5 Pemain yang Bisa Persembahkan Ballon d'Or Pertama untuk Negaranya

Rasanya akan ada pemenang baru lagi musim ini

Meraih penghargaan Ballon d'Or adalah salah satu pencapaian terhebat yang bisa diraih seorang pemain sepak bola. Saking prestisiusnya, meraih Ballon d'Or tak hanya akan membuat bangga sang pemenang, tapi juga klub serta negaranya. Nama sebuah negara bisa ikut terangkat jika ada pemainnya yang sanggup memenangi Ballon d'Or.

Tahun ini, lima pemain yang masuk nominasi Ballon d'Or berpeluang mempersembahkan trofi tersebut untuk negaranya pertama kali. Sejarah pun akan tercipta jika salah satu dari mereka berhasil jadi pemenang.

Berikut ini adalah 5 pemain yang berpotensi persembahan Ballon d'Or pertama kali untuk negaranya.

1. Robert Lewandowski (Polandia)

5 Pemain yang Bisa Persembahkan Ballon d'Or Pertama untuk Negaranyapotret Robert Lewandowski (bayernstrikes.com)

Pertama ada nama Robert Lewandowski, striker Bayern Munchen yang cukup diunggulkan meraih Ballon d'Or tahun ini. Ia tampi luar biasa sepanjang musim lalu hingga di awal musim ini. Lewandowski mencetak 48 gol di semua ajang sepanjang musim lalu sehingga mendapat trofi sepatu emas Eropa untuk pertama kalinya.

Jika akhirnya menang, Lewandowski akan jadi pemain Polandia pertama yang berhasil meraih Ballon d'Or. Sepanjang sejarah, ada dua pemain Polandia yang pernah masuk tiga besar Ballon d'Or, yaitu Kazimierz Deyna di tahun 1974 dan Zbigniew Boniek pada 1982. Namun, mereka berdua gagal menang karena sama-sama hanya finis di posisi ketiga.

2. Romelu Lukaku (Belgia)

5 Pemain yang Bisa Persembahkan Ballon d'Or Pertama untuk Negaranyapotret Romelu Lukaku (talksport.com)

Belgia adalah negara yang timnasnya sedang memiliki skuad penuh bintang dalam beberapa tahun terakhir. Timnas Belgia bahkan sedang menempati ranking pertama FIFA sejak September 2018. Namun, belum ada pemain Belgia yang pernah mendapat Ballon d'Or, baik di masa lalu maupun di era keemasan mereka ini.

Romelu Lukaku berpeluang jadi pemain Belgia pertama yang melakukan itu karena ia masuk nominasi Ballon d'Or tahun ini. Penampilan Lukaku selama musim lalu bersama Inter Milan memang apik sehingga bisa berbuah gelar Scudetto. Plus, Lukaku juga tampil tajam di Piala Eropa 2020 meski Belgia akhirnya hanya mentok sampai di babak perempat final.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berpotensi Gagalkan Lionel Messi Meraih Ballon d’Or 2021

3. Erling Haaland (Norwegia)

5 Pemain yang Bisa Persembahkan Ballon d'Or Pertama untuk Negaranyapotret Erling Haaland (90min.com)

Satu lagi negara Eropa yang berpeluang meraih Ballon d'Or pertama kali melalui pemainnya adalah Norwegia. Erling Haaland jadi nominasi Ballon d'Or tahun ini berkat penampilan hebatnya sepanjang musim lalu. Ia mencetak 41 gol dan 12 assist bagi Borussia Dortmund di semua ajang sekaligus mempersembahkan trofi DFB-Pokal.

Jika menang, Haaland akan menjadi pemain termuda kedua yang pernah memenangi Ballon d'Or. Haaland baru akan berusia 21 tahun lebih 5 bulan saat pengumuman pemenang nanti. Predikat pemenang termuda sendiri masih dipegang oleh Ronaldo Nazario yang meraih Ballon d'Or 1997 saat masih berusia 21 tahun lebih 3 bulan.

4. Mohamed Salah (Mesir)

5 Pemain yang Bisa Persembahkan Ballon d'Or Pertama untuk Negaranyapotret Mohamed Salah (thisisanfield.com)

Sepanjang sejarah, baru ada satu pemain asal Afrika yang pernah meraih Ballon d'Or. Ia adalah George Weah yang berhasil memenangkannya di tahun 1995. Bahkan, Weah juga masih jadi satu-satunya pemain Afrika yang pernah masuk tiga besar Ballon d'Or. Tahun ini, Mohamed Salah berpeluang jadi pemain Afrika kedua yang berhasil melakukannya.

Tentunya Salah bakal mempersembahkan trofi Ballon d'Or bagi negaranya, Mesir untuk pertama kalinya. Meski musim lalu Liverpool tampil buruk, Salah jadi salah satu pemain yang performanya tetap terjaga. Di awal musim ini pun Salah masih terus tampil garang. Hal itu bisa jadi faktor pendukungnya jadi pemenang tahun ini.

5. Riyad Mahrez (Aljazair)

5 Pemain yang Bisa Persembahkan Ballon d'Or Pertama untuk Negaranyapotret Riyad Mahrez (si.com)

Selain Salah, Riyad Mahrez juga sudah mengangkat nama benua Afrika dengan masuk nominasi Ballon d'Or musim ini. Maka ia pun berpeluang mempersembahkan trofi Ballon d'Or kedua bagi Afrika, sekaligus yang pertama bagi negaranya, Aljazair. Itu semua berkat penampilan hebat yang ia tunjukkan sepanjang tahun ini.

Musim lalu, Mahrez mencetak total 14 gol dan 9 assist bagi Manchester City. Itu termasuk 3 golnya ke gawang Paris Saint-Germain di babak semi final Liga Champions yang meloloskan mereka ke final meski akhirnya gagal juara. Selain bagi Aljazair, trofi Ballon d'Or tahun ini juga bakal jadi yang pertama bagi Manchester City jika Mahrez bisa menang.

Meskipun nama Robert Lewandowski begitu diunggulkan untuk meraih penghargaan Ballon d'Or 2021, sederet nama-nama lain juga tak bisa dikesampingkan begitu saja. Menurutmu, siapa di antara mereka yang bakal meraih penghargaan paling bergengsi ini?

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Masuk Nominasi Ballon d’Or 2021, Siapa Saja?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya