Comscore Tracker

Selain Ronaldo, 6 Pemain Portugal Terakhir di Nominasi Ballon d'Or

Bukti kekuatan timnas Portugal saat ini

Portugal adalah salah satu negara Eropa penghasil banyak pemain top sejak dahulu. Cristiano Ronaldo bisa dibilang adalah produk terbaik mereka pada era modern. Hal itu terbukti dari banyaknya pencapaian kolektif maupun individual yang pernah ia raih. Itu termasuk lima trofi Ballon d'Or, rekor terbanyak kedua di dunia setelah Lionel Messi.

Meski begitu, Ronaldo bukan satu-satunya pemain Portugal yang dianggap pantas masuk deretan pemain terbaik dunia. Jika mengacu pada ajang Ballon d'Or, ada beberapa pemain Portugal lain yang juga pernah masuk nominasi karena kehebatannya. Inilah lima nama pemain Portugal terakhir selain Ronaldo yang masuk nominasi Ballon d'Or.

1. Pepe

Selain Ronaldo, 6 Pemain Portugal Terakhir di Nominasi Ballon d'Orpotret Pepe (instagram.com/official_pepe)

Pada 2016, timnas Portugal berhasil keluar sebagai juara Piala Eropa, sehingga ada tiga pemain mereka yang masuk nominasi Ballon d'Or. Selain tentunya Cristiano Ronaldo yang jadi juara, ada pula Pepe, bek tengah Portugal yang saat itu masih membela Real Madrid.

Tampil enam kali sepanjang Piala Eropa 2016, Pepe berperan besar dalam kesuksesan negaranya. Selain itu, Pepe juga sukses di level klub. Bersama Ronaldo, ia membawa Real Madrid juara Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub. Pada pemilihan Ballon d'Or, Pepe duduk di posisi sembilan, sejajar dengan Gianluigi Buffon.

2. Rui Patricio

Selain Ronaldo, 6 Pemain Portugal Terakhir di Nominasi Ballon d'Orpotret Rui Patricio (instagram.com/rpatricio1)

Rui Patricio juga berhasil masuk nominasi Ballon d'Or 2016 berkat keberhasilan Portugal. Ia sukses mencatat 4 clean sheet sepanjang turnamen, termasuk di final menghadapi Prancis. Ia juga dinyatakan jadi kiper terbaik Piala Eropa 2016.

Meski tak meraih trofi di level klub bersama Sporting Lisbon, Rui Patricio tetap dianggap layak masuk nominasi Ballon d'Or. Hasilnya, kiper kelahiran 1988 ini duduk di peringkat 12 klasemen akhir Ballon d'Or tahun tersebut. Itu adalah pencapaian terbaik bagi seorang kiper asal Portugal pada ajang Ballon d'Or.

3. Bernardo Silva

Selain Ronaldo, 6 Pemain Portugal Terakhir di Nominasi Ballon d'Orpotret Bernardo Silva (instagram.com/bernardocarvalhosilva)

Tiga tahun berselang alias 2019, lagi-lagi ada dua pemain Portugal selain Ronaldo yang masuk nominasi Ballon d'Or. Salah satunya adalah Bernardo Silva, yang sukses bersama Manchester City saat itu. Silva berhasil membawa Manchester City memenangi treble domestik berupa Premier League, Piala FA, dan Piala Liga.

Selain itu, Silva juga berandil besar dalam kesuksesan timnas Portugal menjuarai Nations League 2018/2019 alias musim perdana. Pada klasemen akhir Ballon d'Or, Silva duduk di posisi sembilan. Itu adalah peringkat terbaik kedua yang pernah diraih pemain Manchester City pada ajang Ballon d'Or.

Baca Juga: Kalah Saing, 5 Pemain Bayern Munchen yang Tak Pernah Raih Ballon d'Or

4. Joao Felix

Selain Ronaldo, 6 Pemain Portugal Terakhir di Nominasi Ballon d'Orpotret Joao Felix (instagram.com/joaofelix79)

Joao Felix juga berhasil masuk nominasi Ballon d'Or 2019. Padahal pemain berposisi striker ini saat itu baru berusia 20 tahun. Namun, ia layak masuk nominasi karena sukses membawa Benfica menjuarai Liga Portugal 2018/2019 serta turut memenangi Nations League bersama negaranya.

Sayangnya, Felix akhirnya gagal meraih satu pun suara saat pemilihan, sehingga duduk di posisi buncit bersama dua pemain lain. Performa Felix sendiri tengah menurun dalam beberapa tahun terakhir, terutama ketajamannya. Kapan wonderkid Atletico Madrid ini bisa kembali ke permainan terbaiknya?

5. Bruno Fernandes

Selain Ronaldo, 6 Pemain Portugal Terakhir di Nominasi Ballon d'Orpotret Bruno Fernandes (instagram.com/brunofernandes.10)

Dalam edisi Ballon d'Or terbaru, yaitu 2021 ini, kembali ada dua pemain Portugal selain Ronaldo yang masuk nominasi. Pertama ada Bruno Fernandes, gelandang Manchester United yang tampil bagus sepanjang musim lalu. Ia jadi top skor MU musim lalu dengan 28 gol dan 17 assist dalam 58 laga di semua ajang.

Kontribusi Bruno juga membuat MU bisa jadi runner-up Premier League serta Europa League, meski tetap tak dapat trofi. Dalam pemilihan Ballon d'Or tahun ini, Bruno mendapat enam suara, sehingga duduk di peringkat ke-21 bersama Lautaro Martinez. Bisakah Bruno mempertahankan performa sehingga masuk nominasi lagi tahun depan?

6. Ruben Dias

Selain Ronaldo, 6 Pemain Portugal Terakhir di Nominasi Ballon d'Orpotret Ruben Dias (instagram.com/rubendias)

Satu lagi nama pemain Portugal teranyar yang masuk nominasi Ballon d'Or. Ia adalah Ruben Dias. Bek Manchester City ini memang sangat pantas mendapatkannya karena sukses membawa tim memenangi Premier League dan Piala Liga. Bahkan, Dias dinyatakan jadi pemain terbaik Premier League pada akhir musim lalu.

Sayangnya, capaian itu tetap tak membuat Ruben Dias mendapat banyak suara pada pemilihan Ballon d'Or. Hanya satu suara yang ia dapat, sehingga duduk di peringkat 26, sejajar dengan Gerard Moreno dan Nicolo Barella. Meski begitu, itu tetaplah prestasi yang membanggakan bagi pemuda 24 tahun ini.

Itulah enam pemain Portugal terakhir yang masuk nominasi Ballon d'Or selain Cristiano Ronaldo. Mereka saat ini masih bermain untuk tim nasional, yang menandakan bahwa timnas Portugal saat ini punya kualitas mumpuni. Bisakah mereka membawa Portugal lolos dari babak playoff ke Piala Dunia 2022?

Baca Juga: 5 Negara dengan Penghargaan Ballon d'Or Terbanyak, Negara Mana Saja? 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya