Comscore Tracker

5 Tim Runner Up Grup yang Harus Diwaspadai di 16 Besar Liga Champions

Mereka bisa menyingkirkan para juara grup

Fase grup Liga Champions 2021/22 telah selesai. Sebanyak 16 tim yang terdiri dari 8 juara grup dan 8 runner up sudah berhasil lolos ke fase selanjutnya. Berikutnya, para juara grup akan saling berjibaku tim-tim runner up di babak 16 besar untuk memperebutkan tiket ke perempat final.

Umumnya, tim-tim juara grup akan lebih diunggulkan untuk lolos ke babak selanjutnya. Namun ada beberapa tim runner up yang tak boleh diremehkan, bahkan bisa jadi akan menyingkirkan lawannya di babak 16 besar nanti. Inilah lima tim runner up yang harus diwaspadai lawan-lawannya di babak 16 besar Liga Champions.

1. Paris Saint-Germain

5 Tim Runner Up Grup yang Harus Diwaspadai di 16 Besar Liga Championspotret para pemain PSG (instagram.com/psg)

Pertama tentu ada Paris Saint-Germain, tim bertabur bintang yang lolos dari grup A dengan status runner-up. PSG memang kalah bersaing dari Manchester City, tapi mereka jelas tak boleh diremehkan. Les Parisiens punya segudang pemain top mulai dari belakang hingga depan yang bisa menyulitkan klub manapun.

Itu tentu termasuk Lionel Messi, sang peraih Ballon d'Or 2021 yang mencetak 5 gol di fase grup. Ditambah lagi, PSG pasti akan lebih ngotot di Liga Champions karena ini adalah satu-satunya trofi bergengsi yang belum pernah mereka menangi.

Di babak 16 besar, PSG akan berhadapan dengan Manchester United. Tentu, pertemuan mereka bakal menarik tak hanya karena keduanya adalah klub besar, tapi karena bakal tersaji persaingan dua pemain GOAT: Lionel Messi melawan Cristiano Ronaldo. Siapa yang akan keluar sebagai pemenang kali ini?

2. Chelsea

5 Tim Runner Up Grup yang Harus Diwaspadai di 16 Besar Liga Championspotret para pemain Chelsea (instagram.com/chelseafc)

Berikutnya ada Chelsea, sang juara bertahan Liga Champions. The Blues sudah membuktikan kualitasnya musim lalu dengan menjadi juara setelah menyingkirkan tim-tim kuat macam Atletico Madrid, Real Madrid, serta Manchester City di final. Di fase grup musim ini pun mereka sempat unjuk gigi dengan membantai Juventus 4-0.

Lini pertahanan Chelsea yang kokoh khususnya bisa jadi kunci permainan mereka. Meski belakangan ini mulai rapuh, Chelsea masih punya banyak waktu untuk memperbaiki lagi pertahanannya jelang babak 16 besar yang digelar Februari nanti.

Peluang menang Chelsea bahkan bisa dibilang semakin besar jika melihat calon lawan mereka di babak 16 besar nanti, yaitu LOSC Lille. Lille memang berstatus juara Ligue 1 musim lalu, tapi musim ini performa mereka sudah tak setangguh itu. Kemungkinan besar, The Blues bakal melewati adangan Lille dan melaju ke perempat final.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Sebaiknya Meninggalkan PSG di Musim Panas 2022

3. Inter Milan

5 Tim Runner Up Grup yang Harus Diwaspadai di 16 Besar Liga Championspotret para pemain Inter Milan (instagram.com/inter)

Ada pula Inter Milan yang berstatus juara Serie A musim lalu. Nerazzurri berhasil lolos dari grup D sebagai runner-up di bawah Real Madrid. Meski ditangani pelatih baru dan memiliki sejumlah nama baru di skuadnya, kekuatan Inter terbukti tak jauh berkurang, dan mereka bahkan kini kembali jadi pemuncak klasemen sementara Serie A.

Kehilangan Romelu Lukaku juga ternyata tak terlalu memukul Inter. Edin Dzeko sanggup menggantikan dirinya dan sudah mencetak 11 gol musim ini, termasuk 3 gol di Liga Champions. Tentu, Inter harus berjuang ekstra keras di babak 16 besar nanti karena harus menghadapi Ajax Amsterdam, tapi mereka tetap punya peluang mengejutkan.

4. Atletico Madrid

5 Tim Runner Up Grup yang Harus Diwaspadai di 16 Besar Liga Championspotret para pemain Atletico Madrid (instagram.com/atleticodemadrid)

Atletico Madrid juga bakal jadi lawan tangguh bagi juara grup manapun di babak 16 besar nanti. Pada fase grup, penampilan Atleti memang tak meyakinkan, dan mereka bahkan baru memasikan diri lolos di matchday terakhir. Namun skuad asuhan Diego Simeone tetap punya kekuatan yang tak boleh diremehkan siapapun.

Khususnya, calon lawan Atletico harus waspada pada lini depan mereka yang mematikan. Atletico punya Luis Suarez yang ketajamannya tak perlu diragukan lagi, serta Antoine Griezmann yang mencetak 4 gol di fase grup kemarin.

Di babak 16 besar, Atletico bakal bertemu dengan Bayern Munchen. Soal kualitas dan performa, Munchen tentu jauh lebih diunggulkan, tapi Atletico pun tak bisa diremehkan. Musim ini Atletico kerap bermain keras, dan bisa jadi gaya bermain seperti itu akan mengacaukan permainan Munchen sehingga bisa dikalahkan.

5. Sporting Lisbon

5 Tim Runner Up Grup yang Harus Diwaspadai di 16 Besar Liga Championspotret para pemain Sporting Lisbon (instagram.com/sportingclubedeportugal)

Satu lagi tim runner-up yang harus diwaspadai di babak 16 besar adalah Sporting Lisbon. Sang juara Liga Portugal musim lalu ini sudah menunjukkan pesonanya di fase grup dengan menyingkirkan Borussia Dortmund yang lebih diunggulkan. Sporting juga sukses mencetak 14 gol di fase grup, sehingga menjadi tim tersubur di antara para runner-up.

Di babak 16 besar, Sporting bakal berhadapan dengan Juventus. Meski berstatus juara grup, Juve sebenarnya tak tampil meyakinkan di fase grup. Di Serie A pun mereka masih tercecer di peringkat keenam hingga 17 pekan. Jika terus inkonsisten, Sporting bisa memanfaatkan celah dan menyingkirkan Juve untuk melaju ke perempat final.


Lima tim di atas memang hanya berstatus runner-up grup Liga Champions musim ini. Namun mereka tetap harus diwaspadai lawan-lawannya yang jadi juara grup di babak 16 besar nanti. Siapa dari antara mereka yang bisa melaju ke perempat final?

Baca Juga: 5 Pemain Borussia Dortmund Bernomor Punggung 9 sebelum Haaland 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya