. Siapakah yang bakal berprestasi bersama timnya musim ini?

Baca Juga: 7 Mantan Pemain Manchester City yang Saat Ini Bermain di LaLiga

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya