Comscore Tracker

6 Pemain yang Sukses di Real Madrid dan Juventus, Ronaldo Terhebat

Mulai dari posisi bek hingga penyerang

Real Madrid dan Juventus adalah dua klub tersukses di negaranya masing-masing serta merupakan yang cukup disegani di kompetisi Eropa. Kualitas kedua tim tak perlu dipertanyakan lagi karena sejak dulu mereka senantiasa dibela oleh deretan pemain-pemain terbaik dunia.

Bahkan, ada cukup banyak nama pemain top yang pernah membela Real Madrid dan Juventus selama karier mereka. Di antara sederet pemain tersebut, ada beberapa nama yang meraih sukses besar saat membela kedua klub tersebut.

Inilah 6 pemain yang meraih kesuksesan kala membela Real Madrid dan Juventus.

1. Cristiano Ronaldo

6 Pemain yang Sukses di Real Madrid dan Juventus, Ronaldo Terhebatpotret Cristiano Ronaldo saat membela Juventus (juvefc.com)

Nama teratas dalam daftar ini sudah pasti adalah Cristiano Ronaldo. Ronaldo meraih sukses luar biasa selama membela Real Madrid. Bahkan, bisa dibilang masa-masa membela Madrid adalah periode keemasan dalam kariernya. Selama sembilan musim membela Madrid sejak 2009 hingga 2018, Ronaldo sukses menorehkan 450 gol dalam 438 laga di semua ajang.

Rekor fantastis itu membuat Ronaldo sukses jadi pencetak gol terbanyak Madrid sepanjang masa. Gol-gol Ronaldo juga berperan vital dalam sukses Madrid meraih 15 trofi, termasuk 2 trofi LaLiga dan 4 trofi Liga Champions. Ronaldo juga sukses meraih 4 Ballon d'Or semasa membela Los Blancos.

Setelah itu, Ronaldo pindah ke Juventus pada 2018. Bersama Si Nyonya Tua ia sukses mengantarkan Juve meraih 5 trofi. Catatan golnya bersama Juve juga tetap luar biasa, yaitu 101 gol dalam 134 laga. Jelas, Ronaldo adalah pemain tersukses yang pernah membela Real Madrid dan Juventus.

2. Zinedine Zidane

6 Pemain yang Sukses di Real Madrid dan Juventus, Ronaldo Terhebatpotret Zinedine Zidane saat membela Real Madrid (realmadrid.com)

Jauh sebelum era Ronaldo, ada Zinedine Zidane yang lebih dulu sukses membela Juventus dan Real Madrid. Zidane lebih dulu membela Juve, tepatnya di tahun 1996 hingga 2001. Ia mencatatkan 212 penampilan bersama Juve di semua ajang dan meraih 6 trofi. Sosok Zidane juga turut dua kali mengantarkan Juve ke laga final Liga Champions meski akhirnya tak jadi juara.

Setelah itu, Zidane kemudian menghabiskan lima musim berikutnya dalam karier untuk membela Real Madrid, yang sekaligus menjadi klub terakhirnya. Ia mencatatkan 227 penampilan bersama Madrid dengan sumbangan 49 gol dan 67 assist. Bersama Madrid, akhirnya Zidane berhasil mengangkat trofi Liga Champions, plus lima trofi lain termasuk satu trofi LaLiga.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Bisa Jadi Suksesor Toni Kroos di Real Madrid

3. Fabio Cannavaro

6 Pemain yang Sukses di Real Madrid dan Juventus, Ronaldo Terhebatpotret Fabio Cannavaro saat membela Juventus (juvefc.com)

Pemain berposisi bek pun ada yang pernah sukses bersama Juventus dan Real Madrid. Ia adalah sang peraih Ballon d'Or 2006, Fabio Cannavaro. Bek asal Italia ini membela Juve sejak 2004 hingga 2006, serta setahun lagi di musim 2009/10.

Bersama Juve, Cannavaro sempat meraih 2 Scudetto beruntun di musim 2004/05 dan 2005/06, sekaligus dinyatakan sebagai bek terbaik Serie A di kedua musim tersebut. Sayangnya, kedua gelar Scudetto itu akhirnya dicabut karena skandal Calciopoli. Juve kemudian dihukum degradasi ke Serie B, sehingga Cannavaro memutuskan hengkang ke Real Madrid.

Bersama Madrid, Cannavaro lagi-lagi berhasil meraih dua gelar liga domestik beruntun, yaitu di musim 2006/07 dan 2007/08. Meski tak meraih trofi di musim terakhirnya, Cannavaro tetap terhitung sukses bersama Madrid.

4. Gonzalo Higuain

6 Pemain yang Sukses di Real Madrid dan Juventus, Ronaldo Terhebatpotret Gonzalo Higuain saat membela Real Madrid (uefa.com)

Berikutnya ada Gonzalo Higuain, striker asal Argentina yang berhasil tampil tajam bersama Madrid dan Juve. Higuain berseragam Madrid selama 6 musim, mulai tahun 2007 hingga 2013. Ia mencatatkan 121 gol serta 56 assist dalam 264 laga di semua ajang bersama Real Madrid sekaligus mempersembahkan 6 trofi.

Sementara bersama Juventus, Higuain bermain sejak 2016 hingga 2020, meski sempat menghabiskan 1,5 musim dipinjamkan ke klub lain. Ketajaman Higuain di Juve tetap terjaga dengan statistik 66 gol dalam 149 partai. Sebanyak 5 trofi berhasil diraih Higuain bersama Juve. Ia pun sempat mencapai partai puncak final Liga Champions meski gagal juara.

5. Sami Khedira

6 Pemain yang Sukses di Real Madrid dan Juventus, Ronaldo Terhebatpotret Sami Khedira saat membela Juventus (twitter.com/championsleague)

Sementara Sami Khedira baru saja selesai membela Juventus di awal tahun ini. Gelandang asal Jerman ini berseragam Juve sejak 2015 serta mencatatkan 145 laga di semua ajang. Sebanyak 9 trofi berhasil diraihnya, termasuk 5 Scudetto secara beruntun sejak 2015/16 hingga 2019/20.

Sebelum di Juve, Khedira juga lebih dulu merasakan kesuksesan besar di Real Madrid. Sejak 2010 hingga 2015, ia jadi bagian penting skuad Madrid yang memenangi 7 trofi, termasuk 4 trofi di tahun 2014. Hebatnya, Khedira sukses melengkapi pencapaian di tahun 2014 tersebut saat membawa timnas Jerman menjuarai Piala Dunia.

6. Alvaro Morata

6 Pemain yang Sukses di Real Madrid dan Juventus, Ronaldo Terhebatpotret Alvaro Morata saat membela Real Madrid (twitter.com/squawkanews)

Pemain yang satu ini masih bermain di Juventus saat ini meski hanya berstatus sebagai pinjaman dari Atletico Madrid sejak musim lalu. Namun, sebelum itu pun Morata sudah pernah membela Si Nyonya Tua, tepatnya pada tahun 2014 hingga 2016. Sejauh ini, Morata sudah bermain 153 kali bagi Juve dengan catatan 51 gol serta turut mempersembahkan 7 trofi.

Seperti Khedira, Morata lebih dulu meraih kesuksesan bersama Real Madrid. Ia adalah lulusan akademi Madrid dan sempat membela Madrid dalam dua periode berbeda, yaitu pada 2010 hingga 2014 dan di musim 2016/17. Sebanyak 31 gol ia ciptakan bagi Madrid dalam 95 penampilan. Selama berseragam putih-putih, Morata sukses meraih 8 trofi.

Enam pemain di atas tak sekadar pernah membela Juventus dan Real Madrid, tapi juga berhasil meraih kesuksesan bersama keduanya. Siapa di antara mereka yang merupakan pemain favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain yang Berpotensi Gabung Juventus Musim Depan, Rombak Skuad!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya