Comscore Tracker

Ini Daftar 5 Pembelian Termahal Liverpool di Era Juergen Klopp

Kiper terbaru, Alisson, ada di urutan ke-2!

Pada bulan Agustus 2016, ketika Manchester United baru saja memecahkan rekor transfer termahal dunia sebesar 89 juta pounds untuk Paul Pogba, manager Liverpool Juergen Klopp mengatakan bahwa ia tidak akan meniru gaya transfer gila-gilaan yang populer kala itu.

"Pada hari dimana sepakbola berubah menjadi seperti ini, aku tidak akan menjadi manager lagi," komentarnya waktu itu. "Aku ingin melakukan dengan cara yang berbeda. Aku akan melakukan dengan cara yang berbeda bahkan jika aku punya uang untuk belanja pemain."

Kini, dua tahun kemudian, Klopp seolah menjilat ludahnya sendiri ketika ia lagi-lagi mengeluarkan uang super besar untuk membeli seorang pemain, yaitu kiper Alisson yang digaet dari AS Roma dengan harga 56,25 juta pounds.

Alisson menjadi pembelian ke-8 Klopp sejak komentarnya tentang Paul Pogba tersebut, dan kedelapan pembelian itu total menghabiskan uang sebesar 313,55 juta pounds, seperti dikutip dari transfermarkt.co.uk. Inilah 5 di antaranya yang berstatus pembelian termahal Liverpool di era Juergen Klopp.

1. Virgil Van Dijk

Ini Daftar 5 Pembelian Termahal Liverpool di Era Juergen Kloppliverpoolfc.com

Kedatangan Virgil Van Dijk ke Liverpool pada bursa transfer musim dingin lalu sempat membuat heboh jagat sepakbola. Bagaimana tidak, uang sebesar 75 juta pounds yang disetorkan Liverpool ke Southampton tidak hanya membuat Van Dijk menjadi pembelian termahal Liverpool sepanjang masa, tapi juga bek termahal dunia sepanjang masa.

Namun perjudian Liverpool nyatanya tidak sia-sia ketika Van Dijk perlahan mulai menunjukkan kualitasnya. Dikutip dari squawka.com, ia langsung merebut tempat utama di lini belakang The Reds. Tampil sebanyak 22 kali hanya dalam setengah musim, ia turut berjasa membawa Liverpool melangkah ke final Liga Champions musim lalu.

2. Alisson Becker

Ini Daftar 5 Pembelian Termahal Liverpool di Era Juergen Kloppgoal.com

Baru saja didatangkan dari AS Roma, Alisson langsung memecahkan rekor kiper termahal dunia yang sebelumnya disandang kiper Manchester City, Ederson. Penjaga gawang 25 tahun ini meneken kontrak 6 tahun alias hingga tahun 2024.

Jumlah 56,25 juta pounds yang dibayarkan Liverpool kepada AS Roma bahkan masih bisa bertambah bergantung hasil yang diraih Liverpool musim depan. Total dana yang harus dikeluarkan bisa mencapai 65 juta pounds. Menarik ditunggu apakah Alisson mampu membuktikan dirinya pantas dihargai semahal itu.

3. Naby Keita

Ini Daftar 5 Pembelian Termahal Liverpool di Era Juergen Klopp90min.com

Pemain termahal ketiga yang didatangkan Liverpool di era Klopp adalah Naby Keita, gelandang tengah asal Guniea yang musim lalu bermain di klub Bundesliga, Red Bull Leipzig. Liverpool dapat mulai memakai jasanya musim depan setelah menebusnya dengan mahar 52,5 juta pounds.

Penampilannya selama 2 musim di Leipzig memang membuat banyak klub sempat berminat meminangnya. Situs whoscored.com mencatat total 17 gol dan 12 assist dalam 71 penampilannya selama bermain di Jerman. Musim depan, Keita mungkin akan didapuk sebagai partner Jordan Henderson di lini tengah Liverpool.

4. Fabinho

Ini Daftar 5 Pembelian Termahal Liverpool di Era Juergen Kloppliverpoolfc.com

Fabinho yang juga baru didatangkan pada musim panas ini mengisi posisi keempat pemain termahal Liverpool di bawah era Klopp, sekaligus pemain termahal ke-5 sepanjang sejarah klub. Ia didatangkan dari AS Monaco dengan dana 40,5 juta pounds.

Fabinho memiliki kemampuan untuk bermain sebagai gelandang bertahan maupun bek kanan. Selama 4 musim di Monaco ia selalu menjadi pilihan utama, bermain lebih dari 180 kali dan mencetak total 28 gol. Di Liverpool, Fabinho bisa jadi akan dipasang sebagai penyeimbang lini tengah di belakang duet Keita-Henderson.

5. Mohamed Salah

Ini Daftar 5 Pembelian Termahal Liverpool di Era Juergen Kloppgivemesport.com

Pemain termahal ke-5 yang pernah didatangkan Juergen Klopp ke Anfield adalah Mohamed Salah, yang ditebus dari AS Roma awal musim lalu dengan harga 37,8 juta pounds. Melihat performanya di musim pertamanya bersama The Kop, bisa dibilang harga tersebut sangatlah murah.

Salah berperan besar dalam kesuksesan Liverpool lolos ke final Liga Champions musim lalu. Sementara di Premier League, total 32 gol yang ia ciptakan membuatnya menjadi pemain tersubur kedua di kompetisi Eropa, hanya kalah dari Lionel Messi yang merebut sepatu emas.

Patut dinantikan apakah Salah akan mampu melanjutkan kiprah gemilangnya musim depan dan membantu Liverpool mengangkat trofi juara.

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya