6 Mantan Pemain Arsenal yang Kini Main di Serie A, Banyak Nama Top!

Lanjutkan karier di tim-tim papan atas Liga Italia

Arsenal adalah salah satu klub Inggris tersukses sepanjang sejarah. Meski sudah lama tak menjuarai liga, The Gunners masih dianggap sebagai bagian dari The Big Six Premier League. Mereka juga masih cukup sering dibela pemain-pemain top dalam sedekade terakhir, meski belakangan ini memang semakin jarang.

Beberapa mantan pemain top Arsenal saat ini memilih berkarier di Serie A Italia. Kebanyakan dari mereka memang sudah cukup berumur, sehingga lebih cocok bermain di liga yang temponya relatif lebih lambat. Namun tentu mereka masih punya kualitas yang tak bisa diremehkan. Inilah enam mantan pemain Arsenal yang kini main di Serie A.

1. Wojciech Szczesny (Juventus)

6 Mantan Pemain Arsenal yang Kini Main di Serie A, Banyak Nama Top!potret Wojciech Szczesny (instagram.com/wojciech.szczesny1)

Pertama ada Wojciech Szczesny, penjaga gawang asal Polandia yang merupakan produk asli akademi Arsenal. Szczesny bergabung dengan tim senior Arsenal mulai 2009, dan ia terus setia kepada The Gunners hingga 2017. Selama membela Arsenal, Szczesny tampil 181 kali di semua ajang dan mempersembahkan 3 trofi.

Sempat jadi kiper utama, Szczesny mulai kehilangan tempat di musim 2014/15 karena masalah indisipliner. Ia lalu dipinjamkan ke AS Roma selama dua musim berikutnya, dan akhirnya dijual ke Juventus pada 2017.

Szczesny awalnya diplot sebagai pelapis bagi Gianluigi Buffon di Juve, tapi belakangan dipercaya jadi kiper utama karena Buffon semakin mendekati masa pensiun. Hingga kini posisi Szczesny di bawah mistar Juve masih belum tergoyahkan. Ia sudah tampil 157 kali bagi Si Nyonya Tua dan turut meraih 7 trofi, termasuk 3 Scudetto.

2. Aaron Ramsey (Juventus)

6 Mantan Pemain Arsenal yang Kini Main di Serie A, Banyak Nama Top!potret Aaron Ramsey (instagram.com/aaronramsey)

Selain Szczesny, Juventus juga punya mantan pemain Arsenal lain yaitu Aaron Ramsey. Gelandang asal Wales ini cukup lama membela Arsenal, yaitu dari 2008 hingga 2019. Ramsey punya peran yang cukup vital di lini tengah Arsenal. Ia bahkan pernah dua kali dinobatkan jadi pemain terbaik Arsenal di musim 2013/14 dan 2017/18.

Namun Ramsey akhirnya meninggalkan Arsenal pada 2019 dengan bebas transfer karena kontraknya tak diperpanjang. Ia lalu bergabung dengan Juventus, dan sejauh ini sudah tampil 70 kali di semua ajang dan meraih 3 trofi. Sayangnya, musim ini Ramsey mulai jarang mendapat kesempatan bermain, sehingga baru tampil 5 kali di semua ajang.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Italia dengan Jumlah Gol Terbanyak di Liga Champions

3. Alexis Sanchez (Inter Milan)

6 Mantan Pemain Arsenal yang Kini Main di Serie A, Banyak Nama Top!potret Alexis Sanchez (instagram.com/alexis_officia1)

Pemain yang satu ini juga pernah begitu diandalkan oleh Arsenal. Seperti Ramsey, Alexis Sanchez juga pernah dua kali terpilih sebagai pemain terbaik Arsenal, yaitu di musim 2014/15 dan 2016/17. Selama membela Arsenal pada 2014 hingga 2018, Alexis tampil 166 kali, mencetak 80 gol dan 45 assist, serta sukses merengkuh 3 trofi.

Pada Januari 2018, Alexis bergabung dengan Manchester United, ditukar dengan Henrikh Mkhitaryan. Ternyata langkah itu malah membuat karier Alexis menurun, karena ia gagal bersinar dengan MU, bahkan hanya bisa mencetak 5 gol dalam 45 penampilan.

Alexis lalu dipinjamkan MU ke Inter Milan pada musim 2019/20, dan dipermanenkan di musim berikutnya. Sejauh ini ia cukup berhasil membangkitkan kariernya bersama Inter, meski belum secemerlang saat membela Arsenal. Musim lalu ia turut membawa Inter meraih Scudetto pertama mereka sejak 2010.

4. Henrikh Mkhitaryan (AS Roma)

6 Mantan Pemain Arsenal yang Kini Main di Serie A, Banyak Nama Top!potret Henrikh Mkhitaryan (instagram.com/micki_taryan)

Inilah pemain yang sempat ditukar dengan Alexis Sanchez pada 2018 sehingga harus pindah dari MU ke Arsenal. Henrikh Mkhitaryan kemudian membela Arsenal hingga 2020, tapi di musim terakhirnya ia dipinjamkan ke AS Roma. Selama 1,5 musim berseragam Arsenal, ia bermain 59 kali dengan catatan 9 gol dan 13 assist.

Setelah semusim bermain sebagai pinjaman, Mkhitaryan dipermanenkan Roma dan masih bertahan hingga kini. Sejauh ini ia tampil cukup solid bersama Roma, dengan catatan 26 gol dan 24 assist dalam 95 laga di semua ajang.

5. David Ospina (Napoli)

6 Mantan Pemain Arsenal yang Kini Main di Serie A, Banyak Nama Top!potret David Ospina (instagram.com/d_ospina1)

Sementara Napoli memiliki kiper asal Kolombia yang pernah membela Arsenal, yaitu David Ospina. Ospina bergabung dengan Arsenal pada 2014. Di musim pertamanya ia sempat dijadikan kiper utama menggeser posisi Wojciech Szczesny. Namun musim berikutnya ia tergeser ke posisi pelapis karena Arsenal mendatangkan Petr Cech dari Chelsea.

Ospina pun hanya sempat tampil 70 kali selama 4 musim membela Arsenal. Namun ia turut berjasa membawa The Gunners meraih 3 trofi. Setelah itu Ospina bergabung dengan Napoli, dan sejauh ini pun ia tak selalu jadi kiper utama. Namun Ospina sudah mencatat lebih banyak penampilan yaitu 87 kali di semua ajang.

6. Olivier Giroud (AC Milan)

6 Mantan Pemain Arsenal yang Kini Main di Serie A, Banyak Nama Top!potret Olivier Giroud (instagram.com/acmilan)

Satu lagi mantan pemain Arsenal yang kini bermain di Serie A adalah Olivier Giroud. Seperti lima pemain tadi, Giroud pun kini membela klub besar Italia yaitu AC Milan. Ia bergabung dengan Rossoneri sejak awal musim, dan sejauh ini sudah mencetak 4 gol dalam 14 laga.

Giroud sendiri membela Arsenal pada 2012 hingga 2018, sehingga Arsenal menjadi klub yang paling lama ia bela. Bersama Arsenal pula Giroud sanggup menunjukkan ketajamannya, dengan catatan 105 gol dalam 253 penampilan. Selain itu, total 6 trofi berhasil ia raih bersama The Gunners, yaitu 3 Piala FA dan 3 Community Shield.

Itulah enam mantan pemain Arsenal yang saat ini sudah hengkang dan bermain di Serie A. Fans The Gunners, adakah dari antara mereka yang menurutmu masih pantas membela Arsenal?

Baca Juga: 5 Pemain Dikaitkan dengan Chelsea untuk Transfer Januari 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya