Comscore Tracker

Selain Messi, 6 Striker Argentina yang Jadi Top Skor Liga Top Eropa

Argentina memang selalu punya banyak striker tajam

Lionel Messi tak diragukan lagi adalah pemain terbaik yang dimiliki Argentina di era sepak bola modern. Legenda Barcelona ini telah meraih hampir segala prestasi di dunia sepak bola, mulai dari level klub, timnas, maupun individu. Itu termasuk prestasinya dalam mencetak gol, dimana ia pernah 8 kali menjadi top skor LaLiga Spanyol.

Tentu, prestasi Lionel Messi bakal sulit disamai pemain lain. Namun, selain Messi sebenarnya ada beberapa striker Argentina lainnya yang juga pernah menjadi top skor di liga top Eropa pada era modern ini.

Siapa saja mereka? Ini dia 6 pemain yang berhasil melakukannya.

1. Gabriel Batistuta

Selain Messi, 6 Striker Argentina yang Jadi Top Skor Liga Top Eropapotret Gabriel Batistuta (vbetnews.com)

Pertama ada Gabriel Batistuta, striker top Argentina yang dijuluki Batigol karena kehebatannya dalam membobol gawang lawan. Batistuta terkenal sebagai legenda Fiorentina karena ia membela klub tersebut selama 9 musim, dari tahun 1991 hingga 2000. Meski mereka sempat terdegradasi di musim 1993/94, Batistuta tetap setia pada Fiorentina.

Fiorentina kemudian langsung promosi kembali ke Serie A 1994/95. Hebatnya, Batistuta berhasil mengakhiri musim tersebut promosi tersebut sebagai top skor dengan torehan 26 gol. Secara total, Batistuta telah mencetak 203 gol dalam 331 laga bersama Fiorentina di semua ajang. Sayangnya, ia baru berhasil menjuarai Serie A setelah pindah klub saat bergabung dengan AS Roma.

2. Hernan Crespo

Selain Messi, 6 Striker Argentina yang Jadi Top Skor Liga Top Eropapotret Hernan Crespo (thelaziali.com)

Berikutnya ada nama Hernan Crespo, striker yang sempat cukup lama bahu-membahu dengan Batistuta di lini depan timnas Argentina. Crespo mengawali karier di Eropa dengan membela klub Parma hingga ia dikenal sebagai legenda klub tersebut. Namun, gelar top skor pertama miliknya justru diraih saat bersama Lazio di musim 2000/01.

Padahal, itu adalah musim pertama Crespo membela Lazio setelah dibeli dari Parma. Sayangnya, ia gagal membawa Lazio mempertahankan trofi Serie A yang diraih pada musim sebelumnya. Selain Parma dan Lazio, Crespo juga pernah membela klub-klub besar lannya seperti Inter Milan, AC Milan, dan Chelsea.

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Sering Main Bareng Messi di Timnas Argentina

3. Mauro Icardi

Selain Messi, 6 Striker Argentina yang Jadi Top Skor Liga Top Eropapotret Mauro Icardi (golazoargentino.com)

Mauro Icardi pernah berhasil menjadi top skor Serie A sebanyak dua kali. Prestasi terjadi di musim 2014/15 dan 2017/18. Keduanya diraih Icardi kala membela Inter Milan. Icardi memang sukses tampil tajam bersama Inter. Selama 6 musim berseragam Nerazzurri, ia bermain sebanyak 219 kali di semua ajang dan mencatatkan torehan 124 gol.

Sayangnya, Icardi membela Inter pada periode dimana klubnya itu kesulitan bersaing dengan Juventus. Alhasil, ia tak mampu meraih satu trofi pun selama bersama Inter Milan. Icardi meraih trofi pertamanya setelah bergabung dengan Paris Saint-Germain. Sejauh ini ia sudah meraih 5 trofi bersama PSG.

4. Gonzalo Higuain

Selain Messi, 6 Striker Argentina yang Jadi Top Skor Liga Top Eropapotret Gonzalo Higuain (forzaitalianfootball.com)

Satu lagi pemain Argentina yang pernah meraih gelar Capocannoiere alias top skor Serie A adalah Gonzalo Higuain. Ia jadi pencetak gol terbanyak di musim 2015/16 berkat catatan 36 gol di liga. Jumlah itu jauh lebih banyak dibanding pesaing terdekatnya, Paulo Dybala yang hanya mencetak 19 gol di musim tersebut.

Selain bersama Napoli, Higuain juga sempat beberapa kali mencetak banyak gol bersama Juventus serta saat membela Real Madrid di LaLiga. Namun, ia hanya meraih satu gelar top skor saja sejauh ini. Saat ini, Higuain yang sudah berusia 33 tahun tengah membela klub Inter Miami di Liga MLS Amerika Serikat.

 5. Carlos Tevez

Selain Messi, 6 Striker Argentina yang Jadi Top Skor Liga Top Eropapotret Carlos Tevez (givemesport.com)

Beralih ke Premier League Inggris, ada nama Carlos Tevez yang pernah menjadi top skor di musim 2010/11. Saat itu, Tevez yang pernah membela Manchester United sudah menyeberang ke Manchester City. Ia berhasil mencetak 20 gol di musim tersebut hingga berhak meraih gelar top skorer bersama Dimitar Berbatov, striker Manchester United yang memiliki koleksi gol sama.

Meski begitu, Tevez gagal membawa City juara Premier League di musim tersebut. Di musim berikutnya, Tevez tampil lebih sedikit bersama City, tapi ia justru berhasil mengangkat trofi Premier League di akhir musim. Saat ini Tevez sedang berstatus tanpa klub sejak Juni 2021 setelah terakhir kali membela Boca Juniors. Belum ada kabar yang menyebutkan bahwa Carloz Tevez memutuskan untuk pensiun.

6. Sergio Aguero

Selain Messi, 6 Striker Argentina yang Jadi Top Skor Liga Top Eropapotret Sergio Aguero (manchestereveningnews.co.uk)

Pemain Argentina terakhir yang sanggup menjadi top skor di liga top Eropa adalah Sergio Aguero. Aguero menjadi pencetak gol terbanyak Premier League 2014/15 bersama Manchester City dengan torehan 26 gol. Sayangnya, kala itu City tak menjadi juara Premier League. Bahkan mereka gagal meraih satu pun trofi di musim tersebut.

Aguero sebenarnya sering mencetak lebih dari 20 gol dalam satu musim di Premier League. Tapi ia hanya sempat menjadi top skor sekali saja. Meski begitu, ia tercatat sebagai pencetak gol terbanyak kedua di sepanjang sejarah Premier League dengan torehan 184 gol. Setelah Aguero, belum ada lagi pemain Argentina selain Messi yang sukses jadi top skor di liga top Eropa.

Tak hanya Lionel Messi, 6 pemain Argentina di atas juga pernah menjadi top skor di liga top Eropa. Adakah pemain lain yang bisa menyamai pencapaian mereka di masa depan?

Baca Juga: 5 Debutan Termuda Timnas Argentina Dua Dekade Terakhir, Messi Termasuk

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya