Comscore Tracker

5 Negara Piala Eropa 2020 yang Paling Banyak Membawa Pemain Liga Lokal

#IDNTimesSport Hanya sedikit membawa pemain dari liga luar

Dalam turnamen sebesar Piala Eropa, pemilihan pemain memegang peran sangat penting bagi sebuah tim untuk tampil maksimal. Strategi yang ciamik tidak akan berjalan jika para pemain tidak memiliki kualitas untuk menjalankannya. Maka setiap negara yang bertanding di Piala Eropa pasti menyusun skuadnya dengan pemain-pemain terbaik mereka.

Para negara peserta Piala Eropa 2020 sudah menentukan 26 nama pemain yang mereka bawa. Beberapa negara mengandalkan banyak pemain top yang berlaga di luar negeri, tapi ada pula negara-negara yang lebih memercayai para pemain yang tampil di liga lokal. Ini dia 5 negara di Piala Eropa 2020 yang paling banyak membawa pemain dari liga lokal.

1. Inggris (23 pemain)

5 Negara Piala Eropa 2020 yang Paling Banyak Membawa Pemain Liga LokalTimnas Inggris (uefa.com)

Inggris jadi negara yang paling banyak mengandalkan pemain liga lokal di Piala Eropa 2020. Dari 26 pemain yang mereka bawa, 23 di antaranya bermain di Premier League Inggris. Hanya 3 pemain yang merumput di luar Inggris, yaitu Kieran Trippier yang bermain di Atletico Madrid, serta Jude Bellingham dan Jadon Sancho yang sama-sama membela Borussia Dortmund.

Hal itu sebenarnya tidak mengherankan karena memang sebagian besar pemain Inggris bermain di dalam negeri. Kualitas mereka pun telah terbukti karena Premier League adalah salah satu liga terbaik di Eropa saat ini. Di Piala Dunia 2018 lalu pun, Inggris sukses melaju hingga semifinal dengan mengandalkan sebagian besar pemain dari Premier League.

2. Italia (22 pemain)

5 Negara Piala Eropa 2020 yang Paling Banyak Membawa Pemain Liga LokalTimnas Italia (freshheadline.com)

Berikutnya ada Italia, yang 22 dari 26 pemainnya bermain di liga lokal yaitu Serie A Italia. Pelatih Roberto Mancini hanya membawa empat pemain dari luar Serie A, yaitu Emerson Palmieri dan Jorginho yang bermain di Chelsea, serta Alessandro Florenzi dan Marco Verratti yang bermain di Prancis bersama Paris Saint-Germain.

Serie A sendiri dalam beberapa tahun terakhir memang bisa dibilang mengalami penurunan kualitas dibanding liga-liga top Eropa lain. Namun bukan berarti Tim Azzurri bisa diremehkan. Justru mereka sudah membuktikan kehebatannya dengan menjalani 28 laga tanpa terkalahkan sejauh ini, dan kali terakhir mereka merasakan kekalahan adalah pada 2018.

3. Rusia (22 pemain)

5 Negara Piala Eropa 2020 yang Paling Banyak Membawa Pemain Liga LokalTimnas Rusia (uefa.com)

Negara berikutnya mungkin bukan negara yang kamu sangka. Rusia ternyata juga turun di Piala Eropa 2020 dengan banyak mengandalkan pemain yang berlaga di liga lokal mereka, yaitu Russian Premier League. Sama seperti Italia, hanya ada 4 pemain di skuad Rusia yang bermain di klub luar negeri.

Mereka adalah Fedor Kudrashov (Antalayspor), Denis Cherisev (Valencia), Aleksandr Golovin (AS Monaco), dan Aleksei Miranchuk (Atalanta). Selebihnya, Rusia lebih banyak mengandalkan pemain yang berlaga di CSKA Moskow, Spartak Moskow, Lokomotiv Moskow, maupun Zenit Saint Petersburg. Sejauh mana Rusia bisa melaju dengan pemain-pemain lokal tersebut?

Baca Juga: 5 Pemain Senior yang Bisa Pensiun dari Timnas Setelah Piala Eropa 2020

4. Ukraina (18 pemain)

5 Negara Piala Eropa 2020 yang Paling Banyak Membawa Pemain Liga LokalTimnas Ukraina (shivasportsnews.com)

Ukraina sang tetangga Rusia juga tak mau kalah dengan lebih banyak mengandalkan pemain yang bermain di liga lokal mereka. Pelatih Andriy Shevchenko tentu tetap membawa pemain-pemain bintang yang berlaga di liga top Eropa, seperti Oleksandr Zinchenko (Manchester City), Ruslan Malinovskiy (Atalanta), dan Andriy Yarmolenko (West Ham united).

Tapi secara total, 18 dari 26 pemain Ukraina di Piala Eropa 2020 adalah pemain liga lokal mereka. Khususnya para pemain dari dua klub penguasa Liga Ukraina, yaitu Dinamo Kyiv yang diwakili 10 pemain serta Shakhtar Donetsk yang mengirimkan 7 pemain. Sisi positifnya adalah para pemain tersebut tentu sudah sangat mengenal satu sama lain sehingga bisa lebih kompak.

5. Jerman (17 pemain)

5 Negara Piala Eropa 2020 yang Paling Banyak Membawa Pemain Liga LokalTimnas Jerman (uefa.com)

Terakhir, ada Jerman yang 17 dari 26 pemainnya bermain di liga lokal alias Bundesliga. Seperti biasa, sebagian besar dari mereka adalah pemain Bayern Munchen, yang diwakili oleh 8 pemain. Selain itu ada pula beberapa pemain dari Borussia Dortmund, Borussia Monchengladbach, dan klub-klub Jermain lain.

Di lapangan, mereka akan berkolaborasi dengan para bintang Der Panzer yang bermain di luar Jerman seperti Ilkay Gundogan (Manchester City), Toni Kroos (Real Madrid), serta Kai Havertz dan Timo Werner (Chelsea). Jika bisa nyetel, bukan mustahil anak asuh Joachim Low akan memberikan persembahan terakhir pada pelatihnya itu berupa gelar juara Piala Eropa.

Itulah 5 negara di Piala Eropa 2020 paling banyak membawa pemain yang bermain di liga lokal. Dari 5 negara tersebut, menurutmu negara mana yang akan melaju paling jauh di Piala Eropa kali ini?

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Prancis Bakal Jadi Juara Piala Eropa 2020

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya