Comscore Tracker

6 Pemain Sassuolo yang Masuk Skuad Negaranya di Piala Eropa 2020

#IDNTimesSport Mereka dipanggil berkat penampilan hebatnya

Sassuolo adalah salah satu klub yang paling mengejutkan di Serie A Italia dalam beberapa musim terakhir. Pada musim 2013-14 mereka promosi ke Serie A untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, dan hingga kini mereka masih terus bertahan di kasta tertinggi. Bahkan tak sekadar bertahan, Sassuolo juga beberapa kali berhasil finis di 10 besar klasemen.

Itu termasuk musim 2020-21 lalu, di mana mereka finis di posisi ke-8 dengan 62 poin. Penampilan hebat para penggawa Sassuolo tentu jadi salah satu kunci keberhasilan mereka. Alhasil, 6 pemain Sassuolo pun dipercaya memperkuat negaranya di Piala Eropa 2020. Siapa saja mereka?

1. Manuel Locatelli (Italia)

6 Pemain Sassuolo yang Masuk Skuad Negaranya di Piala Eropa 2020Manuel Locatelli (planetfootball.com)

Salah satu negara yang membawa beberapa pemain Sassuolo di Piala Eropa 2020 tentu saja adalah Italia sendiri. Nama pertama adalah Manuel Locatelli. Pemain berposisi gelandang bertahan ini dibawa pelatih Roberto Mancini karena penampilan apiknya musim lalu.

Ia tampil 34 kali di Serie A dan menyumbangkan 4 gol serta 3 assist. Pada bulan September 2020, Locatelli dipercaya menjalani debut bersama timnas Italia. Sejak itu ia sudah mengumpulkan 11 caps untuk timnas dan mencetak 1 gol.

Locatelli juga bermain selama 74 menit di laga perdana Italia di grup A kala mereka menaklukkan Turki 3-0. Kemungkinan besar, ia masih akan jadi andalan di laga-laga tim Azzurri selanjutnya.

2. Domenico Berardi (Italia)

6 Pemain Sassuolo yang Masuk Skuad Negaranya di Piala Eropa 2020Domenico Berardi (worldfootballindex.com)

Italia juga membawa Domenico Berardi, pemain sayap kanan Sassuolo. Musim lalu Berardi memegang peran vital bagi Sassuolo dengan bermain 30 kali di Serie A dan mencetak 17 gol serta 8 assist. Berardi juga adalah kapten Sassuolo, maka pencapaian mereka musim lalu juga sangat dipengaruhi andilnya.

Bersama timnas Italia, Berardi sendiri menjalani debut pada 2018, dan sejauh ini ia sudah mengoleksi 12 caps dengan 5 gol. Di laga Piala Eropa 2020 melawan Turki, Berardi tampil 85 menit dan mencetak satu assist. Seperti Locatelli, Berardi kemungkinan besar juga masih akan diandalkan Italia di laga berikutnya.

3. Giacomo Raspadori (Italia)

6 Pemain Sassuolo yang Masuk Skuad Negaranya di Piala Eropa 2020Giacomo Raspadori (goal.com)

Satu lagi pemain Sassuolo yang masuk ke skuad Italia di Piala Eropa 2020 adalah Giacomo Raspadori, striker yang musim lalu bermain 28 kali dan mencetak 6 gol. Raspadori masih berusia 21 tahun. Bahkan, ia baru saja menjalani debut bersama timnas pada 4 Juni 2021 lalu, di mana ia bermain 12 menit dalam laga friendly melawan Republik Ceko.

Maka jelas, kepercayaan Roberto Mancini untuk membawanya ke turnamen sekelas Piala Eropa menunjukkan bahwa Raspadori memiliki potensi besar bagi timnas Italia. Meski mungkin tak mendapat kesempatan bermain di turnamen kali ini, Raspadori pasti mendapat pengalaman berharga dari pemanggilannya ke Piala Eropa.

Baca Juga: 5 Pemain Ternama Manchester United yang Tak Ikut Piala Eropa 2020

4. Kaan Ayhan (Turki) 

6 Pemain Sassuolo yang Masuk Skuad Negaranya di Piala Eropa 2020Kaan Ahyan (leaderlive.co.uk)

Pada laga pembuka Piala Eropa 2020 antara Italia melawan Turki, sebenarnya sempat ada 3 pemain Sassuolo yang saling berhadapan di lapangan. Selain Locatelli dan Berardi, ada pula Kaan Ayhan, bek tengah Sassuolo yang sempat diturunkan membela Turki selama 25 menit terakhir.

Sayangnya, Ayhan tak mampu menyelamatkan negaranya dari kekalahan. Ayhan sendiri hanya bermain 20 kali di semua ajang sepanjang musim lalu, salah satunya karena ia sempat terkena COVID-19.

Sementara bagi timnas Turki, Ayhan sudah mengoleksi 38 caps sejauh ini, dan ia juga sempat dipercaya jadi kapten tim. Kini, Ayhan harus berjuang membantu Turki meraih hasil positif di dua laga sisa supaya tak tersingkir di fase grup.

5. Mert Muldur (Turki)

6 Pemain Sassuolo yang Masuk Skuad Negaranya di Piala Eropa 2020Mert Muldur (haberler.com)

Ada satu lagi pemain Turki di Piala Eropa 2020 yang bermain di Sassuolo, yaitu Mert Muldur. Ia pemain berposisi bek kanan yang musim lalu cukup diandalkan Sassuolo, di mana Muldur dipercaya tampil 29 kali. Selain bek kanan, pemain berusia 22 tahun ini juga bisa berposisi sebagai gelandang kanan.

Muldur sendiri sejauh ini baru 8 kali tampil bagi timnas Turki sejak debutnya pada 2018. Di laga melawan Italia, Muldur hanya menjadi pemain cadangan. Namun melihat buruknya performa Turki di pertandingan tersebut, bukan mustahil Muldur akan dipercaya mengisi satu tempat di laga-laga berikutnya.

6. Lukas Haraslin (Slovakia) 

6 Pemain Sassuolo yang Masuk Skuad Negaranya di Piala Eropa 2020Lukas Haraslin (newsbeezer.com)

Satu lagi pemain Sassuolo yang berhasil masuk skuad timnas negaranya pada Piala Eropa 2020 adalah Lukas Haraslin, winger asal Slovakia. Haraslin sendiri sebenarnya bukan pemain inti bagi Sassuolo musim lalu. Ia hanya bermain 15 kali di semua ajang dan menyumbang 1 assist.

Namun bersama timnas Slovakia, Haraslin cukup diandalkan. Sejak debut pada 2019, ia sudah mencatat 15 caps, termasuk laga perdana Slovakia di Piala Eropa 2020. Haraslin bermain 87 menit di laga melawan Polandia dan membantu negaranya menang 2-1. Sepertinya ia akan terus jadi andalan Slovakia di Piala Eropa kali ini.

 

Itulah 6 pemain Sassuolo yang masuk skuad timnas negaranya di Piala Eropa 2020. Meski Sassuolo bukan klub besar, tapi mereka memang layak tampil di Piala Eropa karena sudah membuktikan bisa tampil hebat sepanjang musim lalu.

Baca Juga: 8 Pemain Asal Klub Luar Eropa yang Ikut Meramaikan Piala Eropa 2020

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya