Comscore Tracker

Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Spanyol Ini Pernah Main di Liga Inggris

Ada legenda Real Madrid dan Barcelona

Dalam dua dekade terakhir, Premier League Inggris dikenal sebagai salah satu liga top yang jadi tujuan para pemain Spanyol. Banyak pemain asal Spanyol yang mencoba berkarier di Inggris. Beberapa di antara mereka terbilang sangat sukses. Contohnya adalah Cesc Fabregas, David Silva, Fernando Torres, David de Gea, dan banyak lagi.

Namun, tentu tak semua pemain Spanyol meraih sukses saat main di Premier League. Bahkan, ada beberapa pemain Spanyol yang punya nama besar, tetapi tak diketahui pernah bermain di Inggris, karena kariernya di Premier League terbilang tak istimewa.

1. Fernando Hierro

Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Spanyol Ini Pernah Main di Liga Inggrispotret Fernando Hierro berseragam Bolton Wanderers (twitter.com/OfficialBWFC)

Pertama, ada Fernando Hierro, mantan bek ternama yang merupakan legenda Real Madrid dan timnas Spanyol. Hierro membela Real Madrid selama 14 tahun. Ia meraih banyak kesuksesan bersama Los Blancos. Sebanyak 17 trofi berhasil ia raih selama berseragam Madrid, termasuk 5 trofi LaLiga dan 3 Liga Champions.

Sebagai bek, Hierro juga terkenal sangat produktif. Ia mengoleksi 160 gol sepanjang kariernya bersama klub dan timnas. Karena statusnya yang sangat kental sebagai legenda Real Madrid, tak banyak yang menyadari bahwa Hierro ternyata pernah bermain di Premier League.

Tepatnya, Hierro main di Inggris pada 2004/2005, musim terakhirnya bermain sepak bola. Saat itu, Hierro membela Bolton Wanderers. Ia sempat bermain 34 kali di semua ajang. Selesai membela Bolton, Hierro pensiun pada usia 37 tahun.

2. Michel Salgado

Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Spanyol Ini Pernah Main di Liga Inggrispotret Michel Salgado berseragam Blackburn Rovers (sportsmole.co.uk)

Hierro bukan satu-satunya bek legendaris Real Madrid yang pernah menjajal Premier League. Michel Salgado juga pernah melakukannya. Bahkan, tak hanya semusim, tetapi tiga musim dari 2009—2012. Namun, nama Salgado memang tak terlalu menonjol di Inggris karena hanya membela klub semenjana, Blackburn Rovers.

Selama membela Blackburn, Salgado mencatat 73 penampilan di semua ajang serta menyumbang satu gol. Ia sempat membawa Blackburn finis di 10 besar pada musim pertamanya, tetapi gagal menyelamatkan mereka dari degradasi pada 2011/2012. Setelah Blackburn terdegradasi, Salgado memutuskan untuk pensiun.

Baca Juga: 4 Pemain Spanyol yang Bantu 2 Medioker Dobrak Premier League

3. Fernando Morientes

Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Spanyol Ini Pernah Main di Liga Inggrispotret Fernando Morientes berseragam Liverpool (twitter.com/lfc)

Pemain yang satu ini juga terkenal sebagai legenda Real Madrid, tetapi ia berposisi striker. Fernando Morientes membela Real Madrid selama 8 musim. Ia juga pernah berseragam Valencia selama 3 musim. Ia sukses meraih trofi bersama kedua klub tersebut, sehingga kariernya tentu lebih banyak tentang periodenya bermain di Spanyol.

Maka, tak heran jika banyak yang tak menyadari bahwa Morientes sempat bermain di Premier League, tepatnya bersama Liverpool. Ia membela The Reds selama 1,5 musim dari Januari 2005 hingga akhir musim 2005/2006.

Sayangnya, penampilan Morientes bersama Liverpool tak menonjol, terutama ketajamannya dalam mencetak gol. Ia hanya membuat 12 gol dalam 61 laga di semua ajang. Meski sempat mengangkat dua trofi, masa-masa Morientes di Liverpool pun tak banyak meninggalkan kesan.

4. Diego Tristan

Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Spanyol Ini Pernah Main di Liga Inggrispotret Diego Tristan berseragam West Ham United (skysports.com)

Diego Tristan adalah striker asal Spanyol yang terkenal kala membela Deportivo de La Coruna. Tristan berseragam Deportivo pada 2000—2006. Ia turut jadi bagian generasi Super Depor yang sanggup bersaing di papan atas LaLiga. Tristan bahkan sempat jadi top skor LaLiga pada 2001/2002.

Setelah meninggalkan Deportivo, Tristan sempat berpindah-pindah klub, termasuk ke West Ham United pada 2008/2009. Itu menjadi satu-satunya musim ia bermain di Premier League. Hasilnya tak terlalu berkesan karena Tristan hanya mencetak 3 gol dalam 14 laga. Setelah itu, ia sempat membela Cadiz selama semusim sebelum pensiun pada 2010.

5. Victor Valdes

Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Spanyol Ini Pernah Main di Liga Inggrispotret Victor Valdes berseragam Manchester United (premierleague.com)

Terakhir, ada Victor Valdes, kiper asal Spanyol yang namanya sangat identik dengan Barcelona. Wajar saja, Valdes adalah kiper utama Barca selama 12 tahun, tepatnya dari 2002—2014. Lebih dari 500 pertandingan ia mainkan bersama Blaugrana. Jumlah trofi yang ia menangi pun luar biasa, yaitu 21 trofi.

Karena kariernya yang panjang dan gemilang di Spanyol, banyak yang lupa bahwa Valdes sebenarnya menutup karier di Inggris. Ia sempat membela Manchester United selama 2 musim, lalu membela Midddlesbrough 1 musim. Valdes mencatat total 30 laga Premier League dengan 9 clean sheet, sebelum akhirnya pensiun pada akhir musim 2016/2017.

Lima pemain Spanyol di atas merupakan pemain top, tetapi mereka jarang diketahui pernah main di Inggris karena karier mereka di sana tak terlalu istimewa. Di antara lima pemain di atas, siapa yang masih kamu ingat pernah bermain di Premier League?

Baca Juga: 5 Pemain Top Eks Liverpool Ini Tidak Pernah Rasakan Gelar Liga Inggris

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya