Comscore Tracker

6 Pemain Bundesliga yang Menjadi Kapten Timnas, Ada Juara Dunia

Tiga di antaranya pemain Bayern Munchen

Bundesliga Jerman adalah 1 dari 5 liga top Eropa. Liga ini berisi para pemain top dari berbagai belahan dunia. Meski tak sebanyak Premier League, La Liga, atau Serie A, Bundesliga memiliki deretan pemain bintang.

Bahkan, beberapa pemain yang berlaga di Bundesliga merupakan kapten bagi tim nasional negaranya. Hal itu menunjukkan bahwa mereka memiliki kualitas serta jiwa kepemimpinan mumpuni. Inilah enam pemain Bundesliga Jerman yang menjabat sebagai kapten timnas.

1. Manuel Neuer (Jerman)

6 Pemain Bundesliga yang Menjadi Kapten Timnas, Ada Juara DuniaManuel Neuer (instagram.com/manuelneuer)

Pertama, tentu kapten dari Timnas Jerman sendiri, yaitu Manuel Neuer. Neuer sudah menjabat kapten Der Panzer sejak 2014, menyusul pensiunnya Philipp Lahm usai Piala Dunia. Neuer bukanlah kapten saat Jerman menjuarai Piala Dunia 2014, tetapi ia berperan besar dalam kesuksesan tersebut.

Sejak menjadi kapten, Neuer memimpin Jerman dalam Piala Eropa 2016, Piala Dunia 2018, dan Piala Eropa 2020. Sayangnya, mereka selalu gagal menjadi juara pada setiap turnamen tersebut. Kini, Neuer sudah meloloskan Jerman ke Piala Dunia 2022. Ia akan mencoba mengantarkan negaranya meraih trofi.

2. Robert Lewandowski (Polandia)

6 Pemain Bundesliga yang Menjadi Kapten Timnas, Ada Juara DuniaRobert Lewandowski (instagram.com/_rl9)

Berikutnya ada Robert Lewandowski, striker Bayern Munchen yang berstatus pemain tertajam kedua sepanjang sejarah Bundesliga. Lewandowski sudah mencetak 284 gol di Bundesliga sejauh ini. Kemungkinan besar bakal terus bertambah. Selain bersama klub, ia juga terus menunjukkan ketajamannya bersama Timnas Polandia.

Catatan gol Lewandowski bersama timnas sejauh ini adalah 72 gol. Jumlah itu pun masih akan terus bertambah. Karena kualitas serta jiwa kepemimpinannya, pemain berusia 33 tahun ini dipercaya mengapteni Timnas Polandia sejak 2014. Sayangnya, sejauh ini, ia belum bisa membawa negaranya meraih prestasi.

Baca Juga: 10 Negara Asia yang Pemainnya Pernah Main di Bundesliga Jerman

3. Eric Maxim Choupo-Moting (Kamerun)

6 Pemain Bundesliga yang Menjadi Kapten Timnas, Ada Juara DuniaEric Maxim Choupo-Moting (instagram.com/mr.choupo)

Masih ada lagi pemain Bayern Munchen yang dipercaya menjadi kapten timnas, yaitu Eric Maxim Choupo-Moting. Striker kelahiran Jerman ini merupakan kapten Kamerun. Ia mengemban jabatan itu belum terlalu lama, yaitu sejak 2018.

Jumlah laga yang dimainkan Choupo-Moting sebagai kapten Kamerun pun masih terbilang sedikit. Sejauh ini Choupo-Moting juga belum memberikan gelar bagi negaranya. Namun, ia berpeluang melakukannya pada ajang Piala Afrika yang bakal digelar Januari 2022 mendatang. Kamerun kebetulan bertindak sebagai tuan rumah.

4. Julian Baumgartlinger (Austria)

6 Pemain Bundesliga yang Menjadi Kapten Timnas, Ada Juara DuniaJulian Baumgartlinger (rte.ie)

Ada pula pemain Bayer Leverkusen yang menjadi kapten, yaitu Julian Baumgartlinger. Gelandang asal Austria ini diberi mandat sebagai kapten timnas sejak 2016, tepatnya setelah gelaran Piala Eropa. Christian Fuchs yang sebelumnya menjadi kapten menyatakan pensiun dari timnas ketika itu, sehingga Baumgartlinger ditunjuk sebagai penerus.

Baumgartlinger masih memegang jabatan kapten Austria hingga kini. Sayangnya, ia hanya sempat bermain satu menit di Piala Eropa 2020 karena cedera. Saat ini, Baumgartlinger masih absen karena sedang menjalani operasi lutut. Untuk sementara, David Alaba jadi pemain yang sering ditunjuk menjadi kapten Austria.

5. Adam Szalai (Hungaria)

6 Pemain Bundesliga yang Menjadi Kapten Timnas, Ada Juara DuniaAdam Szalai (sport360.com)

Adam Szalai adalah striker sekaligus kapten Timnas Hungaria yang bermain di Mainz 05. Sebagai penyerang, Szalai sebenarnya terbilang tumpul bersama klubnya. Sejak 2019, ia hanya membuat 5 gol dalam 53 partai di semua ajang. Namun, bersama timnas, Szalai adalah salah satu yang paling diandalkan.

Pemain berusia 33 tahun ini sudah mengoleksi 25 gol dalam 76 cap bersama Timnas Hungaria. Itu termasuk 2 gol dalam 7 laga di Piala Eropa 2016 dan 2020. Namun, Szalai belum pernah berhasil membawa negaranya tampil di Piala Dunia. Sepertinya akan sulit lolos ke edisi tahun depan.

6. Stefan Jovetic (Montenegro)

6 Pemain Bundesliga yang Menjadi Kapten Timnas, Ada Juara DuniaStefan Jovetic (as.com)

Satu lagi pemain Bundesliga yang saat ini menjadi kapten timnas, yaitu Stefan Jovetic. Pemain berposisi gelandang ataupun striker ini adalah kapten bagi negaranya, Montenegro. Sementara, di level klub, ia membela Hertha Berlin yang baru tampil lagi di Bundesliga musim ini setelah promosi dari divisi kedua.

Meski berasal dari negara yang kurang ternama, Jovetic adalah pemain hebat yang pernah membela klub besar seperti Inter Milan dan Manchester City. Bersama timnas pun ia sangat diandalkan, bahkan merupakan top skor sepanjang masa Montenegro dengan 31 gol. Sejauh ini, Jovetic belum bisa membawa Montenegro tampil di turnamen mayor.

Enam pemain Bundesliga di atas dipercaya menjadi kapten timnas negaranya masing-masing. Ada yang sudah berhasil membawa negaranya menjadi juara dunia. Itu membuktikan bahwa Bundesliga memiliki kualitas yang tak bisa diremehkan.

Baca Juga: 5 Kiper Top asal Jerman Saat Ini, dari Bernd Leno hingga Manuel Neuer

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya